WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Mengabdi Sampai Akhir

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Mengabdi Sampai Akhir
e-ti | mi

Mengabdi selama lebih satu tahun sebagai Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Bersatu (KIB), dengan segala kemampuannya, Andung A. Nitimiharja, menyerahkan jabatannya kepada politisi Partai pada perombakan terbatas anggota kabinet yang diumumkan Presiden SBY di Gedung Agung Yogyakarta, Senin (5/12/2005) pukul 21.00.

Menteri Perindustrian (2004-2005)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Andung A. Nitimiharja

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Andung A. Nitimiharja

QR Code Halaman Biografi Andung A. Nitimiharja
Bio Lain
Click to view full article
George Djuhari
Click to view full article
I Gusti Ketut Pudja
Click to view full article
Sofyan Djalil
Click to view full article
Sarlito W Sarwono
Click to view full article
Rieke Diah Pitaloka
Click to view full article
Luhut Panjaitan
Click to view full article
Dudung B Supardi

Dalam reshuffle kabinet itu, tiga nama baru masuk kabinet, tiga Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
diberhentikan, dan tiga Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
dirotasi. Kemudian, dia diangkat menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko, Honduras, dan Kosta Rika. Saat bertugas sebagai Dubes, Andung meninggal dunia akibat serangan jantung, Kamis 22 Oktober 2009. Juru bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah, membenarkan kabar itu.

Nama Andung Nitimihardja dalam kancah perekonomian nasional bukanlah orang baru. Dia adalah komisaris utama di tiga BUMN, di antaranya PLN, sebelum dia dipercaya menjadi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
perindustrian Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Kabinet Indonesia Bersatu
. Obsesinya, saat menjabat Menteri Perindustrian adalah menjadikan Indonesia surga bagi investasi.

Mengejutkan adalah kata yang banyak diungkapkan banyak kalangan seiring dengan munculnya nama Andung A. Nitimihardja sebagai menteri perindustrian RI. Bagaimana tidak, hingga sore menjelang pengumuman kabinet pada 21 Oktober, nama Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
keuangan Medco Energy, Sugiharto masih menguat sebagai kandidat menteri perindustrian. Tetapi, tengah malam pada saat pengumuman, nama komisaris utama PLN tersebut tiba-tiba diplot sebagai menteri perindustrian.

Andung sendiri mengaku terkejut terpilih duduk di jajaran Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Kabinet Indonesia Bersatu
. Tetapi sebagai abdi negara, dia siap untuk menjalankan amanah dan mengaku departemen perindustrian adalah sektor yang tidak asing baginya. "Saya bukan orang baru di departemen perindustrian, karena waktu di BKPM, saya selalu berhubungan dengan investor, Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
dan departemen perindustrian," kata mantan Deputi Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Bidang Pengembangan Usaha Nasional tersebut.

Doktor bidang Studi Pembangunan University Pittsburg, AS, tersebut berkeinginan menjadikan Indonesia sebagai surga bagi investasi asing. Caranya, dengan jalan melakukan perbaikan terhadap sejumlah peraturan yang menghambat investasi dan industri. Selain itu, menjaga investasi yang sudah ada supaya tidak hengkang ke luar negeri.

"Persaingan merebut investasi sangat ketat karena investasi tidak mengenal nasionalisme. Investasi mengalir seperti air, mana yang lebih rendah, ke situlah air mengalir. Jika negara itu bisa menghasilkan profit yang lebih baik dengan risiko yang terukur," jelas pria kelahiran Bandung, 4 April 1950, itu.

Andung menekankan, dengan keadaan ekonomi mikro yang membaik dan keamanan serta kepastian hukum yang lebih baik akan menjadi pertimbangan bagi investor untuk masuk. "Saya akan bertemu dengan asosiasi serta investor asing untuk mendapat masukan dari mereka. Yang penting sekarang dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia ini, kita bisa menjadikan Indonesia sebagai surga bagi investasi manufaktur," tambahnya.

Pada bagian lain, komisaris utama PT RNI (Rajawali Nusantara Indonesia), PT PLN, dan PT Dirgantara Indonesia tersebut mengatakan, struktur industri akan diperkuat dari hulu ke hilir. Sejauh mungkin diharapkan proses produksi berlangsung di dalam negeri terutama produk-produk berbasis sumber daya alam.

Prioritas
Menteri Perindustrian Andung Nitimihardja mengungkapkan (2/11/2004), pihaknya telah memfinalisasi program 100 hari di bidang industri. Menurut dia, pihak Departemen Perindustrian akan memprioritaskan pengembangan industri berbasis agro, transportasi, dan juga industri manufaktur yang padat karya.

"Kita sudah membuat program jangka pendek dan menengah. Prioritas pengembangan industri adalah industri agro, dari hulu sampai hilir," kata Andung. Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Departemen Pertanian untuk menyejajarkan kebijakan guna membangun industri berbasis agro.

Sementara itu, mengenai persoalan harmonisasi tarif produk industri agro di sektor hulu dan hilir perlu dibahas bersama untuk mendapatkan formula tarif yang pas. "Jangan sampai tarif bea masuk produk di sektor hulu lebih besar daripada produk di sektor hilir, agar industri berdaya saing," ujar Andung.

Selain itu, industri di bidang transportasi juga penting dikembangkan, seperti industri otomotif, sepeda motor, termasuk industri galangan kapal. Pengembangan industri itu diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan industri pendukung lainnya, seperti industri komponen.

Di sektor industri manufaktur, pihaknya juga tetap akan memerhatikan program pengembangan industri manufaktur yang padat karya, seperti industri tekstil dan produk tekstil, alas kaki, dan elektronik. Industri seperti itu masih memiliki potensi untuk pasar ekspor. tsl - Indo Pos, Selasa, 26 Okt 2004

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 22 Oct 2009  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Perempuan Berhati Baja Depag Harus Jadi Contoh

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Genghis Khan adalah salah satu pejuang yang namanya kesohor di penjuru dunia, meski mengalami masa kecil yang berat akibat kematian tragis kepala suku yang juga adalah ayahnya.

Note: Bacaan ringan tapi bermakna.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: