WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Sosok Pendeta Bersahaja

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Sosok Pendeta Bersahaja
Sularso Sopater | TokohIndonesia.com | ITPPB

Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia (DPA RI) dan mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) ini lahir di Yogyakarta, 9 Mei 1934. Ia seorang pendeta yang hidup bersahaja dalam iman kristiani yang tekun. Gaya hidupnya menjadi teladan bagi para pendeta dan banyak orang.

Ketua Umum PGI (1989-1998)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Sularso Sopater

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Sularso Sopater

QR Code Halaman Biografi Sularso Sopater
Bio Lain
Click to view full article
Maria Farida Indrati
Click to view full article
Saut Situmorang
Click to view full article
Karel Satsuit Tubun
Click to view full article
Valerine J.L. Kriekhoff
Click to view full article
Lusy Rachmawati
Click to view full article
Imran
Click to view full article
Novriantoni

Pendeta Gereja Kristen Jawa (GKJ) ini pernah menjabat Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Lembaga Pembinaan Kader GKJ/GKI Jawa Tengah, berkedudukan di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Meraih gelar Master Teologi di Grand Rapids Michigan USA tahun 1975, lalu mengajar dokmatika di STT Jakarta sejak tahun 1978. Gelar doktor teologi diperoleh dari STT Jakarta. Sejak tahun 1989 sampai 1998 menjadi Ketua Umum PGI.

Sularso Sopater menyatakan, inti dari Paskah dikaitkan dengan kehidupan berbangsa, bagaimana kita bangkit dari keterpurukan itu, maka kebangkitan dari keterpurukan hanya mungkin apabila ada pengharapan. Elite politik diharapkan supaya betul-betul mengerahkan potensi untuk membawa bangsa ini keluar dari keterpurukan.

"Saya mengharapkan pluralitas kita bisa bertumbuh lebih alamiah. Sekaligus bisa mengurangi pandangan-pandangan sempit yang bisa bermuara pada teror-teror, yang pada akhirnya tidak ketahuan mau ke mana: hanya mau melampiaskan kemarahan dengan cara yang sukar dimengerti,"

"Bangsa Indonesia memang jatuh luar biasa dalam. Hanya dengan kemauan keras dan komitmen pemimpin yang kita harapkan terpilih supaya bisa dipanggil oleh patriotisme yang terdalam. Kalau semua hanya berpikir bahwa dirinya sudah keluar banyak uang, atau bagaimana membayar kembali semua pengeluaran untuk kampanye, maka akan menemui kebuntuan. Jadi, mesti ada semangat yang baru," kata Sularso Sopater.

Terhadap masa lalu yang buruk, kita harus melakukan introspeksi yang memberi pembelajaran bagi kita untuk tidak mengulang kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan.

"Saya mengharapkan pluralitas kita bisa bertumbuh lebih alamiah. Sekaligus bisa mengurangi pandangan-pandangan sempit yang bisa bermuara pada teror-teror, yang pada akhirnya tidak ketahuan mau ke mana: hanya mau melampiaskan kemarahan dengan cara yang sukar dimengerti," lanjutnya.

Jadi, kata Sularso, banyak sekali pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan tanpa harus saling menyalahkan. Belajar bersama memperbaiki kesalahan akan menjadi lebih positif. "Kalau hanya saling melempar kesalahan, maka tidak akan ada henti-hentinya. Prinsip-prinsip etik yang mendasar yang harus diamini bersama-sama adalah kebenaran, kejujuran, ketangguhan, ketekunan, dan disiplin," ujar Sularso. Penulis: CRS | Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 29 Dec 2011  -  Pembaharuan terakhir 02 May 2013
Bin Ada Di Mana Mana Pembongkar Konspirasi Pki Rrc

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

KPK Observer

Buku Pilihan

thumb

Cameragenic atau Auragenic? Temukan jawabannya dalam Camera Branding!

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: