WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Top Eksekutif Keuangan Dunia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Top Eksekutif Keuangan Dunia
Laurence Manullang | TokohIndonesia.com - Wilson Edward

Doktor ekonomi bidang manajemen akuntansi ini dikenal handal dalam teori dan terdepan dalam aplikasi. Pendiri, Rektor Universitas Timbul Nusantara (STIE IBEK) ini disegani sebagai seorang pemikir brilian dan top eksekutif keuangan dunia yang handal. Mantan Vice President of IAFEI, ini di mata para top eksekutif keuangan dunia, memiliki kompetensi dan jaringan luas untuk mengelola keuangan dan badan usaha negara dalam kapasitas decisive (menteri).

Pendiri dan Rektor Universitas Timbul Nusantara - IBEK
Lihat Curriculum Vitae (CV) Laurence Manullang

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Laurence Manullang

QR Code Halaman Biografi Laurence Manullang
Bio Lain
Click to view full article
Sari Bahagiarti Kusumayudha
Click to view full article
Anissa Pohan
Click to view full article
Johannes Soerjoko
Click to view full article
Lisa A Riyanto
Click to view full article
Bustanil Arifin
Click to view full article
Armand Maulana
Click to view full article
Agus Wirahadikusumah

Pemikiran brilian dan fenomenal yang disampaikannya dalam Kongres Sedunia IAFEI (International Association of Financial Executive Institute) di Atlanta, AS (1979), telah menjadi penggerak utama yang bergulir bagai bola salju, mengubah wajah paradigma eksekutif keuangan di berbagai perusahaan berskala dunia. Dia adalah orang pertama di dunia yang mempresentasikan terjadinya pergeseran paradigma peranan eksekutif keuangan dari sekadar eksekutif biasa menjadi eksekutif inti.

Ketika itu, dalam forum Kongres Sedunia IAFEI di Atlanta, AS (1979), itu dalam makalah berjudul The Changing Roles of Controllers, dia mempresentasikan sekaligus menyosialisasikan terjadinya pergeseran pradigma peranan eksekutif keuangan dari eksekutif biasa menjadi eksekutif inti yang bukan hanya terlibat dan berperan mendesain financial strategy, namun mempunyai andil besar secara induktif merumuskan manajemen strategi dalam ruang lingkup lebih luas.

Presentasinya itu telah menjadi penggerak utama, sebagai snow ball atau bola salju bergulir, meyakinkan berbagai perusahaan berskala dunia bahwa peranan eksekutif keuangan tidak kalah pentingnya dari peranan seorang presiden Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
. Semua lalu terkesima, kagum dan tersadar dibuatnya. Usai itu, gengsi, gaji, kehormatan, martabat hingga penghargaan atau reward terhadap eksekutif keuangan mulai dihargai lebih tinggi dibandingkan eksekutif bidang lain.

Pemikiran yang brilian itu mengantarkan putera bangsa kelahiran Porsea, Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
12 September 1941, yang sudah yatim-piatu pada usia delapan tahun, ini terpilih menjadi Chairman of IAFEI for Asean di kongres sedunia IAFEI di Atlanta saat itu (1979). Bahkan dalam kongres sedunia IAFEI tahun berikutnya (1980) di Sydney, Australia, dia terpilih secara aklamasi sebagai Vice President of IAFEI (Wakil Presiden IAFEI). Sebelumnya (1978), dia sudah terpilih sebagai Main Speaker dalam IAFEI World Congress di Buiness Airies, Argentina.

Sejak itu, namanya nyaris melegenda khususnya dalam kalangan eksekutif keuangan dunia. Undangan demi undangan membanjiri Presiden Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
PT IBEK Network (Business Inteligent Service) ini untuk menjadi pembicara seminar di dalam dan luar negeri. Dalam manajemen modern jika para manajer dihargai berdasarkan kinerjanya, you are paid and awarded by performance, demikian pula terhadap Laurence. Karena kepakaran, dia menjadi populer, baik di kalangan ekonom, akuntan, financial expert di dalam negeri dan luar negeri.

Dia telah memimpin lebih 75 seminar dalam pelbagai segmen dari MBO, IMF and World Bank Roles in Developing Countries, Taxation, Capital Market dan Investment Opportunities. Juga telah menghadiri paling sedikit 10 pertemuan internasional. Di samping itu, dia sudah beberapa kali mengikuti kongres FIDIC, Asosiasi Konsultan Internasional dan menjadi anggota delegasi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Pekerjaan Umum melakukan studi banding ke Bejing 1990.

Top eksekutif dunia yang memulai debutnya dari accounting manajer, controller, financial director hingga president director di beberapa perusahaan nasional dan multinasional, ini sampai-sampai ditetapkan sebagai visiting proffesor dalam bidang financial management di Pittsburg State University, salah satu perguruan tinggi negeri bergengsi di negara bagian Kansas, AS. Di universitas yang sama, dia pun dianugerahi Doctor of Accounting.

Makalah yang dia bawakan di Atlanta, bertajuk The Changing Roles of Controllers, itu kemudian dikembangkan dan dimanifestasikan menjadi Financial Management Suddenly Become Important sebagai sebuah pidato pengukuhannya menjadi Guru Besar tamu (Visiting Profesor) di Pittsburg State University, Kansas, Amerika Serikat itu.

Pidato dan pengukuhan guru besar yang berlangsung di Bangkok, tahun 1989, itu dihadiri para petinggi Thailand antara lain Secretary to His Majesty the King of Thailand, Secretary General of the Association of ASEAN of Higher Learning, Dean of Chula Longkorn University, Chairman of Institute of Technology, Rector Ramkhamhaeng University, Commander in Chief Royal Thai Army, dan ratusan undangan penting lainnya.

Sama seperti saat berpidato di Atlanta tahun 1979, dalam pidato pengukuhan Guru Besarnya itu, Laurence Manullang mengajukan aksiomanya tentang delapan tanggungjawab eksekutif keuangan, yakni sebagai diagnotist, planner, controlling, directing, accounting information system expert, financial executive, dan top management. (Baca Tulisan dalam Boks: Aksioma 8 Tanggungjawab Eksekutif Keuangan).

Suatu hari, pada lebih satu dekade silam, sebuah media di Jakarta mengisahkan tentang suatu perusahaan asing yang menugaskan seorang staf yang kerjanya tiap hari hanya mengumpulkan berita atau bahan apa saja mengenai Laurence A. Manullang. Tema seminarnya diburu. Segala majalah dan koran setiap hari disortir. Asal ketemu artikel tulisan Manullang atau berita presentasi dan wawancaranya, semuanya dikliping dan difile apik.

Lalu seseorang menanyakan hal tersebut ke pimpinan perusahaan itu, seorang expert warga AS: "Mengapa secara khusus harus mengkliping artikel dan wawancara Manullang?" Pimpinan perusahaan asing itu menjawab: "Analisis dan estimasi Mister Manullang setara dengan mahaguru ekonomi dan moneter di negeri kami." Dia memang seorang ekonom dan pakar moneter berskala dunia. Tian Son Lang (Diterbitkan juga di Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
Edisi 13)

 

Page 1 of 5 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh sira  -  Dibuat 18 Apr 2010  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Seniman Pelopor Angkatan 45 Founder Probesco Disatama

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Pastor and New York Times bestselling author Joel Osteen offers 90 days of inspirational devotions to help you become the best that you can be in every area of your life.

Note: 98% terawat, Hardcover, a must have.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: