WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Musisi yang Disegani

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Musisi yang Disegani
Melky Goeslaw | TokohIndonesia.com | rpr

Melky Goeslaw aktif di panggung tarik suara sejak tahun 1970-an baik sebagai penyanyi maupun penggubah lagu. Beberapa lagunya yang terkenal adalah Pergi untuk Kembali, Hiroshima dan Nagasaki, Tuhan Semesta Alam dan Siapa Suruh Datang Jakarta. Bakat bermusiknya juga diturunkan pada putrinya, Melly Goeslaw, yang dikenal sebagai pencetak lagu-lagu hits.

 

Penyanyi dan Pencipta Lagu
Lihat Curriculum Vitae (CV) Melky Goeslaw

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Melky Goeslaw

QR Code Halaman Biografi Melky Goeslaw
Bio Lain
Click to view full article
Johannes Soerjoko
Click to view full article
Sofyan Djalil
Click to view full article
Deddy Corbuzier
Click to view full article
Abdul Kadir Temenggung
Click to view full article
MS Kaban
Click to view full article
Ajip Rosidi
Click to view full article
Maria Farida Indrati
BERITA TERBARU

Lahir di Morotai, Halmahera, Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
Utara pada 7 Mei 1947, pria bernama lengkap Melky Jannes Goeslaw ini pernah tampil bernyanyi di depan Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
Soekarno yang sedang berkunjung ke Ternate pada tahun 1956. Saat itu, Melky masih duduk di bangku kelas empat Sekolah Rakyat (SR).

Demi mengejar impiannya menjadi Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
profesional, Melky kemudian merantau ke Jakarta pada 1959. Di ibukota, ia rajin mengasah kemampuannya dengan mengikuti berbagai ajang di bidang olah vokal. Namanya mulai dikenal di blantika musik Indonesia setelah menjuarai Festival Lagu Pop Nasional (FLPN) tahun 1975. Dalam ajang tersebut, ia menyanyikan lagu Pergi Untuk Kembali ciptaan Minggus Tahitu.

Dua tahun setelah itu, ia kembali tampil di ajang yang sama bersama Diana Nasution dan meraih juara II. Saat itu Melky kembali menyanyikan karya Minggus yakni Bila Cengkeh Berbunga dan Malam Yang Dingin berduet dengan Diana. Lagu tersebut sempat dimuat dalam sebuah album yang kerap menjadi incaran para penikmat karya musisi dalam negeri.

Sejak saat itu, sosoknya menjelma menjadi Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
yang disegani. Lagu-lagu yang dibawakannya banyak mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Beberapa lagunya yang terkenal adalah Pergi untuk Kembali dan Tuhan Semesta Alam.

Selain menyanyi, Melky juga dikenal sebagai pengarang lagu. Dua karya Melky yang populer di tahun 70-an antara lain Hiroshima dan Nagasaki dan Selamat Jalan Bang Ali. Sedangkan di era 80-an, lagu ciptaannya yang diminati adalah Dansa Reggae yang dipopulerkan Nola Tilaar. Siapa Suruh Datang Jakarta juga menjadi karyanya yang masih kerap diperdengarkan hingga saat ini. Lagu yang ditulis Melky dengan campuran bahasa Gubernur Sulawesi
Gubernur Sulawesi
Minahasa
itu mengisahkan seorang yang merantau ke ibukota namun hidupnya luntang-lantung karena tak berhasil dan akhirnya menyesal. Pria berkulit gelap itu juga menggubah lagu berbahasa Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
, Gepe-Gepe dan Sio Mama.

Pada tahun 1987, ia sempat terjun ke dunia olahraga dengan menjadi manajer mantan petinju juara dunia IBF, Ellyas Pical yang kala itu tengah berada di puncak masa jayanya.

Di pertengahan dekade 90-an tepatnya pada 1995, Melky Goeslaw memperoleh apresiasi atas dedikasinya sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
kali ini berupa Penghargaan Kawakami untuk kategori penyanyi pop di Jepang.

Selain menyanyi, Melky juga dikenal sebagai pengarang lagu. Dua karya Melky yang populer di tahun 70-an antara lain Hiroshima dan Nagasaki dan Selamat Jalan Bang Ali. Sedangkan di era 80-an, lagu ciptaannya yang diminati adalah Dansa Reggae yang dipopulerkan Nola Tilaar. Siapa Suruh Datang Jakarta juga menjadi karyanya yang masih kerap diperdengarkan hingga saat ini.

Belakangan setelah jadwal manggungnya sudah mulai berkurang, ayah dari Tommy, Abraham, Melly dan Yuliet ini mencoba peruntungannya dengan menjadi Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
di bidang perkayuan.

Setelah lama tak tampil, namanya sempat mencuat kembali di hadapan publik tapi bukan karena karyanya melainkan nasib malang dialaminya di tahun 2000. Kakek empat cucu ini menjadi salah satu korban peristiwa bom di malam Natal, 24 Desember 2000 yang terjadi di depan SMK Kanisius, di Jalan Menteng Raya, Jakarta.

Akibat ledakan yang merusakkan tujuh mobil itu, Melky menderita luka bakar di tangan, muka, dan kakinya sehingga harus dirawat di kamar 202 RS Mitra Abadi yang terletak di dekat tempat kejadian. "Beruntung Tuhan masih melindungi saya sekali pun mengalami luka bakar. Akibat kecelakaan itu, saya terluka bakar di muka, tangan, serta memar-memar di kaki," kata Melky yang ditunggui anaknya, penyanyi top Melly Goeslaw.

Pada saat kejadian sekitar pukul 21.15 WIB itu, katanya, ia bersama istrinya, Linda, sedang menuju satu gereja untuk melaksanakan kebaktian Natal di Jalan Akasia, di bilangan Menteng, melewati Jalan Menteng Raya. Beberapa saat setelah berada di depan sekolah katolik yang bersebelahan dengan kantor PB Pendiri Muhammadiyah 1912
Pendiri Muhammadiyah 1912
Muhammadiyah
itu, ledakan demi ledakan terjadi dimana sebagian badan jalan itu dipakai untuk parkir mobil jemaat gereja Kanisius.

"Pada ledakan pertama, saya melihat di depan mobil saya ada motor yang terpental dan saat itu di sekeliling mobil dikelilingi api. Saat itu saya dan istri panik, berusaha menyelamatkan diri," katanya seperti dikutip dari situs gatra.com.

Penyanyi yang meluncurkan album terakhir bertema olahraga itu menyatakan kerelaannya atas kerugian yang dideritanya. Saat dimintai komentarnya, Melly menangis dan menyesali kejadian yang menimpa orang tuanya itu. Saat itu, peledakan terjadi di sekitar lima gereja di Jakarta yang menyebabkan tiga orang tewas dan 31 luka-luka.

Setelah enam tahun sebelumnya ia berhasil lolos dari maut, Rabu 20 Desember 2006, ia tak dapat lagi berkelit dari suratan takdir Tuhan. Melky Goeslaw menghembuskan nafas terakhirnya di Jakarta dalam usia 69 tahun sekitar pukul 16.00. Sebelum meninggal, ia diketahui menderita penyakit komplikasi kanker paru-paru stadium empat, diabetes, dan jantung. Melky yang sudah menderita sakit dalam beberapa tahun terakhir, tiba-tiba tidak sadarkan diri sejak pukul 14.30 WIB.

Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta, namun karena kondisinya sudah kritis, ia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina. Setibanya di Instalasi Gawat Darurat rumah sakit itu, ternyata nyawanya tak dapat diselamatkan lagi, kemungkinan ia meninggal dalam perjalanan.

Jenazahnya disemayamkan di rumah duka di Jalan Masjid, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Setelah itu dikebumikan di pemakaman Tanah Kusir pada Jumat 22 Desember 2006 di samping makam salah seorang anaknya, Tansa Goeslaw, yang telah berpulang lebih dahulu.

Empat tahun setelah kepergiannya, tepatnya 17 Oktober 2010, mendiang Melky Goeslaw dianugerahi penghargaan dari DPP Partai Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Golkar
sebagai tokoh musik yang dianggap telah berjasa terhadap bangsa dan negara. Acara penghargaan dalam rangka ulang tahun Partai Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Golkar
yang ke-44 itu diadakan di JCC Senayan Jakarta. eti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 14 Apr 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Terpilih Jadi Walikota Jayapura Komposer Musik Beragam Bentuk

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Biografi Hukum Romli Atmasasmita

Buku Pilihan

thumb

Buku ini dirancang khusus sebagai panduan perjalanan praktis bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Singapura.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: