WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Wartawan Legendaris Indonesia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Wartawan Legendaris Indonesia
Rosihan Anwar | TokohIndonesia.com | Dokpri

OBITUARI | H Rosihan Anwar, Sang Wartawan Legendaris Indonesia, meninggal dunia dalam usia 89 tahun pada pukul 08.15 WIB Kamis, 14 April 2011 di Rumah Sakit MMC Jakarta. Wartawan lima zaman kelahiran Sumatera Barat, 10 Mei 1922, itu telah menulis sejak zaman penjajahan Belanda hingga akhir hayatnya.  Di usia senjanya (80-an tahun), dia masih aktif menulis di berbagai media massa dan menulis buku. Bukunya yang terakhir adalah Sejarah Kecil (Petite Histoire) Indonesia Jilid IV (Penerbit Buku Kompas, November 2010). Bahkan pada detik dan hari akhir hayatnya dia sedang merampungkan memoar kehidupan cintanya dengan sang isteri tercinta dengan judul Belahan Jiwa, Memoar Rosihan Anwar dengan Siti Zuraida.

Wartawan Budayawan
Lihat Curriculum Vitae (CV) Rosihan Anwar

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Rosihan Anwar

QR Code Halaman Biografi Rosihan Anwar
Bio Lain
Click to view full article
Edith Dumasi T Nababan
Click to view full article
J Drost SJ
Click to view full article
Agus Suhartono
Click to view full article
Andreas Hugo Pareira
Click to view full article
Agus Martowardojo
Click to view full article
Usman Ismail
Click to view full article
Darwis Triadi

Rosihan Anwar masuk Ruang Gawat Darurat RS MMC Jakarta sejak Senin (7/3/2011) karena gangguan serangan jantung. Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
lima zaman, dari zaman kolonial Belanda, pendudukan Jepang, Orde Lama, Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Orde Baru
, hingga Orde Reformasi, itu sebelumnya menjalani operasi bedah (by pass) jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka Jalan Surabaya No.13, Menteng, Jakarta Pusat. Kemudian dimakamkan dengan upacara militer di Taman Makam Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Kalibata, Jakarta, pukul 16.00 WIB Kamis, 14 April 2011.

-Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
dan Ibu Negara Ibu Negara 2004-2014
Ibu Negara 2004-2014
Ani Yudhoyono
turut melayat dan memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Wartawan Budayawan
Wartawan Budayawan
Rosihan Anwar
di rumah duka di Jalan Surabaya Nomor 13, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2011).

Presiden mengatakan, Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh bangsa yang patut dicontoh. Presiden menyebut Rosihan sebagai Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
segala zaman sekaligus pelaku sejarah. Pada kesempatan tersebut, Presiden berharap ada Rosihan-Rosihan muda yang muncul di Indonesia, yang mempu memajukan dunia pers, seni, budaya, dan film.
Seusai melayat, Presiden, kepada para Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
, mengaku terkesan dengan sosok Rosihan, wartawan sekaligus penulis "Saya masih ingat ketika beberapa kali berdialog. Terakhir saya berdialog dengan beliau di Istana Negara. Beliau menyampaikan pandangan kritisnya dengan penuh tanggung jawab dan niat yang baik," kata Presiden.

Presiden mengatakan, Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh bangsa yang patut dicontoh. Presiden menyebut Rosihan sebagai wartawan segala zaman sekaligus pelaku sejarah. Pada kesempatan tersebut, Presiden berharap ada Rosihan-Rosihan muda yang muncul di Indonesia, yang mempu memajukan dunia pers, seni, budaya, dan film.

Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
(SBY) yang melayat bersama Ibu Negara Ibu Negara 2004-2014
Ibu Negara 2004-2014
Ani Yudhoyono
pukul 14.00 WIB menyatakan rasa salut dengan sikap kritis yang ditunjukkan wartawan senior tersebut. Menurut Presiden, kekritisan Rosihan tidak pernah lekang oleh waktu. Menurut Presiden, dilihat dari perjalanan hidupnya, Rosihan selalu kritis mengalami pasang surutnya sejarah sebagai pelaku, baik pada zaman penjajahan, era Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Presiden Soekarno
, era Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Soeharto
, hingga era reformasi.

"Beberapa kali terhadap saya beliau juga kritis. Tapi kami bersahabat dan saya masih ingat ketika dalam beberapa dialog beliau hadir yang terakhir kali di Istana Negara, beliau menyampaikan pandangan-pandangan yang kritis tapi juga penuh tanggungjawab dan niat baik," kenang Presiden. Maka, Presiden menilai, dengan meninggalnya Wartawan Budayawan
Wartawan Budayawan
Rosihan Anwar
, bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh besar, yang bukan hanya dikenal sebagai wartawan senior saja. "Kita telah kehilangan tokoh segala zaman Bung Wartawan Budayawan
Wartawan Budayawan
Rosihan Anwar
. Kita kenal beliau bukan hanya sekadar wartawan tapi juga sastrawan, budayawan dan juga tokoh film," kata Presiden. Presiden berharap, semoga di negeri ini muncul Rosihan Anwar Rosihan Anwar yang baru, jadi tokoh besar yang memajukan, baik dunia media massa, dunia seni dan budaya, dunia perfilman, dan dunia sastra.

Wakil Presiden Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Boediono
menyebut Rosihan Anwar adalah seorang saksi Guru Besar UGM
Guru Besar UGM
sejarah Indonesia
yang sejumlah karyanya sangat berguna bagi generasi muda mendatang. "Beliau adalah saksi Guru Besar UGM
Guru Besar UGM
sejarah Indonesia
dan memiliki penuh karya yang mendokumentasikan sejarah perjalanan bangsa ini yang sangat berguna bagi generasi mendatang," kata Wapres Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Boediono
kepada pers, saat melayat di rumah duka. Dua minggu sebelumnya Wapres Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Boediono
sempat menjenguk Rosihan di Rumah Sakit Harapan Kita usai menjalani operasi jantung. Menurut Boediono, kondisinya saat itu terlihat bugar. "Semangatnya begitu tinggi, wajahnya begitu ceria saya sangat bahagia melihat beliau seperti itu," kata Wapres.

Mantan Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Penerangan era Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Orde Baru
Menteri Penerangan (1983-1997) dan Ketua DPR/MPR (1997-1998)
Menteri Penerangan (1983-1997) dan Ketua DPR/MPR (1997-1998)
Harmoko
yang juga datang melayat menyebut Rosihan Anwar seorang wartawan yang menjadi benteng terakhir kebebasan pers. "Lama-lama benteng kebebasan pers tidak ada," kata Menteri Penerangan (1983-1997) dan Ketua DPR/MPR (1997-1998)
Menteri Penerangan (1983-1997) dan Ketua DPR/MPR (1997-1998)
Harmoko
yang tampak berduka. Sebab menurut Menteri Penerangan (1983-1997) dan Ketua DPR/MPR (1997-1998)
Menteri Penerangan (1983-1997) dan Ketua DPR/MPR (1997-1998)
Harmoko
, sangat sulit menemukan tokoh pers seperti Rosihan. "Almarhum dikenal pandai menulis tema apa saja. Dari tema politik, hingga dunia hiburan. Beliau ini pejuang dan seorang wartawan yang generalis. Pernah jadi wartawan perang, pernah jadi wartawan film," kata mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu.

Sementara, mantan Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Luar Negeri Menko Kesra (2004 - 2005)
Menko Kesra (2004 - 2005)
Alwi Shihab
mengatakan kita kehilangan tokoh besar pers nasional. Dia menyebut Rosihan Anwar seorang wartawan yang berani menyuarakan kebenaran dan mempunyai pendirian teguh walaupun di tengah ancaman. "Walau dinamika politik terus berubah, beliau selalu berada di garis depan dalam menyuarakan kebenaran," kata Menko Kesra (2004 - 2005)
Menko Kesra (2004 - 2005)
Alwi Shihab
saat melayat di rumah duka. Alwi menyebut Rosihan adalah sosok wartawan yang produktif dan menjunjung tinggi idealisme. "Dia terus berkarya meski usianya sudah lanjut. Generasi muda harus belajar banyak dari beliau dan membaca tulisan-tulisan beliau," kata Alwi.

Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Suparman Marzuki mengatakan Indonesia kehilangan Rosihan, seperti kehilangan dokumen hidup, karena Rosihan menjadi saksi sejarah bangsa selama ini. "Kita kehilangan seorang jurnalis sejati. Yang memegang teguh prinsip-prinsip pers. Beliau itu dokumen hidup," ujar Suparman Marzuki kepada pers di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta Pusat, Kamis (14/04/2011).

Tokoh pendidikan Arief Rahman menyebut Rosihan memiliki sosok sebagai guru dan pendidik bangsa ini. Di mata Arief, Rosihan sangat mencermati masalah nilai-nilai budaya dan demokratisasi, dimana kebebasan berekspresi dijamin dengan baik oleh negara. "Tidak hanya itu, Rosihan Anwar sangat sabar dalam menghadapi tantangan, tidak bermuka dua dan plin-plan dalam menegakan prinsipnya," kata Arief saat melayat ke rumah duka Kamis.

Ketua Dewan Pers periode 2000-2003, Atmakusumah Astraatmadja menyebut Rosihan Anwar seorang tokoh yang tak kenal kompromi untuk memperjuangkan kebebasan berekspresi dan kemerdekaan pers nasional. "Mari kita tundukkan kepala sejenak untuk menghormati jasa Pak Ros, terutama dalam memperjuangkan kebebasan pers di negeri ini," katanya kepada peserta Lokakarya Jurnaslitik Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS)-Dewan Pers dan Kedutaan Norwegia di Balikpapan, Kamis 14/4/2011. Di mata Atmakusumah Pak Ros emiliki semangat yang tidak pudar untuk memajukan pers nasional. "Semangatnya ini dibuktikannya secara langsung, antara lain dengan tetap menulis secara jernih, lugas dan tetap sering tanpa kompromi menanggapi berbagai masalah sosial sampai akhir hayatnya," ujar mantan wartawan dan ketua pekerja Kantor Berita ANTARA tersebut.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers Ridho Eisy, sosok Rosihan Anwar merupakan penulis handal dan konsisten hingga akhir hayatnya. "Bhkan saat tidak memiliki media pun, Rosihan tetap menulis menceritakan fakta dan kondisi bangsa pada buku hariannya," katanya. Ridho Eisy mengungkapkan sat zaman Orde Lama, media Pak Rosihan Anwar yaitu Pedoman dibredel. "Tapi beliau tidak lupa menulis. Beliau tulis semua fakta dan kondisi di buku harian yang kemudian diterbitkan dalam buku berjudul Sebelum Prahara," kata Ridho Kamis (14/4/2011). Bio TokohIndonesia.com | tsl

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 14 Apr 2011  -  Pembaharuan terakhir 22 Jun 2012
Anita Moran Dan Dunia Remaja Identik Dengan Jak Jazz

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Kunci sukses untuk dapat mempergunakan bahasa Inggris hanya dengan mempraktekkan baik melalui tulisan, pembacaan, pelafalan, maupun percakapan yang dimulai semenjak masih kanak atau berusia remaja. Melalui buku ini, insan remaja akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan bahasa Inggris dengan mudah, cepat, dan menyenangkan.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: