WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pengabdi Kesehatan Masyarakat

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pengabdi Kesehatan Masyarakat
Nafsiah Mboi | TI | Bacadulu.com

Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH seorang pengabdi kesehatan masyarakat. Peraih Ramon Magsaysay bersama suaminya Benedictus Mboi (Gubernur NTT periode 1978-1988), ini setelah beberapa kali dinominasi akhirnya menjabat Menteri Kesehatan 2012-2014 menggantikan Endang Sedyaningsih yang meninggal akibat kanker paru.

Menteri Kesehatan (2012-2014)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Nafsiah Mboi

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Nafsiah Mboi

QR Code Halaman Biografi Nafsiah Mboi
Bio Lain
Click to view full article
Haji Bokir bin Djiun
Click to view full article
Ratno Timoer
Click to view full article
Wulan Guritno
Click to view full article
Imam Nahrawi
Click to view full article
Teras Narang
Click to view full article
Yusril Djalinus
Click to view full article
Arief Budiman
BERITA TERBARU

Sungguh suatu anugerah bagi Nafsiah Mboi yang di usianya yang tidak muda lagi, 72 tahun mendapatkan kepercayaan menjadi orang nomor satu di KeLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an Kesehatan. Sebuah pengabdian yang memerlukan komitmen besar untuk memajukan kesehatan masyarakat. Sebagai seorang Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
dan pengabdi kesehatan masyarakat, namanya sejak masa Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Orde Baru
memang sudah santer terdengar untuk menduduki posisi tersebut.

Berkat perhatian dan kepeduliannya terhadap permasalahan kesehatan masyarakat dan anak-anak yang tiada henti, Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
mempercayainya sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Kesehatan menggantikan Endang Sedyaningsih yang meninggal akibat kanker paru pada 2 Mei 2012.

"Posisi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
kesehatan saya percayakan kepada dr. Nafsiah Mboi, DSpA, MPH. Saya melihat kemampuan, pengalaman dan pengabdian beliau di waktu lalu yang berkomitmen kerja nyata untuk memajukan kesehatan masyarakat," kata Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
saat menyebutkan nama Nafsiah di Istana Bogor, Rabu (13/6/2012).

Kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat sudah dimilikinya sejak lama saat berstatus sebagai mahasiswa. Ia pernah menjadi sukarelawan dan pekerja masyarakat. Nama lulusan sarjana yang memiliki spesialisasi dokter anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1971, ini pun menjadi tidak asing lagi.

Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ia menjadi salah satu dokter sukarelawan Dwikora. Hingga terpilih menjadi menteri kesehatan pun ia masih aktif sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional dan Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
Menko Kesra dan Taskin (1998-1999) dan Kepala BKKBN (1983-1998)
Menko Kesra dan Taskin (1998-1999) dan Kepala BKKBN (1983-1998)
Keluarga Berencana
. Ia juga salah satu pendiri Komisi Nasional Perlindungan Pencipta Lagu Anak-anak
Pencipta Lagu Anak-anak
anak Indonesia
, anggota Komnas HAM, dan Wakil Ketua Komnas Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
.

Kegigihannya dalam memperhatikan kesehatan masyarakat dan anak kemudian diapresiasi lewat penghargaan Ramon Magsaysay Foundation Award for Government Service dari Ramon Magsaysay Foundation, sebuah penghargaan bergengsi dari pemerintah Filipina pada tahun 1986.

Kegigihannya dalam memperhatikan kesehatan masyarakat dan anak kemudian diapresiasi lewat penghargaan Ramon Magsaysay Foundation Award for Government Service dari Ramon Magsaysay Foundation, sebuah penghargaan bergengsi dari pemerintah Filipina pada tahun 1986.

Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH lahir di Sengkang, Raja Gowa ke-16, dinobatkan pada tahun 1653
Raja Gowa ke-16, dinobatkan pada tahun 1653
Sulawesi Selatan
, 14 Juli 1940. Ia merupakan anak pertama dari enam bersaudara yang lahir dari pasangan Andi Walinono seorang hakim dan Rahmatiah Sonda Daeng Badji. Nafsiah menikah dengan Benedictus Mboi, kakak kelas Nafsiah saat masih kuliah di Kedokteran UI. Setelah menikah pada tahun 1964, mereka bersama-sama bergabung sebagai dokter sukarelawan Dwikora. Ben pernah menjabat sebagai gubernur Provinsi NTT periode 1978-1988 dan menjadi anggota DPA. Ben juga pernah bertugas bersama LB Moerdani dalam operasi Trikora di Papua Barat tahun 1962.

Saudara dari Dr Erna Witoelar (Menteri Pemukiman dan Pengembangan Wilayah Indonesia), ini mengawali karirnya sebagai PNS di departemen kesehatan sejak tahun 1964-1999. Selama 35 tahun berkiprah di departemen kesehatan, berbagai jabatan pernah ia emban diantaranya menjadi Kepala Rumah Sakit Umum, Ende, Flores tahun 1964-1968, Kepala Seksi Perijinan pada Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi NTT, Kupang tahun 1979-1980, Kepala Bidang Bimbingan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Masyarakat (BPPKM) pada Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi NTT, Kupang tahun 1980-1985.

Untuk mendukung kiprahnya dalam dunia kesehatan, Nafsiah memperdalam ilmu kesehatan di berbagai negara. Untuk kesehatan anak, Nafsiah menempuhnya di Amsterdam, Belanda. Sedangkan ilmu kesehatan masyarakat, ia mengambilnya di Royal Tropical Institute, Antwerpen, Belgia. Di Royal Tropical Institute inilah, ia berhasil meraih gelar master of public health (MPH) pada tahun 1990-1991. Nafsiah juga mengambil pendidikan untuk mendalami HIV/AIDS di Harvard University, Amerika Serikat.

Tidak hanya menjadi praktisi kesehatan, Nafsiah juga pernah duduk di Senayan sebagai anggota MPR/DPR 1992-1997. Sedangkan pengalamannya dalam organisasi internasional adalah menjabat sebagai Ketua Komite PBB untuk Hak-hak Anak, satu-satunya orang Asia yang pernah mendapat posisi tersebut pada tahun 1997-1999. Kemudian sebagai Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Department of Gender and Women's Health pada World Health Organization Pusat di Geneva, Swiss yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa antara tahun 1999-2002.

Ia juga pernah duduk sebagai Wakil Ketua Komnas Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
, Konsultan Family Health International/Aksi Stop AIDS 2005-2006 dan menjabat sebagai Sekretaris KPA Nasional sejak tahun 2006. Sebagai Sekretaris KPA, ia telah berkeliling Indonesia mensosialiasikan bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat.

Nafsiah, ibu dari tiga anak ini telah mempublikasikan puluhan karya yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Ia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya Satya Lencana Bhakti Sosial dari Presiden Republik Indonesia tahun 1989, Fellow of the Australia-Indonesia Institute tahun 1993, penghargaan dari Asia HRD Congress tahun 2008 dan penghargaan Soetomo Tjokronogoro yang diberikan oleh PB-IDI pada tahun 2009. Bio TokohIndonesia.com | san, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 26 Jun 2012  -  Pembaharuan terakhir 19 Oct 2012
Sutradara Indonesia Yang Dikenal Dunia Aslog Kepala Staf Tni Au

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Bersikaplah gembira, murah hati, bersuka-cita dan mampu memaafkan. Ya, Anda bisa memiliki semua sikap itu sekalipun Anda miskin harta sama sekali! Tersenyumlah senantiasa sekalipun orang memusuhi Anda. Sang Buddha Tertawa akan menunjukkannya kepada kita.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: