WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pembentuk Dana Abadi Umat

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pembentuk Dana Abadi Umat
Tarmizi Taher | Ensikonesia.com | kps

Dr. Tarmizi Taher, Laksamana Muda TNI (Purn) adalah Menteri Agama Kabinet Pembangunan VI (1993-1998) yang berinisiatif membentuk Dana Abadi Umat (DAU) serta yang pertama kali mengembangkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (2006-2011) ini lahir di Padang, Sumatera Barat, 7 Oktober 1936 dan meninggal di Jakarta, 12 Januari 2013.

Menteri Agama 1993-1998
Lihat Curriculum Vitae (CV) Tarmizi Taher

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Tarmizi Taher

QR Code Halaman Biografi Tarmizi Taher
Bio Lain
Click to view full article
Bejo Rudiantoro
Click to view full article
Indra Lesmana
Click to view full article
Gedong Bagoes Oka
Click to view full article
Baharudin H Lisa
Click to view full article
Mien R Uno
Click to view full article
NH Dini
Click to view full article
Budi Hardjono

Tarmizi Taher adalah anak dari pasangan Taher Marah Sutan (ayah) dan Djawanis (ibu). Ayahnya seorang pendiri Serikat Usaha dan menjadi agen perkapalan di Pelabuhan Teluk Bayur. Sedangkan kakeknya, Tengku Syekh Sabir adalah seorang ulama terkenal dari Batusangkar. Setelah menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Airlangga, Surabaya tahun 1964, dia mengawali kariernya di TNI Angkatan Laut (AL) sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian.

Kemudian, dia pernah menjabat Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI. Pada saat yang sama, dia merangkap Anggota MPR dari Fraksi ABRI (1977-1982 dan 1982-1987) dan menjabat Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR. Selama karier militer, dia mengikuti beberapa pendidikan di antaranya Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI AL dan Pendidikan di US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) di bidang kesehatan.

Setelah dua periode menjadi Anggota MPR dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI, pensiunan Laksamana Muda TNI ini kemudian dipercaya menjabat Sekjen Departemen Agama Republik Indonesia selama lima tahun (1988-1993). Lalu, diangkat menjadi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Agama Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Kabinet Pembangunan
VI menggantikan Munawir Sjadzali pada 17 Maret 1993 hingga 14 Maret 1998 digantikan oleh Quraish Shihab. Selepas menjabat Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
, dia ditugaskan sebagai Duta Besar RI untuk Norwegia yang berkedudukan di Oslo (1998-2004). Setelah pulang ke tanah air, Tarmizi Taher mengabdikan diri sebagai Rektor Universitas Islam Az-Zahra, Jakarta (2004-2008) dan menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia periode 2006–2011. Ia pun dianugerahi doktor honoris causa di bidang dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Setelah dua periode menjadi Anggota MPR dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI, pensiunan Laksamana Muda TNI ini kemudian dipercaya menjabat Sekjen Departemen Agama Republik Indonesia selama lima tahun (1988-1993). Lalu, diangkat menjadi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Agama Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Kabinet Pembangunan
VI menggantikan Munawir Sjadzali pada 17 Maret 1993 hingga 14 Maret 1998, lalu digantikan oleh Quraish Shihab.

Dia menikah dengan Hj. Djusma dan dikaruniai empat orang anak, tiga laki-laki dan satu Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
, yakni Afgan, Sakina, Halbana dan Digantoro. Dia meninggal dunia pada Selasa, 12 Januari 2013, pukul 04.15 pagi di RS Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Jakarta Pusat. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka Jalan Merbau No 1, Kompleks Angkatan Laut (AL), Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Selepas salat jenazah, dilakukan upacara militer pelepasan dan penyerahan jenazah dari keluarga kepada Pemerintah yang diwakili oleh KASAL Laksamana Muda TNI Sadiman Koorsahli. Selanjutnya jenazah dibawa ke Taman Makam Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Kalibata, Jakarta, untuk dimakamkan dengan upacara secara militer, ba’da shalat zuhur. Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar, bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
, Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar mengatakan, kita telah kehilangan salah satu putra terbaik bangsa yang selalu konsisten dengan prinsip-prinsip perjuangan, selalu mengemban tugas dengan ihklas untuk bangsa dan negara. Upacara pemakaman itu dihadiri sejumlah tokoh nasional, antara lain mantan Presiden Republik Indonesia Ketiga (1998-1999)
Presiden Republik Indonesia Ketiga (1998-1999)
Presiden Habibie
, mantan Wapres Wakil Presiden Republik Indonesia (2004-2009), Ketua Umum PMI
Wakil Presiden Republik Indonesia (2004-2009), Ketua Umum PMI
Jusuf Kalla
, mantan Wapres Wakil Presiden Republik Indonesia (1993-1998)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1993-1998)
Try Sutrisno
, mantan Menteri Peranan Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
Sulasikin Murpratomo, mantan Menkokesra Menko Kesra dan Taskin (1998-1999) dan Kepala BKKBN (1983-1998)
Menko Kesra dan Taskin (1998-1999) dan Kepala BKKBN (1983-1998)
Haryono Suyono
, dan Ketua DPD RI Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2009-2014
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2009-2014
Irman Gusman
serta sejumlah pegawai Kementerian Agama. Penulis: Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Ch. Robin Simanullang
| Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 19 Feb 2013  -  Pembaharuan terakhir 09 Mar 2013

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Poling

Lintas Berita Tokoh

    Belum ada berita.

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: