WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Guru Besar FEUI Perempuan Pertama

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Guru Besar FEUI Perempuan Pertama
Mayling Oey | TokohIndonesia.com | drn

Prof. Mayling Oey-Gardiner, Ph.D adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) perempuan pertama, dikukuhkan 2001. Isteri dari Prof Peter Gardiner, ini mengajar di FEUI sejak 1971. Bu Mayling, kelahiran  Sukabumi, 25 Februari 1941, ini menjabat Ketua Senat Akademi dan Sekretaris Dewan Guru Besar FEUI periode 2003-2007.

Guru Besar FEUI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Mayling Oey

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Mayling Oey

QR Code Halaman Biografi Mayling Oey
Bio Lain
Click to view full article
Try Sutrisno
Click to view full article
Sri Sultan HB IX
Click to view full article
Alfred Simanjuntak
Click to view full article
Prof Sajogyo
Click to view full article
TB Silalahi
Click to view full article
Bella Saphira
Click to view full article
Helmy Yahya

Ia dibesarkan di Jakarta. Dari SD sampai SMA ia bersekolah di Jakarta. Tamat SD (1953), SMP (1956) dan SMA Santa Ursula (1959). Tamat SMA, Mayling sempat bekerja sebagai juru ketik (klerek) di Universitas Kristen Indonesia (UKI), sambil kuliah. Beruntung, pada 1964, ia mendapat beasiswa untuk belajar di St. Xavier College, Chicago, Illinois, AS dan meraih gelar BA, 1968.

Kemudian meraih MA Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
Asisten Wakil Presiden Urusan Kesejahteraan Rakyat (1978-1983)
sosiologi
dari College of William & Mary Williambrurg, Virginia (1968-1970). Lalu mengambil M.Sc. Ilmu Kependudukan di Harvard School of Public Health, Boston, Massachusetts, (1972-1974). Anak keempat dari lima bersaudara, ini selalu didorong ibunya untuk terus sekolah. Ia mengaku sangat dekat dengan ibunya. Tapi ibunya sudah wafat pada 1972, sepuluh tahun sebelum ia meraih gelar doktor demografi.

Dari catatan Pusat Data Tokoh Indonesia, Mayling adalah orang Indonesia pertama yang meraih gelar Ph.D. di bidang demografi. Ia meraih gelar doktor tersebut dari Australian National University, 1982. Disertasinya, The Impact of Migration on Fertility; A Case Study of Transmigrants in Lampung, Indonesia, 1982. Kemudian, tahun itu juga ia menikah dengan Dr. Peter Gardiner, lulusan universitas yang sama.

Belakangan, Bu Mayling banyak berperan di lembaga penelitian dan konsultasi Insan Hitawasana Sejahtera (IHS) yang berfokus pada masalah sosial, ekonomi, dan demografi, seperti: kemiskinan, jender, dan keterbatasan akses kaum marginal pada sarana dan prasarana sosial serta pelayanan publik.

Selain itu, ia juga masih mengemban tugas sebagai anggota DRN (Dewan Riset Nasional) dan AIPI (Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia). Pengabdiannya pada masyarakat juga ditujukan dengan keterlibatannya dalam berbagai LSM dalam maupun luar negeri.

Ibu seorang anak ini juga terbilang rajin menulis. Antara lain bukunya The Rule of Manufacturing in Labour Absorption: Indonesia during 1970, dan Changing Works Patterns of Women in Indonesia during 1970.

Pada beberapa kesempatan, sebagai ahli kependudukan Mayling mengkritik, bahwa selama ini populasi penduduk dalam ekonomi hanya dilihat sebagai sebuah angka semata. Menurutnya, jumlah itu hanya dibutuhkan untuk menghitung pendapatan per kapita suatu negara atau dilihat sebagai konsumen bagi pengembangan usaha.

"Penduduk tak pernah dilihat sebagai manusia, sehingga tidak pernah dipikirkan tentang pelayanan dan peningkatan kesejahteraannya," ujar Mayling Oey-Gardiner.

Pemerintah juga dinilai tidak pernah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi ledakan penduduk dan bertambahnya penduduk lansia. Hal yang dibanggakan pemerintah selama ini adalah keberhasilan program Menko Kesra dan Taskin (1998-1999) dan Kepala BKKBN (1983-1998)
Menko Kesra dan Taskin (1998-1999) dan Kepala BKKBN (1983-1998)
Keluarga Berencana
dan menurunkan angka kelahiran. "Padahal akibatnya jelas, suatu saat jumlah penduduk lansia akan terus bertambah," ujar Mayling. tian son lang

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 25 Feb 2009  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Bintang Dari Star Group Diplomat Pejuang Kemerdekaan

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

KPK Observer

Buku Pilihan

thumb

Kamus ini memuat lebih dari 2000 entri yang berhubungan erat dengan dunia televisi dan film.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: