WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Mantan Menteri Olahraga dan Menpen

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Mantan Menteri Olahraga dan Menpen
e-ti | rpr

R Maladi tokoh olahraga Indonesia. Dia lebih terkenal sebagai Menteri Olahraga (1962-1967) kendati dia lebih dulu menjabat Menteri Penerangan (1959-1962). Tokoh kelahiran Solo, 30 Agustus 1912 dan meninggal di Jakarta, 30 April 2001, itu pada masa mudanya seorang pemain bola dalam posisi kiper. Dia pun sempat menjabat Ketua Umum PSSI menggantikan Ir Suratin.

Menteri Olahraga (1962-1967)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Maladi

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Maladi

QR Code Halaman Biografi Maladi
Bio Lain
Click to view full article
Revalina S Temat
Click to view full article
Suhaimi Salam
Click to view full article
Arsinah Sumetro
Click to view full article
Maruli Gultom
Click to view full article
Ian Antono
Click to view full article
Urip Santoso
Click to view full article
Hamdan Zoelva
BERITA TERBARU

Melihat kehebatan dan kecintaannya kepada olahraga, Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Presiden Soekarno
menunjuknya menjadi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Olahraga (1962-1967). Sebelumnya, dia menjabat Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Penerangan Kabinet Kerja I (10 Juli 1959-18 Februari 1960) dan Kabinet Kerja II (18 Februari 1960-6 Maret 1962).

Kala itu, Maladi mempunyai berbagai Ide brilyan untuk memajukan olahraga, khususnya sepak bola. Menjelang Asian Games I di New Delhi (India), Maladi mendatangkan pelatih asing untuk menangani tim nasional Indonesia, yaitu Choo Seng Que (Singapura), dan Tony Pogacnik (Yugoslavia).

Atas semua pengabdiannya, Maladi telah menerima berbagai bintang kehormatan dari negara maupun dunia internasional. Dia dimakamkan di Makam Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Kalibata pukul 13.00 hari Selasa 1 Mei 2001. Maladi meninggalkan seorang istri, Ny Siti Hadijah, sembilan putra, 18 cucu, dan dua cicit.

Menurut putra tertua almarhum, Manunggal Maladi, ayahnya meninggal karena mengidap penyakit komplikasi. "Bapak mengalami juga infeksi pernapasan. Kondisinya sudah terlalu tua, sehingga tidak bisa bertahan lebih lama lagi," kata Manunggal kepada Kompas di rumah duka, di Jl Gereja Theresia, Jakarta, Senin 30/4/2001.

Datang melayat ke rumah duka semalam, antara lain Presiden Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Abdurrahman Wahid
, serta Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Perhubungan dan Telekomunikasi Agum Gumelar yang juga Ketua Umum PSSI dan Sekum PSSI Tri Goestoro. ti/doan (sumber: kompas 1 mei 2001)

***

Seniman Musik

Dilahirkan di Matesih, Karanganyar, di kaki Gunung Lawu, Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Surakarta
, Jawa Tengah, 31 Agustus 1912. Sejak kecil sudah menyenangi alat musik terutama gamelan, tapi mengenal lagu pelajaran menyanyi disekolah melalui buku Kun je nog zingen, zing dan mee.

Menempuh pendidikan di HIS, MULO, AMS-B Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Di zaman revolusi, masuk divisi X TNI AD Solo, dengan pangkat terakhir mayor. Dikenal sebagai seorang pemain bola dengan posisi Penjaga Gawang (1930-1948) dengan nama samaran Wakidjan dan Suntiori. Pernah menjadi wasit sepakbola.

Tahun 1950-1959 ia diangkat menjadi Ketua Umum PSSI. Melihat kehebatan dan kecintaannya kepada olahraga, Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Presiden Soekarno
menunjuknya menjadi Menteri Olahraga (1962-1967). Sebelumnya, dia menjabat Menteri Penerangan Kabinet Kerja I (10 Juli 1959-18 Februari 1960) dan Kabinet Kerja II (18 Februari 1960-6 Maret 1962).

Kala itu, Maladi mempunyai berbagai Ide hebat untuk memajukan olahraga, khususnya sepak bola. Menjelang Asian Games I di New Delhi (India), Maladi mendatangkan pelatih asing untuk menangani tim nasional Indonesia, yaitu Choo Seng Que (Singapura) dan Tony Pogacnik (Yugoslavia).

Dalam mencipta lagu ia tidak dibantu peralatan musik sebagaimana jamaknya banyak pencipta. Ia tidak menggunakan piano, gitar, atau alat apapun. Ia hanya menulis lirik, kemudian disusul notasi angka atau not balok. "Saya bukan komponis, bahkan saya tidak pernah berpretensi jadi komponis. Saya hanya melukiskan situasi dan kondisi ketika itu saja. Kalau tidak ada dorongan dari situasi luar, saya pasti tidak jadi pencipta lagu,""ujarnya.

Lagu pertama ciptaannya berjudul Terompet Berbunyi, yang bertemakan himbauan kepada para pemuda untuk tidak saling berkelahi, lalu menyusul lagu-lagu ciptaannya yang lain, seperti, Solo di Waktu Malam, Di Bawah Sinar Bulan Purnama, Di Mana Gunung Berjumpa, Ombak Samudera, Di Sela-sela Rumput Hijau dan Nyiur Hijau yang kerap diputar menjelang siaran berita di RRI.

Menurutnya lagu-lagu sekarang belum menggambarkan wajah Indonesia ketika ditanya mengenai penciptaan lagu-lagu saat ini. Lagu terakhirnya Jayawijaya (1946), digubah dari ciptaan berbagai komponis kedalam rhapsody, yang coba menggabarkan Indonesia sejak Majapahit hingga merdeka, berdurasi 45 menit.

Sederhana, ketika menjadi menteri jarang muncul dengan jas dan dasi, lebih senang memakai jas tutup. Atas semua pengabdiannya, ia telah menerima berbagai bintang kehormatan dari negara maupun dunia internasional. Maladi wafat di Jakarta, 30 April 2001 karena sakit. TI

Sumber:http://www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/maladi.html

 

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 30 Aug 2007  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Kisah Kasihnya Dengan Isteri Dan Anak Pendiri Muhammadiyah

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Dalam buku ini akan dibahas beberapa bahan pangan penting yang memiliki khasiat ampuh untuk keawetmudaan dan panjang umur.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: