WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Ahli Ekologi Laut

Ahli Ekologi Laut
Dedi Soedharma | Tokohindonesia.com

Dedi Soedharma, Prof. Dr.DEA, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB, kelahiran Sukabumi, 18 Februari 1946. Pemilik NIP 130367093 yang ahli biologi laut dan ekologi laut, ini juga menjabat Kepala Pusat Peneltian Lingkungan Hidup (PPLH) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ahli Ekologi Laut
Lihat Curriculum Vitae (CV) Dedi Soedharma

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Dedi Soedharma

Lulusan S1 IPB, S2 dan S2 USTL Prancis, ini mengajar mata kuliah Terapan Teknologi Pemanfaatan Mikro Algae & Zooplankton, Ekologi Laut Tropis, Teknologi Pemanfaatan Mikro Algae, Running Water Sistem, Biologi Laut dan Widya Selam.

Berbicara tentang komposting dan pengelolaan sampah, Dedi Soedharma mengatakan pengelolaan berbasis komunal masyarakat dianggap salah satu alternatif. Menurutnya, komposting berbasis masyarakat mampu menumbuhkan kesadaran dari tingkat hulu atau sampah rumah tangga. Sebab, sampah inilah yang sulit untuk dikendalikan karena kebiasaan yang tidak sehat.

Dedi mengatakan, dengan komposting yang dilakukan secara baik dan terorganisir mampu menciptakan wilayah yang ramah lingkungan. Karena komposting harus dilakukan dengan menggerakkan masyarakat.

"Komposting adalah upaya menekan jumlah sampah secara terpadu dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Mekanismenya, masyarakat mengumpulkan dan memilah sampah organik dan non-organik yang diolah melalui komposting," jelasnya.

Menurutnya, komposting bisa berjalan baik bila dilakukan secara profesional dan bisa menghasilkan uang. "Harus ada lahan sebagai gudang sampah, personel yang melakukan proses komposting, fasilitasnya ada, terorganisir secara lembaga dan dukungan serta bantuan pemerintah," ujarnya.

Sampah yang diolah melalui komposting, otomatis menjadi kompos. Kompos inilah yang bisa dijual untuk digunakan para petani karena kompos bisa menyuburkan tanah. Mangatur L Paniroy

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 17 Feb 2009  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI (Purn) Sutiyoso berhasil membujuk dan menjinakkan Nurdin Ismail alias Din Minimi dan kelompok bersenjatanya turun gunung. Sutiyoso berani mengambil risiko terjun langsung masuk hutan untuk menjemput Din Minimi di belantara markas basis persembunyiannya tanpa pengawalan memadai.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: