WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Ibu Teater Koma

Ibu Teater Koma
Ratna Riantiarno | TokohIndonesia.com | Republika.co.id

Bersama suaminya, Ratna Riantiarno mempopulerkan seni teater lewat Teater Koma yang mereka dirikan di tahun 70-an. Ketua Dewan Kesenian Jakarta (1996-2003) ini juga melakoni peran sebagai aktris film layar lebar dan mengelola berbagai festival seni-pertunjukan baik itu teater, tari, maupun musik, berskala nasional dan internasional.

Seniman Teater
Lihat Curriculum Vitae (CV) Ratna Riantiarno

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Ratna Riantiarno

Perempuan kelahiran Manado, 23 April 1952 dengan nama Ratna Madjid ini telah menunjukkan kecintaannya pada dunia seni sejak duduk di bangku SD. Pilihan pertamanya saat mulai berkecimpung di bidang kesenian jatuh pada tari Bali. Guru tari pertamanya bernama I Wayan Supartha. Tari Chandra Mettu menjadi tari Bali yang pertama dikuasainya.

Setelah dirasa cukup mahir, Ratna mulai tampil di berbagai acara guna memperkenalkan kesenian Indonesia. Juara I Tari Bali se-DKI Jakarta ini kemudian mendirikan kelompok tari Saraswati bersama beberapa kawannya dari Direktorat Kesenian. Pada 1970, ketika Taman Ismail Marzuki (TIM) diresmikan, ia berkesempatan menjadi salah satu penari dalam acara tersebut. Pengalaman yang paling mengesankan baginya sebagai penari adalah saat ia mendapat kehormatan untuk tampil di depan PM India, Indhira Gandhi, yang sedang melawat ke Jakarta. Ratna bahkan didapuk menjadi penari utama yang menghibur Richard Nixon saat tokoh dari Amerika Serikat itu bertandang ke Jakarta. Pada kesempatan lain, lewat tarian pula, ia ikut dalam rombongan misi kesenian Indonesia ke berbagai negara seperti Amerika, Perancis, Jepang, Hongkong dan Singapura.

Perkenalannya pada dunia seni peran khususnya teater dimulai secara tak sengaja saat ia menyaksikan penampilan Teater Kecil pimpinan Arifin C. Noer. Ratna yang ketika itu mulai beranjak remaja begitu terpukau melihat keunikan seni teater terutama totalitas para pemainnya saat memainkan berbagai karakter. Dari situlah Ratna mulai tertarik untuk ikut serta belajar seni teater. Orangtuanya sendiri sebenarnya kurang menyetujui pilihan anak ke-4 dari 9 bersaudara itu. Kendati demikian, Ratna gigih mempertahankan keinginannya karena sudah terlanjur jatuh cinta pada teater. Sadar tidak mendapat dukungan, Ratna kemudian berusaha hidup mandiri dengan bekerja sebagai sales otomotif di Toyota Astra. Semua itu ia lakukan agar dapat terus menekuni hobi berkeseniannya tanpa membebani orangtua.

Silakan LOGIN untuk membaca kelanjutannya
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 07 Nov 2011  -  Pembaharuan terakhir 09 Jul 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

KPK Observer

Buku Pilihan

thumb

Dengan membaca buku ini, Anda diajak untuk selalu merenungi, mengintrospeksi, dan memperbaiki diri sendiri untuk kemudian hijrah menuju pribadi yang lebih manusiawi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: