WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Advokat Negarawan

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Advokat Negarawan
Sartono | TokohIndonesia.com | Kemsos

Sartono, bernama lengkap Mr. Raden Mas Sartono, keturunan bangsawan Jawa, kelahiran Slogohimo, Wonogiri, 5 Agustus 1900 dan meninggal di Jakarta, 15 Oktober 1968 pada umur 68 tahun. Advokat negarawan ini adalah pejuang kemerdekaan Indonesia lulusan Meester in de Rechten dari Universitas Leiden Belanda (1926). Dia Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pertama, 1950-1959.

 

Ketua DPR Pertama, 1950-1959
Lihat Curriculum Vitae (CV) Sartono

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Sartono

QR Code Halaman Biografi Sartono
Bio Lain
Click to view full article
Sarkasi Said
Click to view full article
Irsan Tanjung
Click to view full article
Emilia Contessa
Click to view full article
Yusril Djalinus
Click to view full article
Benny Susetyo
Click to view full article
Paskah Suzetta
Click to view full article
Agus Suhartono
BERITA TERBARU

Sebelumnya, dia menjabat ketua parlemen sementara (DPRS) pada Republik Indonesia Serikat (1949). Dia juga menjabat Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Negara pada Kabinet I. Dia juga satu dari 67 Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritu Zyunbi Tyoosa Kai.

Sebagai keturunan bangsawan, Sartono berkesempatan mengecap pendidikan di HIS, MULO, AMS, dan Sekolah Hakim Tinggi (Rechtschool) di Jakarta tamat tahun 1922. Lalu melanjut ke Universitas Leiden Belanda hingga meraih gelar Meester in de Rechten pada tahun 1926.

Dia juga berprofesi sebagai Advokat, Anggota Tyuuoo Sangi In. Sartono yang Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
berbagai organisasi pergerakan itu membuka praktek pengacara di Bandung (1925). Dia bersama Mr. Sastromoeljono dan Mr. Iskaq Tjokroadisoerjosalah menjadi pembela perkara Soekarno. Pada tahun 1937, telah menjadi pengacara pada Mahkamah Agung Hindia Belanda.

Dia juga berprofesi sebagai Advokat, Anggota Tyuuoo Sangi In. Sartono yang Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
berbagai organisasi pergerakan itu membuka praktek pengacara di Bandung (1925). Dia bersama Mr. Sastromoeljono dan Mr. Iskaq Tjokroadisoerjosalah menjadi pembela perkara Soekarno. Pada tahun 1937, telah menjadi pengacara pada Mahkamah Agung Hindia Belanda.

Selain itu, da aktif dalam pergerakan Perhimpunan Indonesia sebagai Sekretaris.Juga aktif sebagai Wakil Ketua Pengurus Harian Partai Nasional Indonesia. Lalu, ketika PNI dibubarkan, dia turut mendirikan Partindo bersama-sama dengan Suwirjo menjadi ketua. Kemudian, ketika Partindo dibubarkan, diganti Gerindo, dia sebagai wakil ketua.

Sartono zang melepas kebangsawanannza dalam kehidupan sehari-harinya itu juga aktif pada Gerakan Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
koperasi
Karet di Leuwilliang, Jawa Barat (1934-1940). Gerakan ini berhasil mendirikan 18 Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
koperasi
Karet dan 12 Pabrik Karet.

Dalam Kabinet RI pertama, Sartono diangkat menjadi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Negara (1945) dan menjadi Penasehat Umum dalam Delegasi RI pada Perundingan Roem Royen. Sesudah tercapai persetujuan Roem-Royen, dia menjadi penasihat umum delegasi RI ke KMB. Dalam BPKNIP, menjadi Ketua Anquet Komisi Tentang Pemogokan Delanggu.[1]

Bulan Desember 1948 menjabat Ketua Misi Jasa-jasa baik RI ke Negara Indonesia Timur. Semasa RIS menjabat sebagai Ketua DPRS. Tahun 1956 menjadi Ketua DPRS, kemudian Pembantu Sementara Jabatan Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
. Tanggal 8 Maret 1962 sebagai Wakil Ketua DPA, dan tanggal 22 Mei 1962 Anggota Panitia Negara untuk Peninjauan kembali Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum MPR/DPR/DPRD Tingkat I dan Tingkat II. Penulis: Tian Son Lang | Bio TokohIndonesia.com

Footnote:
[1] http://www.jakarta.go.id/jakv1/encyclopedia/detail/2745

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 26 Jul 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Berdiri Di Atas Kaki Sendiri Berdiri Di Atas Kaki Sendiri

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

KPK Observer

Buku Pilihan

thumb

Dalam catatan sejarah perang, kita dapat menemukan beberapa pertempuran klasik, yaitu kiprah militer yang dikagumi para pemimpin militer dan sejarawan selama berabad-abad. Cannae adalah salah satu pertempuran demikian. Dipimpin oleh Hannibal Barca, seorang pemimpin perang yang mampu mempersatukan berbagai suku bangsa, dan membuktikan kehebatan strateginya dengan memukul mundur pasukan Romawi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: