Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Penggerak Ekonomi Indonesia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Penggerak Ekonomi Indonesia
Radius Prawiro | TICOM | drm

Dr Radius Prawiro tokoh yang berperan penting dalam gerak pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya semasa Orde Baru. Sejak 1965, dia sudah berada dalam pusat kebijkan ekonomi dan keuangan RI. Pernah menjabat Gubernur Bank Indonesia, Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan hingga menjabat Menko Ekuin dan Pengawasan Pembangunan.

Menko Ekuin RI (1988-1993)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Radius Prawiro

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Radius Prawiro

QR Code Halaman Biografi Radius Prawiro
Bio Lain
Click to view full article
Widyawati
Click to view full article
Sutarno
Click to view full article
Otto Hasibuan
Click to view full article
Agus Suhartono
Click to view full article
Rhenald Kasali
Click to view full article
Addie MS
Click to view full article
Richard M Daulay
BERITA TERBARU

Mantan Menko Ekuin Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Kabinet Pembangunan
V (1988-1993) ini lahir di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
29 Juni 1928. Ia menempuh pendidikan dasar sampai menengah atas di kota kelahirannya, masing-masing SD (tahun 1941), SMP (1945),dan SMA (1950). Kemudian melanjutkan ke negeri Belanda tepatnya di SMT, Nederlandsche Economicscshe Hogeschool, Roterdam. Selanjutnya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Putra Prawiro, seorang guru, ini mempunyai perjalanan karir yang panjang. Ia mulai sebagai sekretaris BKR, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
(1945). Kemudian Perwira Markas Tertinggi Perhubungan TRI, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
(1947-1948), Staf Gubernur Militer Daerah Istimewa Yogyakarta (1945-1951), Pegawai Teknis Direktorat Akuntan Negara (1960-1965), Deputi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Pemeriksa Keuangan Negara/BPK (1965), Deputi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Urusan Bank Sentral (1965), Gubernur Bank Negara Indonesia (1966), Gubernur Bank Indonesia (1966-1973), Gubernur Dana Moneter Internasional (IMF) dan merangkap wakil Gubernur Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk Indonesia (1967-1971).

Ia pun pernah menjadi anggota Tim Ahli Ekonomi Presiden (1968-?), Ketua Dewan Gubernur Bank Dunia (IBRD, 1971-1973). Kemudian ia berturut-turut dilantik sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
kabinet, yang dimulai pada Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Kabinet Pembangunan
II dan III sebagai Menteri Perdagangan (1973-1978, 1978-1983). Selanjutnya pada Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Kabinet Pembangunan
IV ia dipercayakan sebagai Menteri Keuangan (1983-1988). Lalu pada tahun 1988 ia diangkat pula sebagai Menko Bidang Ekuin dan Pengawasan Pembangunan, yang diselesaikannya pada tahun 1993.

Perjalanan mudanya juga cukup menarik. Sebagaimana ditulis di buku Apa & Siapa 1985-1986, Radius pernah menjadi penjual rokok ketika masih di SMP. Hasil dari penjualan rokok itu digunakan untuk sekolah dan keperluan sehari-harinya. Ia pun pernah bergabung dengan Tentara Pelajar (TP) yang dipimpin oleh Martono, yang belakangan menjadi Menteri Transmigrasi.

Ketika kuliah di Belanda, ia pun melanglang "buana" ke berbagai kota di Eropa dengan mengendarai sepeda motor BMW. Dan kegemaran itu tetap dilanjutkan sepulangnya kembali ke Indonesia, meskipun ia pernah jatuh karena tergelincir. Dan ia tidak pernah kapok. Bahkan sampai menjadi Asisten Ahli pada Direktorat Akuntansi Negara dan merangkap anggota Badan Pengawas Keuangan, ia masih tetap meneruskan kegemarannya itu.

Baru kemudian ketika menjadi Gubernur Bank Indonesia pada tahun 1965, ia "terpaksa" menghentikan naik motor. "Karena pertimbangan keamanan dari pemerintah, saya lalu disuruh naik mobil sendiri," ujarnya. Meski begitu hobinya naik motor tetap tidak hilang begitu saja. "Saya sendiri masih senang naik sepeda motor sampai sekarang," tambah penggemar fotografi ini.

Radius menikah dengan Leonie Supit, dan dikaruniai empat anak. Dan seperti ditulis buku Apa & Siapa, bersama isterinya Radius pun suka berkebun. Sementara itu belakangan ia juga punya kegemaran lain yakni minum teh pahit seusai makan makanan berlemak.

Bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-150, Theologische Universiteit Kampen, lembaga pendidikan teologi yang cukup dikenal di Belanda, menganugerahkan gelar Doctor Honoris Causa dalam Ilmu Teologi kepada Dr. Radius Prawiro. Beberapa pertimbangan yang menjadi dasar penganugerahan gelar kehormatan bagi promovendus, adalah ia dinilai berperan aktif dalam bidang gerejawi, terlibat aktif dalam pendirian sebuah jemaat di Jakarta, menjadi Ketua Majelis Pertimbangan PGI selama lebih dari satu periode, aktif terlibat di berbagai kepengurusan Lembaga Pendidikan Tinggi Kristen di Indonesia, dan memprakarsai pendirian yayasan yang memusatkan pelayanannya pada bidang faculty development, pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, perpustakaan dan laboratorium. Selama 14 tahun melayani, yayasan ini telah membantu puluhan dosen dalam menyelesaikan studi lanjutnya(S-2 dan S-3).

Satu catatan penting, Radius sangat memberi perhatian pada upaya kontekstualisasi teologi. Hal ini tidak terlepas dari latar belakang kekristenannya. Nenek moyangnya berasal dari lingkungan Kiai Sadrach, penginjil Jawa kharismatis, yang berusaha memahami Injil dari perspektif kulturalnya. Cara berteologi seperti ini telah membuka wawasan dan memberi perspektif lain bagi gereja-gereja Belanda dalam berteologi.

Dalam sambutannya, Dr. Radius antara lain mengatakan bahwa di tengah derasnya arus globalisasi gereja harus mampu memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat.

***

Dr Radius Prawiro meninggal di Rumah Sakit Deutsches Herzzentrum, Muenchen, Jerman, Kamis 26 Mei 2005 pukul 11.35 waktu setempat atau pukul 16.35 WIB dalam usia 76 tahun. Mantan Ketua Majelis Pertimbangan PGI kelahiran Yogyakarta, 29 Juni 1928 itu meninggalkan seorang istri, Leonie Supit, empat anak dan 13 cucu.

Menurut Loka Manya Prawiro, putera almarhum, Radius meninggal dalam proses pemasangan alat picu jantung di rumah sakit tersebut. Jenazah tiba di Tanah Air Selasa 31 Mei 2005 untuk kemudian disemayamkan di rumah duka Jalan Taman Dharmawangsa Nomor 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selanjutnya mantan anggota TNI yang memperoleh Bintang Gerilya dan Bintang Mahaputra, itu dikebumikan di Taman Makam Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Kalibata. Bio TokohIndonesia.com | tsl-mis

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 28 Mei 2005  -  Pembaharuan terakhir 28 Feb 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: