WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Keberuntungan adalah Anugerah Tuhan

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Keberuntungan adalah Anugerah Tuhan
e-ti

Ia adalah salah seorang CEO terbaik dan bertangan dingin yang terbukti mampu menangani pelbagai persoalan yang membelit perusahaannya. Ia berhasil menyelamatkan PT Indofood Sukses Makmur (ISM), dari goncangan krisis. Namun, Senin 15/12/03 ia menyampaikan surat pengunduran diri untuk memberikan kesempatan kepada Dewan Komisaris merekrut penggantinya yang akandilaksanakan dalam RUPS Mei 2004.

Mantan CEO PT Usaha Kita Makmur Indonesia (UKM)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Eva Riyanti Hutapea

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Eva Riyanti Hutapea

QR Code Halaman Biografi Eva Riyanti Hutapea
Bio Lain
Click to view full article
Eros Djarot
Click to view full article
Yenny Wahid
Click to view full article
MS Kaban
Click to view full article
Tan Joe Hok
Click to view full article
Roedjito
Click to view full article
Ferdinand Lumban Tobing
Click to view full article
Hotman Paris Hutapea

CEO (Chief Executive Officer) PT Indofood Sukses Makmur (ISM), ini menyebut tiga prasyarat utama untuk mencapai keberhasilan. Yakni, adanya kesempatan, kemampuan dan keberuntungan. Jika kesempatan dan kemampuan sudah dicapai, tinggal menunggu faktor keberuntungan. Sementara, keberuntungan itu adalah anugerah Tuhan, yang harus disampaikan dalam doa.

Ia berhasil menyelamatkan ISM dari goncangan krisis. Pada akhir 1997 lalu, perusahaan publik itu tekor sampai Rp1,2 triliun. Kerugian ini adalah akibat krisis moneter yang meluluh-lantakkan ekonomi negeri ini. Krisis itu mengakibatkan daya beli masyarakat turun drastis serta beban perusahaan yang melonjak tinggi. Penjualan Indomie, produk andalan ISM, menurun drastis dari sekitar 8,5 bungkus pada akhir 1997 menjadi 7,8 miliar bungkus pada 1998. Apalagi saat itu, utang ISM dalam dolar AS yang diperlukan untuk investasi --bukan untuk working capital—juga tidak diasuransikan.

Eva tidak kecut menghadapi badai itu. Apalagi kondisi politik saat itu mengalir deras menerpa perusahaan milik Grup Salim yang sangat rentan dengan isu KKN dan monopoli itu. Saat itu pula Eva dipercaya menakhodai ISM. Kemampuan yang dimilikinya, telah mendorong para pemegang saham membuka kesempatan bagi Eva. Kesempatan itu sebuah tantangan yang harus dijawab untuk membuktikan kemampuannya.

Pada kesempatan ini, kepiawaian Eva, Ibu beranak tiga, ini makin teruji. Ia segera melakukan pelbagai langkah, mulai dari efisiensi, penyesuaian harga jual produk, hingga mencari terobosan pasar baru di manca negara. Ia pun sering turun langsung ke pusat-pusat penyaluran makanan seperti Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
koperasi
dan pesantren untuk mendistribusikan produk-produk mie, makanan bayi, dan susu dalam program Indofood Peduli, terutama ketika sebagian besar masyarakat Indonesia dilanda krisis pangan.

Hasilnya, ISM berhasil membukukan keuntungan Rp 150 miliar pada akhir tahun 1998. Bahkan pada tahun berikutnya (1999), keuntungan bersih yang diraih semakin melonjak 500% lebih, yakni mencapai Rp1,3 triliun. Sangat fantastis.

Bukan itu saja. Eva, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1973 ini, pun perlahan-lahan dapat mengatasi utang luar negeri ISM. Diperkirakan pada Juni 2000 nanti, utang ISM tinggal US$313 juta. Bahtera ISM pun tetap berlayar gagah melampaui badai. Sementara pada saat badai itu mengguncang samudera ekonomi Indonesia, banyak perusahaan yang terhempas dan tenggelam.

Maka, tidaklah heran apabila Eva, belum lama ini, mendapat penghargaan sebagai salah satu CEO Terbaik di Indonesia oleh lembaga riset Asia Market Intelligence (AMI) yang bekerja sama dengan majalah Swa.

Keberhasilan itu, ujar Eva yang hingga kini masih tercatat sebagai dosen aktif di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi - Universitas Indonesia, itu bukan hanya prestasinya sendiri. Melainkan prestasi seluruh sumber daya manusia yang ada di Indofood. Namun, sesungguhnya kepiawian Eva sebagai CEO-lah yang paling menentukan. Ia telah memanfaatkan kesempatan yang diberikan para pemegang saham dengan membuktikan kemampunnya mengatasi persoalan rumit perusahaannya.

Tetapi, Eva yang memulai karir sebagai seorang internal auditor, tidak menonjolkan kemampuannya memanfaatkan kesempatan itu sebagai kunci utama keberhasilnnya. Justru ia lebih memandang faktor keberuntungan sebagai hal yang harus dikedepankan. Determinasi keberuntungan, menurut pemegang jabatan Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Jenderal International Ramen Manufacturers Association (IRMA), produsen mie instan dunia yang berpusat di Jepang, ini tidaklah sekadar nasib yang kebetulan. Keberuntungan, menurut Eva, adalah anugerah Tuhan, yang harus selalu disampaikan dan bawakan di dalam doa. e-ti

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 17 Dec 2003  -  Pembaharuan terakhir 28 Feb 2012
Pencipta Reaktor Biogas Konduktor Pendiri Twilite Orchestra

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Cara santai memahami SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Buku ini memberikan panduan praktis pajak dan mudah. paling mudah. dapat dipahami awam (bahkan pelajar dan mahasiswa). dan bentuknya KOMIK.

Note: Berhubung stok lama, bagian pinggir buku menguning.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: