WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Pangkostrad ke-27

Pangkostrad ke-27
e-ti | tempo

Dia Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-27. Mantan Pangdam IV Diponegoro dan Pangdam Jaya, ini pensiun sejak 28 September 2004 dengan pangkat dan jabatan militer terakhir Letnan Jenderal TNI AD dan Pangkostrad. Dia digantikan Letjen TNI Hadi Waluyo.

Gubernur Jawa Tengah (2008-2013)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Bibit Waluyo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Bibit Waluyo

Upacara sertijab digelar di lapangan terbuka Markas Kostrad, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, pukul 16.00 Rabu 3 November 2004. Upacara yang diwarnai hujan deras itu dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu yang sempat dirangkap jabatan Pangkostrad sejak Bibit Waluyo pensiun.

Sepanjang 1961 hingga 2004, jabatan Pangkostrad, antara lain, pernah disandang oleh Mayjen TNI Soeharto (1 Maret 1961-2 Desember 1965). Umar Wirahadikusumah, Kemal Idris, Makmun Murod, Himawan Soetanto, Wiyogo Atmodarminto, Rudini, Soeripto, Wiranto, Prabowo Subianto, Johny Lumintang, Djamari Chaniago, Djadja Suparman, Agus Wirahadikusumah, Ryamizard Ryacudu, Bibit Waluyo dan Hadi Waluyo.

Pensiun
Meski belum ada pejabat yang akan menggantikan, Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Bibit Waluyo menyerahkan tongkat jabatannya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Ryamizard Ryacudu, Selasa, 28 September 2004. Untuk sementara, jabatan itu diserahkan ke KSAD, sedangkan pelaksana tugas harian Pangksotrad dijalankan Kepala Staf Kostrad.

Ryamizard menolak anggapan bahwa serah terima jabatan (sertijab) Pangkostrad itu sebagai hal yang bernuansa politisyang berhubungan dengan pergantian presiden.

Menurut Ryamizard tidak langsung ditunjuknya pejabat baru untuk mengisi kekosongan posisi Pangkostrad atau tidak diperpanjangnya jabatan Letnan Jenderal Bibit Waluyo hanya masalah teknis. Bibit sudah pensiun sehingga tidak boleh diperpanjang.

Bibit Waluyo juga menyatakan hal senada. Dia membantah kosongnya jabatan Pangkostrad terkait dengan adanya rivalitas internal di tubuh TNI. Ia menyatakan, proses penyerahan tugas dan tanggung jawab Pangkostrad yang dilakukan dirinya pada KSAD Jenderal Ryamizard Ryacudu sah dan benar. tsl

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 04 Nov 2004  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini membahas 56 efek plug-in populer yang paling sering dipakai. Mudah diikuti sehingga Anda akan membuat ratusan efek memukau dalam waktu singkat.

Bonus: CD

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: