WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Calon Tunggal Gubernur BI

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Calon Tunggal Gubernur BI
Agus Martowardojo | Ensikonesia.com | Kps

Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang pernah ditolak DPR tahun 2008, kembali diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon tunggal gubernur Bank Indonesia. Apakah Presiden tengah memainkan ‘kartu politik’ mengukur pengaruhnya di DPR dengan mempertaruhkan nama pembantunya itu?

Menteri Keuangan (2010-sekarang)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Agus Martowardojo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Agus Martowardojo

QR Code Halaman Biografi Agus Martowardojo
Bio Lain
Click to view full article
Laksamana Sukardi
Click to view full article
Abraham Samad
Click to view full article
Adi Sasono
Click to view full article
Mohamad Prakosa
Click to view full article
Guruh Soekarnoputra
Click to view full article
Budiman Sudjatmiko
Click to view full article
Kristiono
BERITA TERBARU

Entah apa pertimbangan Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden SBY
mengajukan kembali Agus Martowardojo yang kini menjabat Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Keuangan tersebut. Pencalonan Agus yang dituangkan dalam surat Presiden kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dan dikirimkan Jumat malam, 22 Februari 2013, itu sungguh di luar perkiraan pengamat ekonomi, kalangan bankir, maupun anggota DPR.

Justru nama Gubernur Bank Indonesia saat ini, Darmin Nasution, yang sebelumnya santer disebut-sebut sebagai calon paling kuat. Nama Agus luput dari perkiraan banyak pihak. Pengajuan nama Agus semakin mengejutkan karena dia baru saja diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus korupsi Hambalang untuk tersangka mantan Menpora Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (2009-2014)
Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (2009-2014)
Andi Mallarangeng
. Hal mana Rizal Mallarangeng berulangkali menggelar konferensi pers yang menyebut Agus semestinya bertanggung jawab dalam pencairan dana proyek Hambalang tersebut. Sebab Agus sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Keuangan mencairkan dana triliunan tanpa tanda tangan Menpora dan Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
PU dalam pengajuannya.

Memang, Agus hanyalah saksi bukan tersangka. Sehingga pengajuannya sebagai calon tunggal Gubernur BI tidak menyalahi aturan apa pun. Agus sendiri semula tidak menduga namanya akan diajukan Presiden. Dia malah sempat menyatakan bahwa Darmin Nasution layak dipertimbangkan kembali sebagai calon gubernur BI. Menurut Agus, integrasi dan koordinasi Kementerian Keuangan dengan BI berjalan dengan kompak di masa kepemimpinan Darmin. Sinergi kebijakan antarkedua instansi tersebut sangat solid.

Tampaknya Presiden sedang ’memainkan kartu politik’ untuk menjajal pengaruhnya di DPR dengan mempertaruhkan nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Sebab, sebenarnya Presiden mempunyai pilihan yang amat banyak yang punya kompetensi menjabat Gubernur BI setara dengan Agus, bahkan mungkin lebih dapat diandalkan untuk mengendalikan bank central.

Pengajuan nama calon tersebut terkait masa jabatan Darmin Nasution sebagai gubernur BI sudah akan berakhir pada 22 Mei 2013. Sesuai ketentuan, tenggat waktu penyampaian nama calon adalah tiga bulan sebelum masa jabatan gubernur BI berakhir.

Pada tahun 2008 silam, Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden SBY
pernah mengajukan Agus bersama Raden Pardede sebagai calon Gubernur BI, namun setelah melalui proses uji kepatutan dan kelayakan, ditolak oleh DPR dalam sidang paripurna. Kemudian, SBY mengajukan Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Boediono
sebagai calon tunggal Gubernur BI.

Tampaknya Presiden sedang ’memainkan kartu politik’ untuk menjajal pengaruhnya di DPR dengan mempertaruhkan nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Sebab, sebenarnya Presiden mempunyai pilihan yang amat banyak yang punya kompetensi menjabat Gubernur BI setara dengan Agus, bahkan mungkin lebih dapat diandalkan untuk mengendalikan bank central.

Misteri ’kartu politik’ ini akan segera terjawab setelah DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan dalam waktu dekat. Apakah DPR akan meloloskannya atau tidak. Saat ini sudah mulai beragam pandangan di kalangan anggota DPR soal pencalonan Agus tersebut.

Siapakah Agus sehingga Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden SBY
gigih mencalonkannya kedua kali untuk menduduki jabatan Gubernur BI? Bukankah dia saat ini masih menjabat Menteri Keuangan, sebuah jabatan penting dalam pemerintahan Presiden SBY?

Agus bernama lengkap Agus Dermawan Wintarto Martowardojo lahir di Amsterdam, Belanda 24 Januari 1956. Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1984, ini juga telah menyelesaikan kursus perbankan, manajemen dan kepemimpinan di banyak institusi dalam dan luar negeri, antara lain Banking & Management Courses State University of New York, Stanford University dan Institute of Banking & Finance, Singapura.

Karir perbankannya diawali sebagai staf International Loan di Bank of America, cabang Jakarta. Kemudian tahun 1986 pindah ke Bank Niaga, menempati posisi Wakil Presiden Corporate Banking, Banking Group Head. Kariernya terus menanjak pada 1995 menjadi Presiden Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
PT Bank Bumiputera. Tahun 1998 menjadi Presiden Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
PT Bank Ekspor Impor Indonesia. Lalu, 1999-2002, menjabat Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Bank Mandiri, sebuah bank BUMN terbesar.

Setelah itu, pada Oktober 2002, dia sempat menjabat sebagai Penasihat Ketua BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Indonesia). Kemudian dipercaya sebagai Presiden Direktur PT Bank Permata Tbk. (hasil merger PT Bank Bali Tbk., PT Bank Universal Tbk., PT Bank Prima Ekspres, Bank Media dan Bank Patriot) yang ditangani oleh BPPN.

Selepas itu, dia pun menjabat Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2005 sampai 17 Mei 2010. Saat itu, dia mendapat kehormatan sebagai Eksekutif Indonesia Terbaik oleh AsiaMoney dan menerima penghargaan Leadership Achievement dari The Asia Banker tahun 2006, Top Banker 2007 dari Majalah Investor, CEO Terbaik 2008 dari majalah Warta Ekonomi dan Eksekutif Bankir Top oleh Majalah Investor 2008. Saat menjabat Direktur Utama Bank Mandiri tersebut, dia dicalonkan Presiden SBY untuk menjabat Gubernur BI, namun ditolak DPR. Namun, kemudian pada Mei 2010, dia dilantik Presiden SBY menjabat Menteri Keuangan menggantikan Direktur Pelaksana Bank Dunia
Direktur Pelaksana Bank Dunia
Sri Mulyani
yang ’terdesak’ akibat kasus Bank Century dan menjadi Managing Director Bank Dunia.

Dalam bidang organisasi, dia pernah menjabat Ketua Asosiasi Bankir Indonesia dan Ketua Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Juga menjadi Advisor Asosiasi Perbankan Indonesia dan Ketua Himpunan Bank Umum Nasional Swasta (Perbanas) serta Ketua Bankers Club Indonesia. Desember 2008, menjadi anggota Dewan Kadin Indonesia untuk periode 2008 - 2013. Penulis: Binsar Halomoan | Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 28 Feb 2013  -  Pembaharuan terakhir 09 Mar 2013

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
www.lazada.com
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: