WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Potret Pelayanan Pastor Indonesianis

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Potret Pelayanan Pastor Indonesianis
Franz Magnis-Suseno | TokohIndonesia.com | itb

Dia seorang pastor yang sering dijuluki "Kasman" atau bekas Jerman yang sangat Indonesianis. Direktur Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, ini akrab dipanggil Romo Magnis. Pelayanannya sebagai pastor (rohaniawan Katolik) melahirkan kecintaannya pada Indonesia. Dia pun menanggalkan kewarganegaraan Jerman beralih menjadi warga negara Indonesia.

Direktur Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
Lihat Curriculum Vitae (CV) Franz Magnis-Suseno

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Franz Magnis-Suseno

QR Code Halaman Biografi Franz Magnis-Suseno
Bio Lain
Click to view full article
Dian Piesesha
Click to view full article
Andy A Sampurna Jaya
Click to view full article
Frans Seda
Click to view full article
Sofyan Djalil
Click to view full article
Rachmat Witoelar
Click to view full article
Dadan Sukandar
Click to view full article
Imam Bonjol
BERITA TERBARU

Guru Besar Filsafat ini dapat bergaul dengan siapa saja tanpa batas sosial, agama dan golongan. Dia pun disenangi semua orang! Hampir duapertiga usia pria kelahiran Eckersdorft, Jerman 26 Mei 1936, ini dihabiskan di Indonesia. Datang dengan motivasi tunggal berkarya melayani melalui Gereja Katolik di Indonesia, sebuah negeri yang diketahuinya sangat indah dan menyenangkan. Sudah sejak 29 Januari 1961 dia tinggal menetap di Indonesia.

Ditahbiskan menjadi imam atau pastor tahun 1967 di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Kemudian tahun 1977 menjadi warga negara Indonesia, setelah menunggu tujuh tahun proses pengurusannya. Dia tak pernah menyesal memilih menjadi warga negara Indonesia. Kemudian sejak 1 April 1996, dia menjadi guru besar filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Direktur Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat DriyarkaraDriyarkara, Jakarta.

Franz Magnis-Suseno, SJ adalah anak sulung dari enam bersaudara dari sebuah keluarga bangsawan Jerman. Dia lahir pada tanggal 26 Mei 1936 di Eckersdorf, Silesia, kabupaten Glatz, sebuah daerah Jerman paling timur yang dahulu menjorok sampai ke daerah yang kini bernama Polandia. Semasa kanak-kanak, bersama keluarga dia pernah mengalami situasi yang sangat buruk akibat Perang Dunia (PD) II.

Daerah Jerman bagian paling timur itu, sesudah PD-II dipotong lalu diberikan seperlimanya kepada Polandia dan sisanya kepada Uni Soviet. Sedangkan, seluruh penduduk 9 juta orang Jerman dari situ diusir paksa ke Jerman Barat. Franz Magnis, seorang bangsawan anak sulung yang belum genap berusia 10 tahun bersama seluruh keluarga harus lari dari kejaran tentara Uni Soviet menuju ke Cekoslovakia Barat, dan dari situ kemudian melarikan diri lagi menuju Jerman Barat. Mereka, bersama 9 juta warga Jerman lainnya harus kehilangan segala sesuatu harta benda kepunyaan. Sebuah perjuangan yang sangat sulit dan melelahkan.

Dia bersama keluarga lalu menetap sekitar 80 kilometer di sebelah selatan kota Frankfurt. Mereka memilih tinggal dan menetap ke Jerman bagian barat yang berada di bawah pengawasan tentara sekutu pimpinan Amerika Serikat.

Jerman Raya yang dahulu berbentuk kerajaan mencoba mengubah diri menjadi negara demokrasi dan memunculkan dua partai terbesar, yakni partai Nazi dan partai komunis. Partai Nazi pimpinan Adolf Hitler berkuasa sebagai pemenang pemilihan umum, namun kemudian berubah muka menjadi otoriter. Pemerintahan Hitler ini pun menyerang dan merebut Polandia tahun 1939 yang menjadi pemicu bergolaknya Perang Dunia II. Saat itu, usia Franz Magnis masih tiga tahun. Pendaratan tentara Sekutu pimpinan Amerika Serikat di Pantai Laut Normandia pada tanggal 6 Juni 1944 menjadi titik balik kekalahan tentara Nazi Jerman, yang puncaknya terjadi setahun kemudian (1945) Nazi Jerman menyerah kalah perang. e-ti | crs-marjuka situmorang | Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
Edisi 12

 

Page 1 of 5 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh sira  -  Dibuat 21 Jun 2004  -  Pembaharuan terakhir 20 Jun 2012
Perumus Ikrar Sumpah Pemuda Tampil Seksi Di Atas Panggung

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: