WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Sejarawan Besar Indonesia

Sejarawan Besar Indonesia
Ong Hok Ham | TokohIndonesia.com | im

Sejarawan besar Indonesia tanpa gelar profesor, Ong Hok Ham, meninggal dunia dalam usia 74 tahun, Kamis 30 Agustus 2007, di kediamannya Jalan Cakrawijaya IX Blok D No 11, Kompleks Diskum TNI Angkatan Darat, Cipinang Muara, Jakarta Timur. Sebelum meninggal Ong Hok Ham sempat memberi wasiat agar rumahnya dijadikan museum.

Sejarawan
Lihat Curriculum Vitae (CV) Ong Hok Ham

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Ong Hok Ham

Skip TOC

Article Index

  1. Sejarawan Besar Indonesia current position
  2. 02 | Sejarawan Besar Tanpa Gelar Profesor
  3. 03 | Penderitaan Telah Berakhir

Ong Hok Ham pria kelahiran 1 Mei 1933 itu sudah harus berada di atas kursi roda akibat serangan stroke sejak pertengahan tahun 2001. Kendati demikian dia selalu mengikuti perkembangan dunia dan menuangkan hasil renungan dalam tulisan. Di kediamannya, Onghokham pria lajang sampai akhir hayatnya, itu didampingi dua asisten (sekretaris). Sehingga dia masih bisa menulis dengan cara mendiktekan kepada asistennya.

Direktur Institut Ong Hok Ham, Andi Achdian, sempat membawa jenazah Ong Hok Ham ke Rumah Sakit (RS) Mitra Internasional, Jatinegara sebelum kemudian disemayamkan di Rumah Duka RS Dharmais. Menurut Andi, Ong Hok Ham sempat memberi wasiat agar rumahnya dijadikan museum dengan koleksi sekitar 3.000 buku sejarah.

Onghokham atau Ong Hok Ham sering menulis sejarah di berbagai media antara lain Tempo, Starweekly dan Prisma. Kumpulan artikelnya di Tempo dari tahun 1976 - 2001 telah dibukukan tahun 2002 dengan judul Wahyu yang Hilang, Negeri yang Guncang.

Sejak sekolah di HBS (sekolah menengah zaman Belanda), dia sudah berminat pada sejarah, rapor bernila 9. Kala itu gurunya bernama Broeder Rosarius. Namun, setamat SMA, Onghokham sempat menjadi agen asuransi mengikuti keinginan orang tuanya. Juga sempat kuliah selama dua tahun di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kemudian dia pindah ke Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Jurusan Sejarah, dan tamat 1968.

Kemudian dia mengajar sejarah di almamaternya. Pria yang melajang sampai akhir hayatnya itu, meraih gelar doktor dari Universitas Yale, Amerika Serikat dengan disertasi The Residency of Madiun ; Priyayi and Peasant in the Nineteenth Century (Keresidenan Madiun, Priyayi dan Wong Cilik Selama Abad 19), 1975. Dia pensiun dari Universitas Indonesia pada tahun 1989 dalam usia 56 tahun. ti

 

Page 1 of 3 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 31 Aug 2007  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini akan mengajak Anda untuk menceritakan dan menyebarkan kebenaran-kebenaran hakiki tanpa kesan memaksakan kehendak dan menggurui. Buku ini adalah seri ketiga dari 100 Kisah.

Kondisi: baru dan segel.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: