WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Jawara Seni Grafis

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Jawara Seni Grafis
e-ti | kompas

Desainer grafis Syahrinur Prinka (S Prinka), meninggal dunia pukul 04.05 WIB Rabu 22 Desember 2004 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta dalam usia 57 tahun. Jawara seni grafis yang terakhir menjabat Redaktur Senior Majalah Tempo itu diduga mengalami stroke. Jenazah disemayamkan di rumah duka, Perumahan PTB Blok R No 8, Duren Sawit, Jakarta Timur, dan disalatkan di Masjid Baitur Rahman, kemudian dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Dosen Fakultas Seni Rupa IKJ
Lihat Curriculum Vitae (CV) S Prinka

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) S Prinka

QR Code Halaman Biografi S Prinka
Bio Lain
Click to view full article
I Wayan Rampih Argawa
Click to view full article
Kris Biantoro
Click to view full article
Wawan Susetya
Click to view full article
Maskoen Soemadiredja
Click to view full article
Agus Harianto
Click to view full article
Abdul Radjak
Click to view full article
Bachtiar Aly

Dosen Fakultas Seni Rupa IKJ yang dilahirkan di Bogor, 27 Februari 1947 itu meninggalkan seorang istri, Iriene Halimah Sri Lestari, 49, serta tiga anak, yakni Pipit, 32, Cica, 31, dan Ivan, 25. Dia sudah sakit sejak beberapa tahun. Dia sudah mendapatkan serangan jantung pertama tahun 1991.

Bahkan, pada 1996 sudah pernah menjalani operasi by pass jantung di Perth, Australia. Juga pernah kena stroke. Setelah berkali-kali mengalami serangan jantung dan stroke, dia masih tetap bersikeras untuk beraktivitas dengan tetap pula sedia tabung oksigen.

Namun dalam dua tahun terakhir, meski dia masih berstatus sebagai karyawan Tempo dan dosen Fakultas Seni Rupa IKJ, memang sudah tidak aktif lagi. Dia sudah sulit menggerakkan tangan kanan dan bicaranya juga kurang jelas.

Dia dikenal sebagai jawara seni grafis. Karya-karya grafisnya menjadi anutan para pegrafis muda. Dia dinilai memiliki keberanian kreasi untuk menghasilkan karya grafis baru. Di antaranya, pernah mencetak gambar digital yang amat menarik sehingga berkali-kali dipamerkan.

Catatan Pinggir Goenawan Mohamad yang menjadi khas majalah Tempo, menjadi tambah kuat dengan goresan ilustrasi Prinka. "Gambarnya, tidak sekadar asal melengkapi saja, tetapi juga menambah kekuatan tulisan," aku Goenawan.

Sementara, pengamat seni Agus Dermawan T mengatakan, kalau tidak karena Prinka, barangkali Ikatan Perancang Grafis Indonesia tidak akan berdiri. Seniman lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung ini adalah sosok pekerja keras untuk memperjuangkan gagasan- gagasannya. e-ti/tsl

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 23 Dec 2004  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Bangga Jadi Guru Aktris Paling Produktif

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Jual Buku-buku Pilihan

Buku Pilihan

thumb

Dalam catatan sejarah perang, kita dapat menemukan beberapa pertempuran klasik, yaitu kiprah militer yang dikagumi para pemimpin militer dan sejarawan selama berabad-abad. Cannae adalah salah satu pertempuran demikian. Dipimpin oleh Hannibal Barca, seorang pemimpin perang yang mampu mempersatukan berbagai suku bangsa, dan membuktikan kehebatan strateginya dengan memukul mundur pasukan Romawi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: