WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Ketua MK Dua Periode

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Ketua MK Dua Periode
Mahfud MD | TICOM | Hotsan

Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH, SU, terpilih menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dua periode yakni periode 2008-2011 dan periode 2011-2013. Pada periode 2008-2011, ia didampingi Abdul Muhktie Fadjar sebagai wakil ketua MK dan periode 2011-2013 didampingi Achmad Sodiki.

Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Mahfud MD

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Mahfud MD

QR Code Halaman Biografi Mahfud MD
Bio Lain
Click to view full article
Andar Lumban Tobing
Click to view full article
Ghea Panggabean
Click to view full article
Bisuk Siahaan
Click to view full article
Roy Sembel
Click to view full article
Edwin Pamimpin Situmorang
Click to view full article
Ira Koesno
Click to view full article
Jay Subiyakto
BERITA TERBARU

Pemilihan perioden 2008-2011 berlangsung terbuka di ruang sidang pleno gedung MK, Jakarta, Selasa (19/8/2008). Mahfud menggantikan Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2002-2008)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2002-2008)
Jimly Asshiddiqie
yang sudah dua periode menjabat ketua MK. Pemilihan Ketua MK yang diikuti sembilan hakim konstitusi berlangsung dua putaran. Pada putaran pertama, Mahfud dan Jimly sama-sama meraih empat suara dan satu suara abstain. Pada putaran kedua, Mahfud unggul atas Jimly dengan 5-4 suara.

Mahfud, pria kelahiran Sampang, Madura, 13 Mei 1957, itu adalah alumnus dan guru besar Universitas Islam Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
, juga lulusan Fakultas Sastra dan Kebudayaan serta doktor hukum tata negara UGM. Sebelumnya, ia anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR dan mantan Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Pertahanan di era Presiden Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Gus Dur
(Kabinet Persatuan Nasional). Ia terpilih menjadi hakim konstitusi di DPR dan dilantik menjadi hakim konstitusi pada 1 April 2008.

Suasana demokratis terlihat selama proses pemilihan. Mahfud, sesaat setelah terpilih, langsung menghampiri Jimly dan saling berjabat tangan. Jimly pun mengucapkan selamat dan mendukung ketua baru MK. Mahfud juga menilai Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2002-2008)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2002-2008)
Jimly Asshiddiqie
telah membawa MK dikenal publik sebagai lembaga yang transparan dan akuntabel. Kemudian ia berjanji akan menjaga independensi dan netralitas MK serta bertindak sebagai negarawan dalam setiap keputusannya. Sekarang, saya menjadi negarawan, dulu politikus,'' kata Mahfud. Selama ini Jimly pun, selaku ketua MK, telah menunjukkan diri sebagai negarawan.

Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2008-2013)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2008-2013)
Mahfud MD
akhirnya terpilih kembali menjadi ketua MK untuk kedua kalinya dalam satu putaran pemilihan. Mahfud mendapat lima suara, Harjono mendapat dua suara, Hamdan Zoelva satu suara, dan abstain satu suara. Sebelumnya hakim konstitusi Maria Farida Indrati dan Muhammad Akil Mochtar menyatakan tidak maju menjadi calon ketua MK periode 2011-2013. Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2008-2013)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2008-2013)
Mahfud MD
dilantik kembali menjadi Ketua MK pada 22 Agustus 2011.

Sementara, pemilihan wakil ketua MK berlangsung lebih a lot dalam tiga putaran. Putaran pertama, empat hakim konstitusi meraih suara, yakni Abdul Mukthie Fadjar (dua suara), Maruarar Siahaan (dua suara), M Akil Mochtar (tiga suara), dan M Arsyad Sanusi (satu suara). Satu suara, abstain.

Sesuai Tata Tertib MK, jika belum ada yang meraih 50 persen suara, proses pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua. Pada putaran kedua, Mukthie meraih empat suara, Maruarar tiga suara, dan Akil dua suara. Belum juga ada yang mencapai 50 persen suara. Pemungutan suara putaran ketiga dilakukan dengan memilih dua kandidat peraih suara tertinggi. Akhirnya, Mukhtie, lulusan Fakultas Hukum UGM pada 1970, terpilih dengan meraih lima suara, mengalahkan Maruarar yang meraih empat suara.

Hakim Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2011 adalah, Ketua: Moh Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2008-2013)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2008-2013)
Mahfud MD
(usul DPR); Wakil Ketua: Abdul Mukthie Fadjar (usul Presiden); Anggota: Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2002-2008)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI (2002-2008)
Jimly Asshiddiqie
(DPR), Akil Mochtar (DPR), Ahmad Shodiki (Presiden), Maria Farida Indrati (Presiden), Maruarar Siahaan (usul MA), M Arsyad Sanusi (MA), dan Muhammad Alim (MA).

Periode Kedua

Menjelang periode pertamanya berakhir, Mahfud MD kembali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode 2011-2013. Sembilan Hakim Konstitusi memiliki hak untuk dipilih dan memilih. Mereka secara bergiliran memilih ketua MK yang digelar di Ruang Pleno Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis 18 Agustus 2011.

Hasilnya, Mahfud MD akhirnya terpilih kembali menjadi ketua MK untuk kedua kalinya dalam satu putaran pemilihan. Mahfud mendapat lima suara, Harjono mendapat dua suara, Hamdan Zoelva satu suara, dan abstain satu suara. Sebelumnya hakim konstitusi Maria Farida Indrati dan Muhammad Akil Mochtar menyatakan tidak maju menjadi calon ketua MK periode 2011-2013. Mahfud MD dilantik kembali menjadi Ketua MK pada 22 Agustus 2011.

Lalu enam bulan menjelang masa tugasnya sebagai hakim konstitusi dan Ketua MK, Mahfud MD menyurati DPR bahwa masa tugasnya akan selesai pada 1 April 2013 dan meminta untuk berhenti karena sudah habis masa tugas, tidak akan memperpanjang tugas itu. Lewat surat itu, Mahfud juga menyarankan agar DPR mencari calon penggantinya. Surat itu dikirimkannya sesuai dengan undang-undang bahwa 6 bulan sebelum habis masa tugas itu harus lapor. Maka 1 Oktober 2012, dia sudah kirim surat dan diterima Ketua DPR. Penulis: TSL | Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 19 Aug 2008  -  Pembaharuan terakhir 13 Mar 2013
Setia Terhadap Teman Seperjuangan Penantang Akbar Paling Lantang

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Ahok-Djarot

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini hadir untuk menjawab seputar permasalahan yang sering terjadi pada perabot rumah.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: