WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Aktor 'Si Buta dari Gua Hantu'

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Aktor 'Si Buta dari Gua Hantu'
e-ti | rpr-tamanismailmarzuki

Maruli Sitompul seorang aktor film senior berdarah Batak kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, 21 Desember 1937. Aktor bernama lengkap Hisar Sahat Maruli Sitompul,  ini telah membintangi puluhan film selama kurun waktu 1963 -1984 di antaranya film 'Si Buta dari Gua Hantu' dan 'Laki-laki dari Nusakambangan' yang memberinya penghargaan sebagai Aktor Terbaik FFI 1981.

Aktor Film
Lihat Curriculum Vitae (CV) Maruli Sitompul

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Maruli Sitompul

QR Code Halaman Biografi Maruli Sitompul
Bio Lain
Click to view full article
Intan Nuraini
Click to view full article
Didi Petet
Click to view full article
Dewi Yull
Click to view full article
Abdul Mukthie Fadjar
Click to view full article
Nafsiah Mboi
Click to view full article
Munim Idries
Click to view full article
Syahrial Oesman

Dia seorang aktor Sutradara
Sutradara
film Indonesia
ternama, baik film laga maupun film drama. Suaranya yang bagus (khas, berdarah Batak tapi berdialek Jawa ) dan sosoknya yang berwibawa menjadikannya seorang bintang yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penontonnya.

Dia memang lahir di Cilacap, Jawa Tengah. Kemudian dibesarkan di Ponorogo, mengikuti kepindahan ayahnya. Ayahnya ingin agar dia masuk sekolah pendeta. Tapi setamat dari SMA, Maruli malah memilih Sekolah Musik Indonesia. Sebelum selesai, Maruli pindah ke Akademi Seni Drama dan Sutradara
Sutradara
film Indonesia
(Asdrafi) di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
.

Dari catatan Buku Apa&Siapa Sejumlah Orang Indonesia 1981-1982, rupanya di situlah awal ia terjun ke dunia film. Ketika itu keadaan ekonomi keluarga sedang tak seberapa cerah. Di samping membiayai hidupnya sendiri, Maruli merasa bertanggung jawab pula atas seorang adik yang masih berkuliah. Sementara itu, Sundjoto Adibroto sedang mencari-cari pemain untuk film yang akan disutradarainya, Tangan-tangan yang Kotor tahun 1963, Maruli melamar jadi pemain dan langsung diterima. Inilah film pertamanya.

Kemudian bersama Sanggar Bambu 59, Maruli aktif dalam kegiatan drama dan ikut pementasan keliling. Pada tahun 1966, dia muncul dalam film dokumenter keluaran Departemen Penerangan, Gugur Daun Kembali Bersemi. Permainannya yang menonjol dalam film Si Buta dari Gua Hantu tahun 1970, yang mengantar Maruli meraih gelar Aktor Harapan Terbaik pada pemilihan Best Actor/Actrees PWI Jaya tahun 1971. Maruli juga menerima gelar Aktor Terbaik II di FFI tahun 1979, Aktor Terbaik FFI 1981 (Film: Laki-laki dari Nusakambangan) dan Aktor Pendukung Terbaik FFI 1982 (dalam film Bawalah Aku Pergi). ti/doan adikara, dari berbagai sumber

Referensi:
1)www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/marulisitompul.html
2)Apa&Siapa Sejumlah Orang Indonesia 981-1982

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 21 Dec 2007  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Keutamaan Cinta Sintha Hidayat Wakil Kepala Staf Tni Au

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Wastafel, selain fungsinya untuk mencuci tangan, wajah, atau benda kecil lainnya, ternyata juga dapat mempercantik tampilan interior rumah jika diatur dan dipikirkan dengan baik.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: