WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Karirnya Terbilang Cemerlang

Karirnya Terbilang Cemerlang
Letjen Moeldoko | rpr

Jejak rekam Letjen TNI Moeldoko terbilang cemerlang. Dia pernah ikut satuan teritorial, tempur, operasi di dalam dan luar negeri, berkecimpung di lembaga pendidikan termasuk menjadi Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional dan dipercaya sebagai Kepala Staf TNI AD (KSAD) di tahun 2013.

Panglima TNI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Moeldoko

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Moeldoko

Wakil KSAD Letnan Jenderal Moeldoko ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pengganti Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang memasuki masa pensiun per 1 Juni 2013. Letjen Moeldoko dilantik sebagai KSAD pada Rabu, 22 Mei 2013.

Komisi I DPR menilai figur Letjen Moeldoko sangat komplet sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru. Di satu sisi, jenjang karir militer perwira tinggi TNI AD ini lebih baik dibandingkan Jenderal Pramono Edhie yang dia gantikan. Di sisi lain, Letjen Moeldoko juga tidak mempunyai hubungan emosional dengan Presiden SBY karena tidak pernah menjadi pengawal atau ajudan presiden sehingga netralitasnya bisa diharapkan.

Langkah pria kelahiran Kediri, Jawa Timur pada 8 Juli 1957 ini dalam meniti karir terbilang mulus. Setelah lulus dengan predikat terbaik dari Akademi Militer (Akmil) 1981, ia menduduki jabatan-jabatan strategis seperti Wadan Yonif 202/Tajimalela, Danyonif 201/Jaya Yudha, Dandim 0501 BS/Jakarta Pusat, Sespri Wakasad, Pabandya-3 Ops PB-IV/Sopsad.

Pada tahun 2010, Letjen Moeldoko mengalami tiga kali rotasi yaitu Pangdiv 1/Kostrad, Pangdam XII/Tanjungpura, dan Pangdam III/Siliwangi.

Yang menarik, pada tahun 2010, Letjen Moeldoko mengalami tiga kali rotasi yaitu Pangdiv 1/Kostrad, Pangdam XII/Tanjungpura, dan Pangdam III/Siliwangi. Ia menjadi Pangdam pertama Kodam Tanjungpura yang menaungi dua wilayah yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Saat menjabat Pangdam III/Siliwangi, Letjen Moeldoko (saat itu mayjen) sempat mendapat sorotan karena dianggap bertanggungjawab dalam peristiwa 'Operasi Sajadah' yang mencuat di tahun 2011. Saat itu dikabarkan ada intimidasi terhadap jemaah Ahmadiyah yang dilakukan TNI. Namun Moeldoko membantah adanya operasi tersebut.

Pada tahun 2011, peraih bintang Adhi Makayasa ini kemudian dipercaya sebagai Wakil Gubernur Lemhannas. Ia kemudian diangkat menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) pada Februari 2013, menggantikan Letjen TNI Budiman. Semenjak menjadi Wakasad namanya sudah digadang-gadang sebagai calon paling berpotensi menggantikan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo. Pada 22 Mei 2013, Letjen Moeldoko akhirnya resmi menjadi KSAD ke-30.

Sebagai KSAD, Letjen Moeldoko harus menyelesaikan setumpuk tugas dan pekerjaan rumah. Ia harus menertibkan penyimpangan pengadaan alutsista, terus memperhatikan kesejahteraan prajurit dan keluarganya seperti tempat tinggal dan pendidikan, dan menjaga agar TNI bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis.

Letjen Moeldoko juga harus memperhatikan dan membenahi integritas dan disiplin prajurit. Sebab, TNI AD tengah disorot oleh publik setelah rentetan penyimpangan para prajurit. Tiga peristiwa yang menjadi sorotan belakangan ini adalah pembakaran Polres Ogan Komering Ulu (Oku), Sumatera Selatan; pembunuhan empat tahanan di Lapas Cebongan, DI Yogyakarta; serta penganiayaan staf PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI-P di Jakarta. Bio TokohIndonesia.com | cid, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 21 May 2013  -  Pembaharuan terakhir 27 Aug 2013

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini membahas 56 efek plug-in populer yang paling sering dipakai. Mudah diikuti sehingga Anda akan membuat ratusan efek memukau dalam waktu singkat.

Bonus: CD

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: