WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Arsitek yang 'Pendeta'

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Arsitek yang 'Pendeta'
Herlianto | TokohIndonesia.com | dok.pribadi

Herlianto, lahir di Surabaya (1941), adalah seorang arsitek dan konsultan yang menjadi 'pendeta'. Ia mendirikan dan sampai sekarang menjadi Ketua Yayasan Bina Awam (YABINA ministry,www.yabina.org, 1982) sebuah yayasan keagamaan dan sosial.

Arsitek dan Pendeta
Lihat Curriculum Vitae (CV) Herlianto

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Herlianto

QR Code Halaman Biografi Herlianto
Bio Lain
Click to view full article
Susno Duadji
Click to view full article
Asis H Djadjadiningrat
Click to view full article
Soekarno M Noer
Click to view full article
Chusnul Mariyah
Click to view full article
Busyro Muqoddas
Click to view full article
EWP Tambunan
Click to view full article
Mohammad Hatta

Herlianto menikah dengan Esther dan mempunyai 3 anak Victor, Erwin, dan Imelda, adalah seorang pelayan awam dan konsultan yang memperdalam masalah pembangunan perkotaan dan kemasyarakatan, dan yang mempelajari teologi dengan spesialisasi sejarah agama, dan gereja dan masyarakat.

Saat ini Ia menjadikan pelayanan firman Allah sebagai yang utama dalam hidup dengan menjadi ketua penuh waktu YABINA ministry (Yayasan Bina Awam) yang melayani penerbitan buku rohani, Makalah Sahabat Awam, Seri Buku Saku Yabina, CD eBook, dan pelayanan melalui internet (situs www.yabina.org, dan milis mimbar-maya@yabina.org).

Selain meraih gelar S1 (Ir - arsitek) dari Institut Teknologi Bandung (ITB, 1968), Herlianto juga mengikuti Diploma Course on Housing, Planning & Building (Bouwcentrum, Rotterdam, The Netherlands, 1979). Ia juga seorang teolog yang meraih gelar Bachelor of Theology (B.Th.) dari Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang (1976) dan Master of Theology (M.Th.) dari Princeton Theological Seminary, USA, 1982.

Mantan peneliti Puslitbang Pemukiman Departemen PU (1979-1986) dan konsultan dalam berbagai proyek pembangunan perkotaan, perbaikan kampung dan perumahan rakyat (1984-2004), dan mendapat piagam pertama penulis bidang ke-PU-an di harian Kompas pada Ultah ke-40 Dep.PU (1984). Bukunya 'Urbanisasi dan Pembangunan Kota' (Alumni 1986), dipilih Depdikbud sebagai buku pedoman bidang Lingkungan Hidup untuk guru SMTA (1987).

Pernah diangkat, antara lain sebagai planning staff & city field officer proyek 'Integrated Approach for the Improvement of Marginal Settlements' (UNEP, 1978-1981); Koordinator Kursus Perbaikan Kampung Nasional (Dep.PU & IHS-Netherlands, 1979-1981); Konsultan Koordinator Proyek Perbaikan Kampung Nasional di 7 kota besar (IBRD & Dep.PU, 1984-1988); konsultan Tim Koordinasi Pembangunan Perkotaan (IBRD + Bappenas, 1988-1990). Ia salah seorang Anggota Tim Penulis Laporan Nasional Pemerintah RI untuk Konperensi PBB Mengenai Kota & Permukiman (City Summit, Habitat-II, Istanbul, 1996). Juga ditunjuk sebagai penulis Laporan Perumahan di Indonesia (program UNCHS-Nairobi untuk 4 negara, 1993).

Sejak tahun 1982 sampai sekarang menjadi Ketua Yayasan Bina Awam (YABINA ministry, www.yabina.org) sebuah yayasan keagamaan dan sosial dengan misi untuk membangun masyarakat awam yang peka akan masalah teologis dan kemasyarakatan dan ikut serta dalam pembangunan masyarakat perkotaan.

Dalam bidang pendidikan pernah menjadi Dosen Perumahan di ITS dan Dekan di UK Petra (Surabaya, 1976-1979), Anggota Rektorium bidang Litbang di UK Maranatha (Bandung, 1983-1986), dan dosen tamu di Sekolah Tinggi Teologia Bandung (1993-2008) yang mengajar perbandingan agama, dan Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
sosiologi
& teologi perkotaan.

Telah menulis 37 buku antara lain: Humanisme dan Gerakan Zaman Baru (Kalam Hidup, 1991 edisi revisi 2006); Teologi Sukses (BPK-GM, 1996, edisi revisi 2006); Siapakah Yang Bernama Allah Itu? (BPK-GM, 2002); Menggugat Yesus (Kalam Hidup, 2008); Gerakan Nama Suci (BPK-GM, 2009); dan menulis buku Pembangunan Perkotaan a.l. Perumahan Rakyat (ITS Press, 1976); Housing Needs & Policy Approaches (Duke Univ. Press, 1985); Urbanisasi dan Pembangunan Kota' (Alumni 1986), dan 'Urbanisasi, Pembangunan, dan Kerusuhan Kota (1997). Ia juga menulis 13 Project Final Report dalam bahasa Inggeris a.l. untuk World Bank, UNDP, UNCHS-Indonesia, UNCHS-Nairobi, UNV, ILO, ADB, dan Mustard Seed Foundation-USA.

Helianto sering menghadiri pertemuan perumahan, perkotaan, dan kemasyarakatan, a.l. Asian University Chaplain Workshop (Hongkong, 1975); Conference on Guidance & Counseling (Manila, 1976); Workshop on British New Towns (London, 1979); Urban City Tour (Paris, 1979, 1990); UNESCO Asian Housing Seminar (New Delhi, 1980); UNESCO Urban Housing Training (Manila, 1981); Study Tour to City Planning Commission (New York City, 1982);

Seminar on Global Mission (Atlantic City, 1982); Seminar on Rural Settlements (Bangkok, 1984); Study Tour on Housing & Urban Development of 7 cities (Japan, 1984); World Planning & Housing Congress (Adelaide, 1986); Urban Ministry Workshop (Los Angeles, 1990); International Urban Ministry Congress (Chicago, 1990); International Congress of the Association of Major Metropolises (Melbourne, 1990);

Asian Urban Workshop (Singapore, 1992); UNDP - Urban Poverty Partnership Workshop (The Hague, 1993); International Urban Workshop (Edinburg, 1993); Earoph World Planning Congress (Beijing, 1994); International Ministry (Orlando & Los Angeles, USA, 1997); Pacific Rim Urban Think Tank (Singapore, 1997); EAROPH World Planning Congress (Denpasar, 1998); Urban Turmoil in Indonesia (Berlin, 1999); Urban Problems in Indonesia (Tokyo, 2001); Postmodernism (Singapore, 2003); dan memimpin seminar Agama di Kuala Lumpur (2006).

Memasuki umur pensiun pindah dari kota Bandung dan menetap di Cibubur – Depok (2005), dan sampai umur 70 tahun (2011) masih aktif terutama dalam penulisan buku, CD eBook, dan pelayanan internet, disamping sekali-kali secara terbatas masih melayani undangan ceramah di beberapa tempat. e-ti | crs

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 19 Feb 2009  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Gubernur Aceh 2007 2012 Penulis Ayat Ayat Cinta

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Lewat buku ini, pembaca bisa lebih mengerti perihal silsilah yang berada di dalam kitab Kejadian.

Catatan Tuhor.com: Peluncuran buku ini dihadiri oleh beberapa petinggi Kristen terkemuka dan pimpinan gereja-gereja yang ikut merekomendasikan buku ini. Penulisnya, Pdt. Abraham Park mengaku sudah membaca Alkitab sebanyak 1800 kali.

 

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: