WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Rektor IPB 1978-1987

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Rektor IPB 1978-1987
Andi Hakim NasutionAndi Hakim Nasution | TokohIndonesia.com | wikipedia

Profesor Dr Ir Andi Hakim Nasution, menjabat Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) selama dua periode (1978-1987). Guru besar (pakar) statistik dan genetika kuantitatif, yang juga terkenal sebagai pengamat pendidikan itu lahir di Jakarta, 30 Maret 1932. Penggagas Sistem Panduan Bakat dan inspirator pendirian Fakultas MIPA di IPB, ini meninggal dunia di Jakarta, 4 Maret 2002.

Rektor IPB (1978-1987)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Andi Hakim Nasution

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Andi Hakim Nasution

QR Code Halaman Biografi Andi Hakim Nasution
Bio Lain
Click to view full article
Pong Tiku
Click to view full article
Mangapul Sagala
Click to view full article
Laksamana Sukardi
Click to view full article
Bubi Chen
Click to view full article
Marcella Zalianty
Click to view full article
Soekarno
Click to view full article
Bachtiar Effendi

Ia menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Wakil Kepala Staf Angkatan Darat
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat
Gatot Subroto
Jakarta karena sakit kanker prostat. Putra sulung dari lima bersaudara, anak dari Ketua BPK (2004-2009)
Ketua BPK (2004-2009)
Anwar Nasution
Gelar Mangaraja Pidoli, seorang dokter hewan pada zaman Belanda, ini meninggalkan isteri Amini Soekadi Nasution dan tiga orang anak serta tiga orang cucu.

Pusat Data Ensiklopedi Tokoh Indonesia (TokohIndonesia.com) mencatat, Andi Hakim Nasution menikmati masa kecil, remaja dan mudanya di Bogor. Di kota hujan ini ia menyelesaikan pendidikan HIS tahun 1945, SMP tahun 1948, dan SMA tahun 1952. Juga, tahun 1958 di Bogor, lulus dengan predikat cum laude sebagai sarjana (insinyur) pertanian angkatan keempat dari Fakultas Pertanian Universitas Indonesia yang kemudian menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB). Enam tahun kemudian (1964) dia meraih gelar doktor (Ph.D) dalam bidang experimental statistic dari North Carolina University, AS.

Ia telah memulai karir sebagai guru di SPMA Bogor , sejak menamatkan SMA hingga meraih gelar insinyiur dari IPB (1952-1958). Di samping itu, Nasution juga aktif sebagai dosen dan Sekretaris Akademi Pertanian Ciawi (1958-1965). Lalu, setelah berhasil meraih gelar doktor, Nasution kembali ke Indonesia dan menjadi dosen IPB tahun 1965. Ketika itu, di berbagai kampus, termasuk IPB, sedang bergolak akibat perang ideologi menjelang peristiwa berdarah G30S PKI/1965.

Setahun kemudian, 1966, Andi diangkat menjadi Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) IPB hingga tahun 1969. Berselang beberapa tahun, diangkat menjadi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Pendidikan Sarjana IPB (1971-1975). Sejak 1972, ia dianugerahi gelar professor (guru besar) Statistik dan Genetika Kuantitatif IPB. Lalu, dipercaya menjabat Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Pasca Sarjana IPB (1975-1978) sebelum terpilih menjabat Rektor IPB selama dua periode (1978-1987) Selain itu, ia juga sempat menjabat Rektor (Ketua) Sekolah Tinggi Telkom Bandung, yang berdiri pada 28 September 1990.

Salah satu gagasannya yang patut dikenang adalah Sistem Panduan Bakat dalam penerimaan mahasiswa baru. Sistem ini tidak mensyaratkan calon mahasiswa menempuh tes, tetapi harus berprestasi di sekolahnya. Sistem ini juga sangat menghargai calon mahasiswa cerdas yang tidak mampu mengongkosi kuliah.

Selain itu, pria yang menyukai fotografi ini aktif sebagai ketua Dewan Juri Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR). Ia pun terus mengikuti jejak para pemenang lomba karya ilmiah, yang memilih masuk IPB (tanpa tes). Banyak di antaranya menjadi Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
sukses, dan menjadi peneliti pada institusi pemerintah.

Inspirator pendirian Fakultas MIPA di IPB ini juga dikenal sangat produktif menulis. Banyak artikelnya dimuat di berbagai media massa. Ia tidak hanya menulis dalam bidang keahlian dan profesinya, tapi djuga alam bidang-bidang yang lain.

Tak heran, tatkala jenazah peraih anugerah Tokoh Ilmuwan MABBIM (Majelis Bahasa Brunei-Indonesia-Malaysia) ini disemayamkan di rumah duka jalan Tegal Lega Blok A-6 No 4, kawasan Ciwaringin, Bogor, sangat banyak sahabat dari berbagai kalangan yang melayat. e-ti/binsar halomoan

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 28 Mar 2009  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Lanjutkan Reformasi Tni Wakil Kepala Staf Tni Al

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

This book gives you a huge knowledge of what you need for understanding the market for watches. The book is full of beautiful photos of some of the Worlds most awesome timepieces and what's under the hood.

Note: A must have buat pencinta/kolektor jam tangan. Harga cover US$35.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: