WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Ketua MA Keempat

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Ketua MA Keempat
Soebekti | Ensikonesia.com | MA

Prof. R. Soebekti, SH, Ketua Mahkamah Agung RI Keempat (1968-1974), lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 14 Mei 1914 dan meninggal di Bandung, Jawa Barat, 9 Desember 1992 pada usia 78 tahun. Guru besar hukum perdata Fakultas Hukum UI itu sebelumnya menjabat Wakil Ketua Mahkamah Agung (1962-1968).

Ketua Mahkamah Agung (1968-1974)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Soebekti

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Soebekti

QR Code Halaman Biografi Soebekti
Bio Lain
Click to view full article
Sanusi Pane
Click to view full article
Maya Hasan
Click to view full article
Mochtar Kusumaatmadja
Click to view full article
Ade Suarsa
Click to view full article
Taufiq Kiemas
Click to view full article
Antasari Azhar
Click to view full article
Rima Melati

Pendahulunya menjabat Ketua MA adalah Soerjadi (1966-1968). Kemudian, Soerjadi digantikan oleh Prof. Oemar Seno Adji (1974-1981). Soebekti setelah menyelesaikan pendidikan di Rechtshogeschool (sekarang Fakultas Hukum UI), dia mengawali karir sebagai hakim Pengadilan Negeri Semarang (1942-1944).

Hanya dua tahun sebagai hakim, dia langsung dipercaya menjabat Ketua Pengadilan Negeri Purworejo (1944-1946). Kemudian, menjabat Panitera Mahkamah Agung RI (1946-1952) sebelum diangkan menjabat Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Makasar (1952-1955). Setelah itu, dia dipercaya menjabat Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta (1955-1958).

Selain aktif dalam jabatan hakim karir, dia juga aktif dalam bidang pendidikan. Bahkan sejak tahun 1957 dia sudah diangkat sebagai guru besar dalam bidang hukum perdata Fakultas Hukum UI. Pada tahun 1964 dipercaya menjabat Dekan Fakultas Hukum UI. Bahkan pernah menjabat Rektor Universitas Krisnadwipayana, Jakarta (1958).

Tiga tahun menjabat Ketua PT Jakarta, dia dipercaya menjadi Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI (1958-1962). Kemudian menjabat Wakil Ketua Mahkamah Agung (1962-1968), sampai akhirnya menjabat Ketua Mahkamah Agung RI (1968-1974).

Selain aktif dalam jabatan hakim karir, dia juga aktif dalam bidang pendidikan. Bahkan sejak tahun 1957 dia sudah diangkat sebagai guru besar dalam bidang hukum perdata Fakultas Hukum UI. Pada tahun 1964 dipercaya menjabat Dekan Fakultas Hukum UI. Bahkan pernah menjabat Rektor Universitas Krisnadwipayana, Jakarta (1958).

Setelah pensiun, dia menjabat Dekan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung (1975-1988). Juga menjabat Ketua Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), 1977, dan Staf Ahli Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Departemen Kehakiman.

Dia juga banyak menulis buku yang menjadi rujukan bagi para mahasiswa dan para praktisi hukum. - Bersama dengan R. Tjitrosoediro, dia menerjemahkan Burgelijke Wetboek (BW) menjadi Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau KUH Perdata. Juga menerjemahkan KUH Dagang, UU Kepailitan, dan Kamus Hukum.[1] Buku  Kamus Hukum, diterbitkan Pradnja Paramita, 1969.

Selain itu, dia juga menulis buku: Politik dan dukum, 1991; Hukum Adat dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung; Pokok-pokok Hukum Perdata, Intermasa, 1989; Unsur-Unsur Perjanjian; dan Aneka Perjanjian Ekonomi, Alumni Bandung, 1979. Penulis: CRS | Bio TokohIndonesia.com


Footnote:
[1] Prof. R. Soebekti, SH http://www.citraaditya.com/pengarang.php?id=126

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 24 Mar 2012  -  Pembaharuan terakhir 26 Mar 2012
Muda Berkarakter Dan Visioner Kearifan Timur Jusuf Tai Chi Sutanto

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Jusuf Kalla

Tokoh Monitor

Jual Buku-buku Pilihan

Buku Pilihan

thumb

Sebagai seorang manajer, Anda bertanggung jawab untuk meraih hasil terbaik dari upaya-upaya mental, emosi, dan fisik yang telah diberikan karyawan Anda. Bukan hanya meraih keuntungan investasi... melainkan keuntungan energi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: