WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Mantan Pemimpin Umum Antara

Mantan Pemimpin Umum Antara
Bakir Hasan | TokohIndonesia.com | antara

Bakir Hasan (72), mantan Pemimpin Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara tahun 1985, tutup usia, Minggu, 28 September 2009 sekitar pukul 19.15 WIB di kediamannya di Perumahan Dosen Universitas Indonesia, Daksinapati Timur No 13, Jakarta Timur. Ekonom kelahiran Pekalongan, 27 Juli 1936, itu  meningal akibat serangan jantung.

Pemimpin Umum LKBN Antara pada 1985
Lihat Curriculum Vitae (CV) Bakir Hasan

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Bakir Hasan

Sebelum meninggal, ia mengalami gejala sesak nafas dan batuk-batuk. Menurut anak sulungnya, Nur Aida Hidayati, Bakir Hasan memang telah lama mengidap penyakit jantung, yaitu sejak tahun 1991. Bahkan telah menjalani operasi `bypass` dan telah dipasang ring (untuk katup jantung) hingga tiga kali.

Bakir sebelumnya menjalani operasi untuk pemasangan ring di RS Medistra Rabu (25/9) dan pulang pada Jumat (27/9/2008). Sebelumnya juga pernah melakukan operasi "bypass" di Australia dan menjalani "medical check-up" di Singapura.

Dimakamkan pada Senin 29/9/2008i setelah shalat dzuhur di TPU Utan Kayu (TPU Kemiri), Pasar Sore, Rawamangun. Putra penguasa batik dari pekalongan, Jawa Tengah, ini meninggalkan isteri Winarsih dan tiga orang anak, yaitu Nur Aida Hidayati (40), Nur Adi Hidayat (34), dan Rahmadi Hidayat (24).

Peraih gelar MBA di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat (1972) itu sebelum menjadi Pemimpin Umum Antara, Bakir menjabat Sekretaris Jenderal Departemen Perdagangan selama delapan tahun pada tahun 1990-an. Saat itu ia telah menjalani operasi bypass di Australia.

Bakir Hasan juga pernah menjabat sebagai staf Ketua Bappenas, staf ahli Panitia Angket DPR, staf ahli Menteri Sekretaris Negara, dan komisaris utama PT Boma Bisma Indra. Juga menjadi dosen dan pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sejumlah pejabat seperti Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta dan Gubernur Kepulauan Riau Ismeth Abdullah, datang melayat jenazah Bakir Hasan.

Ia seorang yang hidup bersahaja. Salah satu contoh kebersahajaannya adalah kerap menyantap makanan dari tukang penjual makanan di pinggir jalan meski dirinya telah menjadi seorang pejabat yang berkedudukan tinggi. Ia mengagumi kesederhanaan hidup Wakil Presiden RI pertama, Muhammad Hatta. Kekaguman itu mendorong Bakir Hasan untuk terjun dan menekuni dunia perekonomian, khususnya di bidang pemasaran. TI/TSL

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 29 Sep 2008  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Jual Buku Biografi Hukum Romli Atmasasmita

Buku Pilihan

thumb

Buku ini mengupas rahasia sukses medical representaive dengan bahasa lapangan praktis yang dipakai sehari-hari, tanpa teori yang berbelit belit, berupaya mengetengahkan hal hal penting yang harus diketahui oleh para praktisi pemasaran dan pengenalan di bidang produk farmasi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: