WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Ads:

Profesor Pencegah Konflik Komunal

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Profesor Pencegah Konflik Komunal
Tamrin A Tomagola | TokohIndonesia.com | pnp

Profesor Sosiologi dari Universitas Indonesia ini sangat banyak tahu tentang konflik komunal yang belakangan sering terjadi di Indonesia. Doktor bidang sosiologi media, University of Esex UK (1990), kelahiran Galela, Halmahera Utara, 17 April 1947, ini sangat banyak menulis perihal konflik komunal tersebut.

Sosiolog, Guru Besar FSIP-UI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Tamrin A Tomagola

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Tamrin A Tomagola

QR Code Halaman Biografi Tamrin A Tomagola
Bio Lain
Click to view full article
Soemino Eko Saputro
Click to view full article
Trimurti
Click to view full article
Marzuki Usman
Click to view full article
Imam Prawoto
Click to view full article
Rita Subowo
Click to view full article
Syamsir Siregar
Click to view full article
Ari H Soemarno
Skip TOC

Article Index

  1. Profesor Pencegah Konflik Komunal current position
  2. Anak Macan yang Keblinger

Peraih gelar master (MA) dari Australian National University, Australia (1982), menjabat dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (1988-2000) dan Staf Ahli Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Negara Riset dan Tehnologi (2000-2003). Pengajar pasca-sarjana FISIP-UI, ini menjabat Sekjen Asosiasi Sosiolog Indonesia selama dua periode (1993-1998).

Sebagai dosen, dia pernah mendapat berbagai penghargaan di antaranya sebagai dosen teladan di Fakultas Sosial dan Politik , UI (1982) dan Dosen Favorit di FISIPOL UI (2001). Dia juga menerima Piagam penghargaan atas Partisipasi dan Jasa-jasa dalam membantu Penegakan Ham di Indonesia.

Suami dari Siti Hidayati, MA, ini sangat aktif menulis diberbagai jurnal dan media tentang masalah sosial seperti Konflik Komunal di Indonesia tahun 2003, Halmahera berdarah tahun 2000, Tragedi Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
Utara tahun 2000 serta tulisan-tulisan lain yang terkait dengan sosial, politik, militer dan konflik . Ia juga menulis tentang masalah sosial dan gender.

Dia juga aktif sebagai narasumber di berbagai forum nasional dan internasional di antaranya Asian Conference on Diversity and Coexistence di Srilangka pada 2003, Regional Workshop on Indigenous Peoples and Poverty Reduction yang diselenggarakan oleh ADB, Manila, 25-26 October 2001, International Workshop on Political Violence in Asia di Oslo, Norwegia pada tahun 2000, ESCAP Meeting on Culture and The Care of The Elderly, Bangkok 1998.

Masa Kecil

Masa kecil, sejak lahir hingga sekolah dasar, ia tinggal Galela, Halmahera Utara. Sejak sekolah dasar, ia sudah senang pelajaran sejarah. Setamat SD (1959), dia melanjut ke SMP Ternate (1962) dan SMA Ternate (1965) SMP dan SMA). Setelah tamat SMA, Tamrin ingin melanjut ke universitas. Tapi karena ketiadaan biaya, dia pulang ke Galela, mengajar SMP, untuk cari uang.

Setelah punya tabungan, Tamrin berangkat ke Jakarta, untuk mewujudkan impian melanjutkan sekolah ke Universitas Indonesia. Ia menumpang kapal carteran pedagang Arab yang penuh kopra. Tapi, di perjalanan uangnya sudah habis. Dia beruntung di kapal itu berkenalan dengan Al Habsy, seorang keturunan Arab.

Saat mendarat di Jakarta, uangnya hanya sedikit. Untuk biaya tes masuk UI pilihannya saja tidak cukup. Seorang familinya, membantunya sehingga Tamrin dapat mengikuti tes. Dia memilih Jurusan Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
sosiologi
FISIP UI dan lulus tes. Dia tidak memilih keinginan ayahnya, Ali Amal seorang guru dan Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
Pendiri Muhammadiyah 1912
Pendiri Muhammadiyah 1912
Muhammadiyah
, agar memilih jurusan ilmu pasti dan menjadi dokter.

Bukan hanya ayahnya yang menentang pilihannya, seorang pamannya bekerja sebagai jaksa, malah menyuruhnya lebih baik pulang untuk mengurus kebun kelapa daripada memilih jurusan Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
sosiologi
. Namun anak sulung dari sepuluh bersaudara ini berketetapan memilih jurusan sosial dan ingin menjadi guru.

Selama kuliah di Jakarta, dia tinggal dalam satu keluarga dengan Ahmad Sulaeman, anggota DPR dari Masyumi, di daerah Kramatjati, Jakarta Timur. Suatu ketika, karena ketiadaan uang, dia pernah jalan kaki dari Kramatjati sampai ke kampus di Salemba. Setelah tingkat dua, dia berusaha mencetak diktat kuliah pembangunan sosial dan menjualnya ke teman-temannya. Hasilnya, cukup untuk naik angkot dari Kramatjati sampai Salemba dan makan siang.

Melihat kegiatannya jualan diktat, ada saja orang yang sirik dan melaporkan kepada dosen, Soerjono Wirjodiatmodjo. Dia sempat takut akan dimarahi. Tapi, ternyata sang dosen tidak marah, malah mengangkatnya menjadi asisten. Sebagai asisten dosen, dia mendapat honor Rp 25 per bulan. Untuk menambah pundi-pundi, Tamrin juga bekerja sambilan di perpustakaan.

Melihat kegigihannya, sudah meraih sarjana muda, pembantu dekan II membantu menguruskannya menjadi pegawai negeri golongan 2B (1970). Dia pun rajin mengikuti survei untuk mendapat biaya kuliah. Pada saat melaqkukan survei itu ia berkenalan dengan Siti Hidayati, yang kemudian dinikahinya tahun 1972 dan dikaruniai satu anak, Fathia Aigate. Setelah menikah barulah dia lulus S1 dengan spesialisasi Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
sosiologi
umum pada 1974, dan menjadi pengajar di almamaternya.

Kemudian Thamrin memperoleh beasiswa studi S2 ke Canbera, Australia dengan spesialisasi sosial demografi. Lulus 1982 dengan tesis berjudul: Educational Defferences in West Java and West Sumatera: Sosio-historical Perspektives. Lalu, Tamrin mengikuti kursus ilmu statistik di Belanda.

Keberuntungan kembali menghinggapinya saat terikat kontrak dengan LP3ES untuk sebuah penelitian di Semarang, ia mendapat beasiswa untuk studi S3 di Inggris. Tamrin melepaskan tugas penelitian tersebut setelah ada yang menggantikannya. Dia meraih gelar Ph.D. pada 1990 dengan disertasinya berjudul Indonesian Woman Magazines as an Ideological Medium.

Ketika mahasiswa bergerak menyuarakan reformasi, Tamrin ikut berperan sebagai aktor intelektual dalam gerakan penurunan Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Soeharto
. Ketiaka Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Pak Harto
pulang dari Mesir, ia ikut demo di UI. Bukan itu saja, bahkan membuat pengumuman mogok kuliah sampai Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Soeharto
berhenti jadi presiden.

Kemudian Thamrin aktif di LSM Lerai, yang punya misi memperjuangkan perdamaian di Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
. Hatinya menangis melihat saudara-saudaranya saling bunuh-bunuhan di Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
. Banyak teman-temannya yang Kristen dan Islam, yang ketika kecil sangat akrab, tapi saat kerusuhan itu jadi bunuh-bunuhan. Bayangan teman-temannya waktu kanak-kanak dan mati oleh teman sendiri terus membayangi dirinya. Dia menghadapi banyak tantangan dalam aktivitas LSM-nya, di antaranya di intimidasi dan dilaporkan ke Kapolri (1968-1971)
Kapolri (1968-1971)
polisi
. ti/chr

Sumber:
komunitasdemokrasi.or.id dan www. pdat.co.id

 

Halaman 1 dari 2 All Pages

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 05 Jun 2008  -  Pembaharuan terakhir 29 Jun 2013

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
www.lazada.com
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: