WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Sang CEO Bermata Elang

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Sang CEO Bermata Elang

Dia CEO (chief executive officer) berlatar akuntan bermata elang yang dalam beberapa menit saja bisa menemukan kelebihan dan kekurangan sebuah laporan keuangan. CEO bertangan dingin dengan mengandalkan kemampuan akademis, pemilik dua gelar sarjana (akuntansi dan perusahaan) dari Fakultas Ekonomi UGM, ini menanamkan tujuh etos kerja sebagai agenda manajemen korporasi yakni etos keutamaan, responsif, disiplin, kerja keras, kreatif, bersih dan positive thinking.

Predir Pusri Holding (2001-2004), Ketua Umum DPI dan Maporina
Lihat Curriculum Vitae (CV) Zaenal Soedjais

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Zaenal Soedjais

QR Code Halaman Biografi Zaenal Soedjais
Bio Lain
Click to view full article
Ikke Nurjanah
Click to view full article
Bob Hippy
Click to view full article
Widi Agoes Pratikto
Click to view full article
Donny BU
Click to view full article
DL Sitorus
Click to view full article
Atang Ruswita
Click to view full article
Ruyandi Hutasoit

Pria kelahiran Cirebon 10 Agustus 1942, ini selain piawai membangun dan meningkatkan kinerja perusahaan juga selalu berupaya membangun komunitas masyarakat baru di lingkungan perusahaan yang dipimpinnya. Hal ini dibuktikan dalam lebih dua dekade ia terus dipercaya pemerintah memimpin di beberapa BUMN ternama.

Dua di antaranya sebagai Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
, yakni, Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Keuangan dan Komersil PT Semen Madura tahun 1981-1983, dan Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Keuangan dan Komersil PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) tahun 1983-1995. Dua lagi sebagai pemimpin tertinggi, yakni Presiden Direktur PT Asean Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
Fertilizer (AAF) tahun 1995-Juni 2001 dan Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya (Pusri), Palembang (holding company), sejak 23 Mei 2001.

Bersamaan itu, dia juga dipercaya memegang beberapa jabatan penting lain, yakni jabatan ex-officio yang timbul karena posisinya sebagai direksi di sebuah perseroan. Misalnya, ketika menjabat direksi PT Pupuk Kaltim, ia juga Presiden Komisaris PT Kaltim Parna Industri (Proyek I Pabrik Amonia) antara tahun 1994-1995, dan Presiden Komisaris PT Kaltim Methanol Industri (Proyek Pabrik Methanol) antara 1992-1994.

Lalu, ketika masih menjabat Kepala Pengawasan Comptroller yang kemudian dipromosikan menjadi Staf Ahli Direksi PT Semen Gresik sepanjang tahun 1970-1981, ia dipercaya menjadi komisaris PT Eternit Gresik antara 1975-1980. Beberapa jenjang pekerjaan dan jabatan lain yang pernah dia tekuni dari bawah telah membuatnya makin kaya dan matang akan berbagai pengalaman serta kemampuan manajemen Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
.

CEO Bermata Elang
Zaenal Soedjais beruntung selain berlatar disiplin ilmu ekonomi perusahaan atau Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
, juga seorang sarjana akuntansi. Dalam praktek sehari-hari selaku direktur utama prinsip-prinsip sebagai seorang akuntan selalu melekat dalam dirinya. Ia sangat jeli membaca setiap laporan keuangan atau financial statement. Kejelian itu adalah hasil latihan sejak kecil ditambah karunia Tuhan yang memberikan kelebihan kepadanya.

Sebuah laporan keuangan tahunan perusahaan, misalnya, dalam dua puluh menit saja, Anak buahnya sering menyebutnya seorang pemimpin "bermata elang"sudah bisa dia temukan hal-hal prinsip kelebihan dan kesalahannya. Karenanya anak buahnya sering menyebutnya seorang pemimpin "bermata elang". Kenapa ia 'bermata elang'? Sesungguhnya, menurut pengakuannya, ia hanya menggunakan feeling atau intuisi hasil pengalaman bertahun-tahun. Dia menyebutkan intuisi tidak boleh diremehkan dalam Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
. Intuisi lahir bukan saja karena pengalaman, tetapi di dalamnya ada unsur petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ia memang sudah sejak kecil dalam lingkungan transaksi bisnis (dagang). "Saya, dari masih dalam proses lahir saja sudah mendengar transaksi bisnis. Kemudian sejak kecil mulai bangun tidur jam setengah lima sudah transaksi bisnis," ujar Soedjais yang pandai memainkan alat hitung cino dari Cina.

Sebagai seorang CEO yang berlatarbelakang akuntansi ia memang sudah teruji. Ia selalu dengan handal menerapkan di setiap perusahaan yang pernah dipimpinnya.

Menurutnya, ciri seorang akuntan adalah: Pertama dia pasti akan berbicara balance. Kalau menghadapi sesuatu problematika cara pemecahannya pasti terlebih dahulu menghitung apa manfaat dan mudarat-nya serta mana yang lebih banyak.

Kedua, tidak gampang percaya. Setiap kali orang mengusulkan ini dan itu akan ditampung tetapi dengan segala macam cara akan melakukan cek dan ricek. Ketiga, seorang akuntan harus fair. Dalam benak seorang akuntan harus fair, tidak boleh tidak fair. Sebab bila dia tidak fair pasti akan melakukan hal yang beda. Keempat, kalau membaca proposal, seorang akuntan akan mengevaluasi biaya dan lain sebagainya secara mendalam sehingga tidak bisa dikibuli.

Selain seorang praktisi, ia juga orang yang gemar berbagi ilmu pengetahuan manajemen dan kepemimpinan yang dia kuasai dengan fasih. Dua buah buku sudah diluncurkan ke pasaran. Yakni, Korporasi Pembangunan Nilai, Tujuh Agenda Manajemen Korporasi, dan buku Setiap Langkah Setiap Makna, keduanya terbit tahun 2002.

Sejumlah rencana judul buku sedang dia persiapkan untuk juga ditulis dan luncurkan supaya menjadi wacana dan rujukan ilmu dan pengetahuan praksis kepemimpinan bisnis. Termasuk, buku kenang-kenangan tentang masa-masa hidup bersama H. Abdullah Harun dan Sofia Atmi, ayah dan ibunya yang telah membentuknya sedemikian rupa semenjak masih kecil hingga menjadi sosok seorang pekerja keras yang giat menimba ilmu dan pengetahuan. (Bersambung) Marjuka, Ch.Robin S (Diterbitkan juga di Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
Edisi 12).

 

Page 1 of 5 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh sira  -  Dibuat 28 Apr 2004  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Gubernur Jatim 1998 2008 Pelindung Nona Manado

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku-buku Pilihan

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: