Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Sang 'Pendekar' Garuda Indonesia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Sang 'Pendekar' Garuda Indonesia
Indra Setiawan | TI

Setelah 25 tahun merintis karir di Garuda Indonesia, Indra Setiawan, satu dari "Sembilan Pendekar", akhirnya terpilih memimpin maskapai penerbangan nasional terbesar di Indonesia itu, meskipun pada mulanya ia bukan yang paling dijagokan di antara para calon yang ada. Ini perpaduan prestasi dan garis tangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, 2002
Lihat Curriculum Vitae (CV) Indra Setiawan

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Indra Setiawan

QR Code Halaman Biografi Indra Setiawan
Bio Lain
Click to view full article
Zulkifli Nurdin
Click to view full article
Budi Harsono
Click to view full article
Komeng
Click to view full article
Joedarso Djojosoebroto
Click to view full article
Usman Jafar
Click to view full article
Akbar Tandjung
Click to view full article
Mahendra Siregar

Indra yang sebelumnya menjabat Penasihat Keuangan di maskapai penerbangan itu, memang salah satu dari sekian orang manajer terbaik. Tapi selain soal prestasi, soal garis tangan ternyata juga sangat menentukan perjalanan karir seseorang.

Namun bila ditelusuri perjalanan karir Indra di Garuda, pengangkatannya jadi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Utama Garuda Indonesia, bukan suatu kejutan dan sekedar karena garis tangan. Sebab sejak lama, ia bahkan sudah diperkirakan suatu saat akan memimpin Garuda.

Pria kelahiran Jakarta 11 November 1951, itu merintis karirnya di Garuda sejak tahun 1977, bertepatan hari "Valentine". Ia boleh dikatakan sebagai salah seorang "anak emas" Dirut Garuda pada waktu itu, Wiweko Soepomo. Bersama delapan orang rekannya, kelompoknya itu dikenal sebagai "Sembilan Pendekar".

Bapak dua orang putra ini, Gillairda Mhosarindo Riawan dan Giaminac Duratia Riawan, pada Senin 6 Mei 2002, dilantik menjadi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Utama Garuda. Ia mematahkan spekulasi banyak orang saat dirinya yang tidak menjadi calon kuat Dirut Garuda, ternyata mampu menduduki posisi itu.

Kendati beberapa rekannya sudah memperkirakan suatu saat Indra akan memimpin Garuda, sebenarnya dalam benak Indra saat diterima Wiweko Soepono 25 tahun silam, tidak pernah terlintas ia bakal menjadi orang nomor satu Garuda Indonesia. Ketika itu, putra keempat dari tujuh bersaudara pasangan Banyumas (Jateng)-Pandeglang (Banten), Suratman Ngadiman-Eulis Rafia, yang baru menyandang sarjana teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, hanya bisa terkagum-kagum kepada Wiweko, sosok yang sukar dijangkau dan "angker" tetapi mau menerima dirinya bersama dua rekan lainnya.

Namun, dua puluh lima tahun kemudian, Senin, 6 Mei 2002, sewaktu mengenang detik-detik diterima Wiweko Soepono, Indra menemukan kenyataan bahwa apa yang tak pernah diimpikannya justru menjadi kenyataan - ternyata ia mampu menduduki posisi yang pernah ditempati Wiweko, sang idola.

Pada era Wiweko Soepono memegang kendali Garuda Indonesian Airways (1968-1984), Indra dikenal sebagai "anak emas" bersama delapan rekan lainnya: Wiradharma B Oka (Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Strategis dan Umum), Sunarko Kuntjoro (di lingkungan keuangan), Hadinoto (Direktur Eksekutif GMF), Rudy Sabur (Sales Manager Jeddah), Rudy Setyopurnomo (kini Dirut Indonesian Airlines), Erwin NB (staf teknik GMF), dan Abdurachman. Di sinilah muncul julukan "Sembilan Pendekar" Garuda itu.

Awalnya nama Indra Setiawan baru mencuat ke permukaan dua bulan sebelum pengangkatannya, saat disebut-sebut di SCTV, tetapi kemudian tenggelam di antara para kandidat Samudra Sukardi (Direktur Utama Abacus), serta anggota direksi Garuda, yaitu Emirsyah Satar (Direktur Keuangan), Rudy Hardono (Direktur Operasi), Bachrul Hakim (Direktur Niaga), Wiradharma B Oka (Direktur Strategis dan Umum), dan Richard (Direktur Teknik). Sehari sebelum dilantik, namanya kembali mendadak terdengar di TV7 sebagai underdog, orang yang dilupakan, tetapi mungkin akan terpilih menggantikan Abdulgani.

Dan, selesai sudah teka-teki "alot" selama hampir tiga bulan tentang siapa yang bakal duduk di kursi direktur utama flag carrier Indonesia dengan kekuatan 63 armada pesawat. Indra beruntung diwarisi duo Robby Djohan-Abdulgani dengan keadaan Garuda yang sudah ditata baik sehingga tahun 1999 mulai mendapatkan positif operating casflow sebesar 73,6 juta dollar AS dan meningkat lagi tahun 2000 menjadi 129 juta dollar AS. Dia tinggal meneruskan program yang telah disusun dalam buku biru Abdulgani, Strategi dan Pelaksanaan Restrukturisasi Perusahaan.

Indra sendiri berjanji melanjutkan program pendahulunya, Abdulgani. Termasuk di dalamnya langkah restrukturisasi utang Garuda yang dinilai telah berhasil. Selain itu, dia juga berjanji akan melakukan aliansi. Untuk tahap awal, Garuda akan beraliansi dengan perusahaan penerbangan domestik.

Dalam jangka pendek, Indra juga berjanji meningkatkan pelayanan kepada konsumen karena hal itu merupakan people based service industry -- industri yang melandaskan kekuatannya pada karyawan). Dalam konteks ini pihaknya akan menawarkan bagaimana menerapkan etika Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
yang baik, meningkatkan keahlian dengan memodifikasi karyawan.

Mengenai peningkatan pelayanan, Indra masih akan melihat dengan jeli jalur-jalur penerbangan yang menguntungkan. Kemudian, memerhatikan ketepatan waktu penerbangan. Dia juga akan meningkatkan pelayanan sebelum terbang dan dalam perjalanan atau pesawat. e-ti

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 20 Mei 2002  -  Pembaharuan terakhir 22 Mar 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Facebook

TIKomen

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: