WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Doktor Kebijakan Pupuk Nasional

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Doktor Kebijakan Pupuk Nasional
Zaenal Soedjais | Ensikonesia.com | Buku

Perjalanan hidup Dr. Zaenal Soedjais diwarnai perhatiannya yang besar terhadap pupuk. CEO bermata elang berlatar akuntan ini meniti karier dalam dunia pupuk nasional. Mantan Ketua Umum Dewan Pupuk Indonesia (DPI),dan Ketua Umum Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) ini juga meraih gelar doktor dalam kebijakan pupuk nasional.

Predir Pusri Holding (2001-2004), Ketua Umum DPI dan Maporina
Lihat Curriculum Vitae (CV) Zaenal Soedjais

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Zaenal Soedjais

QR Code Halaman Biografi Zaenal Soedjais
Bio Lain
Click to view full article
Paulus Indra
Click to view full article
Mahar Mardjono
Click to view full article
Nita Yudi
Click to view full article
Muhammad Mahendradatta
Click to view full article
BJ Habibie
Click to view full article
Chris John
Click to view full article
Nyi Ageng Serang

Disertasinya berjudul ”Analisa Kebijakan Subsidi Pupuk Anorganik dalam Konteks Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia”. Dia melakukan penelitian di Kabupaten Sragen dan Bantul. Menurutnya, kebijakan subsidi pupuk anorganik belum dilaksanakan secara komprehensif dengan melibatkan semua pemangku kepentingan maupun penerima manfaat khususnya petani.

"Rancangan yang dihasilkan mempunyai perspektif jangka pendek dan ditengarai adanya pertimbangan politik maupun konsesi terhadap kekuatan atau lembaga internasional," kata Zaenal Soedjais dalam sidang terbuka promosi doktor Ilmu Pertaniannya yang dipimpin Prof Dr Irwan Abdullah MA, di Ruang Seminar Lantai 5 Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, Sabtu (29/3/2008) dengan promotor Prof Dr Masyhuri dan ko-promotor Prof Dr J Nasikun, didampingi 3 tim penilai dan tiga 3 tim penguji. Dia dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

Zaenal Soedjais menyarankan, perumusan kebijakan subsidi pupuk anorganik seyogyanya dilaksanakan dengan melakukan analisis permasalahan yang matang dan dilandasi pertimbangan komprehensif mencakup berbagai aspek yang relevan, khususnya kesejahteraan petani yang menjadi perhatian utama dengan melibatkan pemangku kepentingan.

Zaenal menyoroti bahwa pertimbangan utama dalam merumuskan kebijakan, tidak pada produktivitas lahan dan ketahanan pangan namun lebih ke arah kepentingan industri pupuk, sedangkan kesejahteraan petani kurang mendapat perhatian.

Promovendus yang dilahirkan di Cirebon 10 Agustus 1942 yang meraih dua gelar sarjananya di UGM, yaitu sarjana Ekonomi dan sarjana Akuntansi serta pernah menjadi orang nomor satu di produsen pupuk anorganik (kimia), ini justru menyarankan agar pemerintah mengalihkan subsisi pupuk anorganik kepada pupuk organik.

Mantan Presiden Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
PT. Asean Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
Fertilizer (1995-2001) dan Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Utama PT. Pusri Holding (2001-2004) itu mengaku prihatin dengan tingginya penggunaan pupuk anorganik. Sebab, menurutnya, akibat penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan, saat ini lahan pertanian di Indonesia mengalami kerusakan di ambang batas. Dia amat risau melihat sebagian besar petani Indonesia telah mengalami ketergantungan pada pupuk anorganik. Padahal, penggunaan pupuk anorganik ini akan menghilangkan unsur hara dalam tanah yang berakibat menurunnya tingkat kesuburan tanah.

Dia juga mengkritik kebijakan pemerintah pada masa lampau yang menganjurkan penggunaan pupuk anorganik sebagai keputusan yang tidak tepat. Menurutnya, pelaksanaan kebijakan subsidi program pemerintah sejak tahun 1970-an telah meningkatkan konsumsi pupuk anorganik secara tidak berimbang. Dia menyoroti konsumsi jenis pupuk tertentu yang telah menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan di bidang lingkungan.

Menurutnya, tingkat penggunaan pupuk anorganik di kalangan petani telah melebihi dosis yang dianjurkan, terutama urea, sehingga terjadi ketidakseimbangan dengan jenis pupuk makro lain maupun pupuk mikro dan masukan pupuk organik.

Maka Zaenal Soedjais menyarankan, perumusan kebijakan subsidi pupuk anorganik seyogyanya dilaksanakan dengan melakukan analisis permasalahan yang matang dan dilandasi pertimbangan komprehensif mencakup berbagai aspek yang relevan, khususnya kesejahteraan petani yang menjadi perhatian utama dengan melibatkan pemangku kepentingan.

Dia menegaskan kiranya rumusan baku ditetapkan dan dijadikan pedoman pelaksanaan, sehingga kebijakan subsidi dapat konsisten berjalan serta tidak berubah-ubah tanpa dasar. Kebijakan subsidi pupuk seharusnya mengakomodasi kombinasi penggunaan pupuk anorganik dan organik, sehingga mencapai keseimbangan.

Kepeduliannya terhadap kebijakan pupuk nasional juga diimplementasikannya saat menjabat Ketua Umum MAPORINA (Masyarakat Pertanian Organik Indonesia/Organic Farming Society of Indonesia) periode 2006-2011. MAPORINA adalah sebuah wadah organisasi profesi untuk menghimpun potensi berbagai pihak yang terkait dengan pertanian organik yang meliputi birokrat, akademisi, petani, Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
dan masyarakat luas pemerhati masalah pertanian di Indonesia yang diharapkan dapat mensejahterakan rakyat, melestarikan lahan dan lingkungan melalui sistem pertanian.

Organisasi ini berdiri pada 1 Februari 2000 di kota Malang. Ketua Umum pertama adalah Prof. Dr. Karama (2000-2005) dan digantikan Dr. Zaenal Soedjais, AK (2005-2011) sebagai Ketua Umum kedua. Zaenal kemudian digantikan Drs. Djoko Sidik Pramono, MM (2011-2016) pada 28 September 2011. Ditulis Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Ch. Robin Simanullang
, TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 19 Jul 2013  -  Pembaharuan terakhir 27 Aug 2013
Bekerja Kreatif Inovatif Dan Religius Drum Scoring Dan Akting

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Sebagai seorang manajer, Anda bertanggung jawab untuk meraih hasil terbaik dari upaya-upaya mental, emosi, dan fisik yang telah diberikan karyawan Anda. Bukan hanya meraih keuntungan investasi... melainkan keuntungan energi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: