Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Iman yang Bekerja Lewat Kasih

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Iman yang Bekerja Lewat Kasih
Mgr. Martinus Situmorang | TokohIndonesia.com | Hidup

Mgr. Martinus D. Situmorang, OFMCap, Ketua KWI (Konferensi Waligereja Indonesia), lahir di Palipi, Sumatera Utara, 28 Maret 1947. Mantan Uskup Padang ini menerima Tahbisan Imam sebagai pastor pada 5 Januari 1974. Kemudian menerima Tahbisan Uskup pada 11 Juni 1983, dengan moto tahbisan: "Fides per Caritatem Operatur" (Iman Bekerja lewat Kasih). Dia memimpin KWI dua periode yakni 2006-2009 dan 2009-2012.

Uskup, Ketua KWI (2006-2012)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Martinus D Situmorang

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Martinus D Situmorang

QR Code Halaman Biografi Martinus D Situmorang
Bio Lain
Click to view full article
Lim
Click to view full article
Bismar Siregar
Click to view full article
Wresniwiro
Click to view full article
Wim Umboh
Click to view full article
Valina Singka Subekti
Click to view full article
Fridolin Ukur
Click to view full article
Baharudin H Lisa

KWI merupakan Federasi Para Waligereja (Uskup) se Indonesia yang bertujuan menggalang persatuan dan kerjasama dalam tugas pastoral mereka memimpin umat Katolik Indonesia. KWI tidak "di atas" atau membawahi para Uskup; masing-masing Uskup tetap otonom. KWI tidak mempunyai cabang di daerah.[1]

Keuskupan bukanlah KWI daerah. Yang menjadi anggota KWI adalah para Uskup di Indonesia yang masih aktif. Oleh karena itu sampai sekarang jumlah anggotanya hanyalah 37 orang sesuai jumlah keuskupan di Indonesia, dimana satu keuskupan hanya dipimpin satu orang Uskup.

Setiap Uskup, karena tahbisannya, dengan sendirinya menjadi bagian dari jajaran para Uskup se dunia (Collegium Episcopale) dan bersama dengan para uskup se dunia, di bawah pimpinan Sri Paus, bertanggungjawab atas seluruh Gerja Katolik.

Para Uskup dalam satu negara bersama-sama membentuk suatu wadah kerjasama yang dinamakan Konferensi Para Uskup. Di dalam wadah ini mereka bekerjasama merundingkan dan memutuskan sesuatu mengenai umat katolik di seluruh negara tersebut. Seorang uskup adalah pimpinan Gereja setempat yang bernama keuskupan. Dengan demikian dia disebut juga Waligereja. Karena itu Konferensi para Uskup di Indonesia disebut Majelis Agung Waligereja Indonesia (MAWI) yang kemudian diubah menjadi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Mgr. Martinus D. Situmorang, OFMCap dalam pelayannya selalu mengedepankan kasih. Dia seorang uskup yang sangat peduli kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. Kasih kepedulian itu, tampaknya mendorongnya ikut bersama para tokoh lintas agama lainnya menyuarakan pesan moral agar tahun 2011 dijadikan sebagai tahun perlawanan atas kebohongan. Atas pernyataan terbuka 10 Januari di Kantor PP Pendiri Muhammadiyah 1912
Pendiri Muhammadiyah 1912
Muhammadiyah
, Jakarta, itu, Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
, mengundang sejumlah tokoh lintas agama tersebut, termasuk Mgr. Martinus D. Situmorang, OFMCap.

Sebelum menghadiri pertemuan dengan Presiden tersebut, Uskup Mgr Martinus Situmorang mengatakan, apa saja materi pembicaraan bergantung apa yang disampaikan Presiden. Tentu, karena Presiden yang mengundang, pasti Presiden dulu yang berbicara. "Kita akan tanggapi, apakah sambutan beliau menyinggung apa yang kita sampaikan (sebelumnya)," kata Mgr Situmorang. Dia menegaskan, secara jernih dan dalam suasana sejuk, kita akan mengulangi (apa yang telah disampaikan) secara tegas, jelas, dan substantif.[2]

KWI menilai, ada kesan negara telah digadaikan kepada penjajah-penjajah baru, dan kedaulatan bangsa diserahkan kepada orang atau kelompok yang sama sekali tidak memiliki wewenang.Sebelumnya, pada saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) di Jakarta, Senin (20/12/2010), Uskup Martinus selaku Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyatakan keprihatinan mendalam atas kasus sweeping dan penyegelan tempat ibadah jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Betania di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan beberapa tempat lainnya yang masih terjadi. KWI menilai, ada kesan negara telah digadaikan kepada penjajah-penjajah baru, dan kedaulatan bangsa diserahkan kepada orang atau kelompok yang sama sekali tidak memiliki wewenang.[3]

Menurutnya, jika dulu penjajah adalah bangsa lain, sekarang justru dari bangsa sendiri. Mgr Martinus Situmorang mengatakan, peristiwa serupa akan terus terjadi di negeri ini sepanjang intoleransi masih dipupuk. Intoleransi semakin berkembang, karena dipupuk oleh kepentingan kelompok-kelompok yang selalu mengatasnamakan kebenaran maupun hukum. Di satu sisi, negara yang berwewenang melindungi warga negaranya malah terkesan membiarkan. "Jika umat Kristen mencari cara sendiri dengan melakukan ibadah di tempat yang tidak resmi seperti di ruko-ruko atau bahkan di jalan, itu adalah pilihan yang logis, karena izin mendirikan tempat ibadah mereka dipersulit," tegasnya lagi. Bio TokohIndonesia.com | crs


Footnote:
[1] Profil KWI
[2] Tokoh Agama Siap Dialog dengan Presiden
[3] Negara Digadai ke Penjajah Baru

 

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 18 Jan 2011  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: