WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Kisah Si Kabayan

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Kisah Si Kabayan
Jakob Sumardjo | TokohIndonesia.com | Dok.Pri

Prof. Drs Jakob Sumardjo, esais kelahiran Klaten, Jawa Tengah, 26 Agustus 1939, kini, selain mendalami pantun Sunda, juga tengah mendalami berbagai kisah Si Kabayan. Menurutnya, kisah-kisah humor yang terdapat dalam Si Kabayan itu selalu mengandung nilai-nilai filosofis ala kaum sufistik.

Guru Besar Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung
Lihat Curriculum Vitae (CV) Jakob Sumardjo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Jakob Sumardjo

QR Code Halaman Biografi Jakob Sumardjo
Bio Lain
Click to view full article
El Manik
Click to view full article
Ichwan Azhari
Click to view full article
Sunis Munandar
Click to view full article
Sitor Situmorang
Click to view full article
Eddy Silitonga
Click to view full article
Zaenal Maarif
Click to view full article
Edy Harjoko

Alkisah, Si Kabayan menanyai istrinya tentang apa yang akan dilakukannya kalau suatu hari keduanya mendadak kaya raya. Istrinya bilang, bila kaya raya ia akan membeli segala barang yang selama ini diimpikannya, mulai dari rumah mewah, perhiasan, mobil, dan sebagainya. Pokoknya ingin hidup enak.

Mendengar jawaban istrinya semacam itu, seketika itu pula Si Kabayan memukuli pantat istrinya sambil berkata, "Kamu Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
boros, tidak bisa menjaga harta suami!". Dipukul semacam itu, tentu saja istri Si Kabayan nangis keras hingga bapak mertuanya datang. Lalu ditanyalah Si Kabayan oleh sang mertua, apakah Si Kabayan sudah memberi sejumlah uang kepada istrinya? Dengan enteng Si Kabayan menjawab, bahwa hal itu belum dilakukannya.

"Kita bisa tertawa mendengar kisah itu. Namun demikian, hikmah yang dikandungnya cukup mendalam, bahwa berpikir tentang yang bukan-bukan itu tidak boleh. Ini artinya manusia senantiasa harus merujuk dirinya dengan apa yang dipunyainya. Lebih tegasnya, harus realistis dalam membaca denyut kehidupan yang ada di hadapan dirinya," ujar Jakob Sumardjo, yang menulis esai di HU Pikiran Rakyat sejak awal tahun 1970-an.

Pada bagian lain, Jakob mengakui bahwa sastra dan budaya Sunda itu tidak kalah dengan sastra dan budaya lainnya yang diproduksi oleh suku-suku lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Orang yang menciptakan tokoh Kabayan itu, pastilah orang genius. Saya yakin penulis kisah Si Kabayan itu dari kalangan kaum sufi. Kalau tidak, mana mungkin humor-humor tersebut mengandung hikmah semacam itu," kata Jakob, sambil menambahkan, selain mendalami kisah Si Kabayan, ia tengah menulis pula sejumlah cerita pendek yang siap diterbitkannya jadi buku. (Soni FM/PR Rabu, 21 Februari 2007).

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 25 Aug 2007  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Bapak Film Komedi Indonesia Agar Prt Menjadi Profesi Bernilai

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Jusuf Kalla

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Pastor and New York Times bestselling author Joel Osteen offers 90 days of inspirational devotions to help you become the best that you can be in every area of your life.

Note: 98% terawat, Hardcover, a must have.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: