WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Bangun Komunitas Masyarakat Baru

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Bangun Komunitas Masyarakat Baru
Zaenal Soedjais | TokohIndonesia.com - Ist

Dia memperoleh banyak kepuasan batin lewat berbagai pengabdian di beberapa BUMN. Dia sangat berperan membangun dan meningkatkan kinerja PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) sekaligus membangun sebuah komunitas masyarakat baru di Bontang. Dia juga berhasil menyelamatkan PT Asean Aceh Fertilizer (AAF) dari kebangkrutan bahkan sampai berhasil memberikan dividen 50 juta dolar AS selama ia bertugas di sana. Kemudian diperhadapkan pada aneka problematika PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang.

Predir Pusri Holding (2001-2004), Ketua Umum DPI dan Maporina
Lihat Curriculum Vitae (CV) Zaenal Soedjais

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Zaenal Soedjais

QR Code Halaman Biografi Zaenal Soedjais
Bio Lain
Click to view full article
Muhammad Ade Irawan
Click to view full article
George Djuhari
Click to view full article
KH Noer Alie
Click to view full article
Pandji Wisaksana
Click to view full article
Atiqah Hasiholan
Click to view full article
Jopie Item
Click to view full article
Advent Bangun

Keluar dari polemik apakah pabrik didirikan di off-shore atau on-shore di PKT, Zaenal Soedjais mulai menemukan sebuah dunia baru. Di sana dia bukan hanya berperan membangun dan meningkatkan kinerja perusahaan tetapi juga mebangun sebuah komunitas masyarakat baru. Dia membangun sarana infrastruktur, sistem, membangun desa dan sebagainya. Di sana ia bisa mewujudkan segala macam mimpi, pikiran dan obsesi yang sebelumnya tidak bisa dia wujudkan.

Di PKT, ia berperan dalam membangun tiga buah pabrik tambahan, membangun sebuah kawasan industri dan perumahan karyawan sebanyak 2.000 unit. Kepada karyawan yang sudah bekerja tiga tahun, dia menawarkan mendapatkan kepemilikan rumah tetapi lebih dahulu mesti terikat kerja. Dengan ikatan itu karyawan terpacu untuk bekerja loyal.

Bagi karyawan yang kebanyakan berasal dari pulau Jawa, ia meminta agar memutuskan hubungan psikologis dan Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
sosiologi
snya dengan Jawa. Sebab mereka, tadinya, jika anaknya hendak sekolah, dikirim ke Jawa, setiap sakit berobat ke Jawa, liburan pun ke Jawa.

Kalau liburan, karyawan juga ke Jawa, tentu orang sekampung akan menganggapnya sinterklas yang banyak duit. Lalu kasih duit sana-sini. Ketika kehabisan uang, karyawan malah tidak bisa pulang untuk kembali bekerja.

Begitu juga setiap anak karyawan, jika hendak sekolah harus ke Jawa. Karyawan tentu saja tidak bisa konsentrasi bekerja jika harus memikirkan anak yang sekolah di Jawa. Begitu pula dengan masalah kesehatan, karyawan tak percaya pada rumah sakit yang ada di Bontang.

Zaenal akhirnya berkesimpulan harus membangun komunitas masyarakat baru yang bisa sekaligus memutuskan keterikatan dengan Jawa. Dia lalu mendirikan rumah sakit yang jauh lebih bagus dari rumah sakit di Jawa. Bikin sekolah yang lebih bagus dari Jawa. Untuk itu dia memanggil konsultan dari fakultas pendidikan di Malang. Minta profesornya dikirim ke Kalimantan Timur untuk memberikan pengajaran sistem pendidikan.

Di Bontang dibangun sekolah yang setara sekolah berkualitas di Jakarta. Dari SD sampai SMA bahkan Sekolah Luar Biasa (SLB) pun tersedia. Dia juga membentuk kelompok marching band supaya ada kebanggaan siswa. Anak Zaenal Soedjais sendiri, pada akhirnya meminta pindah dari Al Azhar Jakarta ke Bontang yang antara lain karena tertarik dengan marching band.

Marching band Pupuk Kaltim tidak tanggung-tanggung didukung oleh 200 alat lengkap. Untuk membenahi marching band itu, Soedjais memanggil pelatih, Konduktor, komposer, dan produser
Konduktor, komposer, dan produser
konduktor
, ahli dari Amerika yang sebelumnya di Sampoerna yakni Rene dan Andy yang waktu itu memperoleh bayaran 1.500 dolar AS/bulan.

Marching band Pupuk Kaltim selama bertahun-tahun selalu tampil juara grup. Tarakanita yang terkenal itu dikalahkan. Sejak dari itu, karyawan tak lagi menyekolahkan anaknya ke Jawa. Bahkan anak yang sempat sekolah di Jawa balik ke Bontang.

Ia juga membangun rumah sakit yang terbaik. Paling tidak untuk ukuran se Kalimantan. Rumahsakit Pupuk Kaltim akhirnya menjadi rujukan seluruh Kalimantan. Apa saja konfirmasinya datang ke RS Pupuk Kaltim. Sampai operasi kepala pun, digagas oleh Soedjais, suatu ketika harus di Kalimantan. Ahlinya dipanggil dari Jakarta walau mahal tapi menimbulkan kepercayaan.

Begitu pula, kalau berlibur, bukan lagi karyawan yang ke pergi Jawa, tetapi orangtuanya yang dipanggil dari Jawa.

Demikian pula mengenai pangan. Ia berhasil membuat program percontohan daerah pertanian terpadu seluas 10 hektar. Mulai dari sayur-mayur sampai ternak sapi. Dibuat percontohan bahwa daerah panas seperti Bontang bisa menanam dan menghasilkan tanaman daerah dingin seperti kol, tomat, wortel, dengan teknologi yang tepat. Akhirnya, Bontang yang sebelumnya mengandalkan pasokan makanan dari Surabaya dan mengimpor dari Singapura, menjadi mengekspor.

Bontang bukan hanya menjadi sumber pangan tetapi tempat rekreasi. Bontang menjadi contoh bagi orang-orang pertanian dari berbagai daerah, seperti Raja Gowa ke-16, dinobatkan pada tahun 1653
Raja Gowa ke-16, dinobatkan pada tahun 1653
Sulawesi Selatan
dan Tana Toraja. Sejak itulah impor pangan, telur ayam maupun ayamnya, sapi dan sayur-sayuran dihentikan total. Malah Pupuk Kaltim bisa ekspor ke tempat lain.

Sebagai bagian dari komunitas olahraga, Pupuk Kaltim juga membangun sebuah stadion yang bisa menampung 50.000 orang. Demikian pula dengan sasana tinju. Pupuk Kaltim mendatangkan petinju-petinju, mengadakan perebutan gelar tinju nasional dan internasional. Pupuk Kaltim juga berprestasi dalam kompetisi nasional bolavoli. Soedjais sendiri dipercaya menjadi Ketua PBVSI Propinsi Kalimantan Timur

Sewaktu Kapolri dijabat Jenderal Kapolri (1968-1971)
Kapolri (1968-1971)
polisi
Kunarto, demikian pula para Kapolri sebelumnya yang biasanya selalu menjadi ketua PBVSI, semua Ketua PBVSI tingkat propinsi selalu dirangkap oleh Kapolda, kecuali propinsi Kalimantan Timur yang dijabat oleh Zaenal Soedjais. Maka, kalau ada rapat, semua peserta yang hadir adalah Kapolda, kecuali Soedjais yang direksi PT Pupuk Kaltim. (Bersambung) ms,crs (Diterbitkan juga di Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
Edisi 12)

 

Page 1 of 7 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh marjuka  -  Dibuat 28 Apr 2004  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Ulama Ahli Fiqh Ditawar Berpasangan Marylin Monroe

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini menganalisis 10 sifat dalam diri Christian Hadinata yang menjadikan dia bermental juara, ditulis oleh para ahli psikologi,

Catatan Tuhor.com: Buku ini lebih banyak mengulas teori psikologi yang dipadu dengan sedikit biografi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: