WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pendiri 'Harian Pedoman Rakyat'

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pendiri 'Harian Pedoman Rakyat'
Lazarus E Manuhua | TICOM | rpr-kompas

Pendiri harian Pedoman Rakyat yang terbit di Makassar, Lazarus Eduard Manuhua, meninggal dunia dalam usia 78 tahun, di Rumah Sakit Hikmah Makassar, Selasa malam 25 November 2003, akibat stroke yang telah dideritanya sejak tahun 1991. Tokoh pers kelahiran Ambon, 4 Juni 1925 yang biasa disapa para kerabatnya Tete, ini meninggalkan delapan anak, enam putri dan dua putra. Istrinya, Johanna Leonora Wacanno, telah berpulang lebih dulu tahun 1996.

Pendiri Pedoman Rakyat dan Ketua PWI Pusat (1988)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Lazarus E Manuhua

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Lazarus E Manuhua

QR Code Halaman Biografi Lazarus E Manuhua
Bio Lain
Click to view full article
Susilo Bambang Yudhoyono
Click to view full article
Urip Santoso
Click to view full article
Soekanto Tjokrodiatmodjo
Click to view full article
Sri Widiyantoro
Click to view full article
I Gusti Ketut Jelantik
Click to view full article
Sjahruddin Rasul
Click to view full article
Viky Sianipar

Jenazah Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
senior ini dimakamkan di Pemakaman Kristen Antang pada Rabu (27/11), setelah disemayamkan di rumah duka Jln. Cenderawasih I No. 12 Makassar. Tokoh pers nasional penerima Bintang Mahaputra Utama RI (1996) ini dikenal sebagai seorang tokoh pers yang karismatik dan profesional. Ia akan gusar jika di koran lain ada berita bagus, namun di korannya sendiri (Pedoman Rakyat) tidak ada.

Manuhua menjadi Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
sejak tahun 1943 di Kota Ambon untuk mingguan Sinar Matahari. Sebelum menjadi Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
mingguan tersebut, dia beberapa kali mengirimkan artikelnya. Artikel pertama yang dimuat Sinar Matahari, yang kemudian selalu menjadi kebanggaannya itu, berjudul Apa Kewajiban Pemuda Indonesia. Ia menjadi redaktur di Sinar Matahari sampai tahun 1947. Setelah hijrah ke Makassar, pada 1 Maret 1947 dia mendirikan Pedoman Rakyat, koran tertua di Makassar. Sampai akhir hayatnya ia menjabat Pemimpin Umum Pedoman Rakyat.

Ia juga sempat menjadi Wakil Pimpinan Antara Makassar (1967-1970), Ketua PWI Cabang (1948) dan Ketua PWI Pusat (1988). Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua kebaktian Rakyat Indonesia Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
Makassar (1948-1950). Berbagai partai politik pun sempat diikuti, seperti Partai Indonesia Merdeka Ambon (1947) Partai Kedaulatan Rakyat (1948).

Ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di Ambon, Mantan Sersan Militer Inggris
Mantan Sersan Militer Inggris
Maluku
. Sampai menyelesaikan Balai Pendidikan (Taman Siswa) tahun 1941, ia tetap di Ambon. Kemudian melanjutkan studi di Fakultas Sospol Unhas dan selesai 1988.

Penerima penghargaan 'Pena Emas' dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) juga memperoleh penghargaan Penegak Pers Pancasila (1989) saat menjabat pemimpin redaksi Pedoman Rakyat.

Dalam kepemimpinan, ia memandang aset paling utama dari sebuah penerbitan pers adalah sumber daya manusianya. Oleh karena itu, selain memberikan yang terbaik bagi karyawan, ia juga mengupayakan kenyamanan kerja dengan membangun kantor Pedoman Rakyat berlantai lima. Saat itu kantor harian Pedoman Rakyat termasuk paling besar di KTI.

Menurut Dahlan Abubakar, pemimpin Redaksi Pedoman Rakyat , di mata karyawannya, Tete termasuk orang yang sering berlaku unik di kantor. Ia sering berdiri mengintai di belakang wartawan yang sedang menulis berita. Kalau ada kesalahan dia baru menegur.

Pemimpin yang senang berburu binatang ini sangat akrab dengan karyawan dan wartawan. "Tak ada sekat antara kami dengan dia," kata Dahlan. Begitu pula menyangkut disiplin, Tete sangat peduli bahkan pertama kali kena stroke tahun 1991, ia tetap masuk kantor. "Profesionalitas inilah yang hilang di kantor ini sekarang," tuturnya.

Pemimpin Umum Harian Kompas Wartawan Pendiri dan Pemimpin Umum Kompas
Wartawan Pendiri dan Pemimpin Umum Kompas
Jakob Oetama
mengenang Manuhua sebagai tokoh pers yang moderat dan independen. "Sikap independen dan moderat yang menjadi ciri kategori koran-koran menemukan personifikasinya pada diri Lazarus Eduard Manuhua," kata Wartawan Pendiri dan Pemimpin Umum Kompas
Wartawan Pendiri dan Pemimpin Umum Kompas
Jakob Oetama
dalam buku Abdi Pers LE Manuhua: Dari Ambon Ke Makassar Untuk RI, sebuah buku yang diterbitkan tahun 1996 untuk menyambut 70 tahun usia Manuhua.

Dalam buku yang sama Tribuana Said, tokoh pers lainnya, menyebutkan, "Pak Manuhua mempunyai rasa kebersamaan dan kesetiakawanan yang tinggi antarsesama pers." TI

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 23 Nov 2003  -  Pembaharuan terakhir 28 Feb 2012
Pembelajar Politik Capres 1978 Pakar Penerapan Syariat Islam

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Jual Buku-buku Pilihan

Buku Pilihan

thumb

Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik organism manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: