WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Guru Besar Insan Hukum

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Guru Besar Insan Hukum
Oemar Seno Adji | TokohIndonesia.com | rpr

Mantan Ketua Mahkamah Agung RI (1974-1982), ini menguasai dan mengabdikan diri di ladang hukum secara paripurna. Dia guru besar semua insan hukum di negeri ini. Berbagai karya, keputusan dan pandangannya tentang hukum dijadikan referensi, yusrisprudensi, dan panutan oleh para insan hukum, baik para penegak hukum maupun cendekiawan dan mahasiswa.

Ketua Mahkamah Agung RI (1974-1982)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Oemar Seno Adji

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Oemar Seno Adji

QR Code Halaman Biografi Oemar Seno Adji
Bio Lain
Click to view full article
Asnawati
Click to view full article
Achmad Mustofa Bisri
Click to view full article
Arsinah Sumetro
Click to view full article
Abu Bakar Baasyir
Click to view full article
Tan Joe Hok
Click to view full article
Herman Prayitno
Click to view full article
Gedong Bagoes Oka

Prof. Oemar Seno Adji SH, kelahiran Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Surakarta
, Jawa Tengah, 5 Desember 1915, mengabdi di bidang hukum hingga akhir hayatnya. Dia memulai karirnya sebagai pegawai Departemen Kehakiman (1942-1950). Kemudian menjadi Jaksa Agung Muda (1950-1959). Setelah itu mengabdi sebagai dosen dan Guru Besar Fakultas Hukum UI sejak 1959, dan menjabat Dekan Fakultas Hukum UI (1966-1968).

Dari dunia akademis, dia dipercaya menjabat Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Kehakiman RI (1966-1974) dan Ketua Mahkamah Agung RI (1974-1982). Setelah itu, dia kembali ke dunia akademis memimpin Universitas Krisnadwipayana sebagai rektor (1981-1984). Di samping itu, Seno juga membuka Kantor Advokat Oemar Seno Adji, yang hingga saat ini diteruskan putranya Indriyanto Seno Adji.

Berbagai karya tulis dan pandangannya dijadikan sebagai refrensi penting. Berbagai keputusannya menjadi yurisprudensi. Dia telah menjadi ensiklopedi hukum Indonesia. Beberapa buku karyanya mengenai hukum antara lain Aspek-Aspek Hukum Pers, Massmedia dan Hukum, dan Hukum (Acara) Pidana dalam Prospeksi, telah menjadi rujukan bagi banyak pihak yang menggumuli hukum. Selain itu, makalah-makalahnya di berbagai seminar dan simposium, di dalam dan di luar negeri, juga telah menjadi refrensi berharga.

Kendati lahir sebagai anak priayi, ayahnya, Raden Tumenggung Tjitrobanudjo (bupati pada Keraton Mangkunegara, Solo), Seno sangat menghormati persamaan derajat manusia. Sejak kecil, oleh ayah dan ibunya Siti Zenab, Seno dididik untuk tidak membeda- bedakan derajat manusia. Orangtuanya juga mendidiknya agama Islam secara ketat. Dia juga mengikuti kegiatan kepanduan, sepak bola dan berenang.

Sebagai anak bupati, dia tentu sangat beruntung dapat mengecap pendidikan terbaik kala itu. Ketika di HIS, Solo, Seno sangat menyenangi pelajaran berhitung dan sejarah. Kemudian dia melanjut ke MULO, Solo dan AMS, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
.

Setamat AMS, Seno akhir 1930-an, semula Seno berniat meneruskan sekolah ke Negeri Belanda. Seno bercita-cita memperdalam Sastra Timur. Kala itu, sekolah semacam ini belum ada di tanah air. Namun rencana ini gagal lantaran ada berita bahwa keadaan di Belanda sedang gawat. Akhirnya, ia hijrah ke Jakarta, masuk Rechtshogeschool, walaupun bidang hukum belum diminatinya.

Setelah dia bekerja Departemen Kehakiman (1946-1949), barulah dia tertarik dan berniat mendalami hukum. Dia mulai sadar, ternyata bidang hukum idak sekadar memelajari undang-undang. Tetapi juga mencakup berbagai bidang, termasuk yurisprudensi dan hukum-hukum yang tidak tertulis. Bukan itu saja, bidang ini juga menunut tanggung jawab yang kuat.

Seno pun makin giat mendalami hukum dan berhasil menyelesaikan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
(1949). Setelah itu, dia diangkat menjabat Jaksa Agung Muda (1950-1959).

Ketika sudah bekerja pada Departemen Kehakiman (1946-1949), Seno menikah dengan Soehartati. Mereka dikaruniai sembilan orang anak. e-ti/tsl

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 05 Dec 2005  -  Pembaharuan terakhir 25 Feb 2012
Penyanyi Serba Bisa Pakar Telematika Beneran

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini memberitahukan cara mempraktikkan I Ching. Dengan bahasa yang mudah, I Ching menjadi panduan yang praktis bagi yang ingin mempelajari, awam sekalipun.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: