WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Politisi Mumpuni Bertangan Dingin

Politisi Mumpuni Bertangan Dingin
e-ti | indomedia

Mantan Wakil Ketua DPR/MPR dan mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) Ismail Hasan Metareum meninggal di Rumah Sakit (RS) Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu 2 April 2005 dini hari pukul 02.00 wib. Jenazah politisi mumpuni dan bertangan dingin kelahiran Sigli, Aceh 4 April 1929, ini dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, sore harinya.

Ketua Umum DPP PPP (1989-1994)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Ismail Hasan Metareum

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Ismail Hasan Metareum

Sudah seminggu lebih mantan Ketua Umum HMI (1957-1960) ini dirawat di RS Pelni Petamburan, Jakarta Barat. Dia yang akrab dipanggil Buya, meninggalkan seorang istri, Mariani yang dinikahinya tahun 1959, dan lima orang putra-putri, yakni Ratna Zahara, Nasaruddin, Hilman, Mustafa Basri, dan Taufiqurrahman, serta sejumlah cucu.

Buya sudah malang-melintang di panggung politik Indonesia sejak tahun 1968. Memimpin PPP selama dua periode, sejak tahun 1989 hingga 1998. Di legislatif, pernah menjabat Sekretaris Fraksi PPP, anggota DPR RI, penasihat Fraksi PPP, Ketua Komisi sampai Ketua DPR/MPR. Dia juga ikut mendirikan Partai Demokrasi Islam bersama Bung Hatta dan Deliar Noer.

Buya seorang politisi yang mumpuni dan 'bertangan dingin'. Dia sosok yang luwes dalam pergaulan namun teguh memegang prinsip. Seorang pejuang Islam dengan akhlak karimah.

Buya juga dikenal sebagai sosok pejuang bagi masyarakat Aceh. Dia memprakarsai terbentuknya Forum Keprihatinan untuk Aceh (1999). Terakhir Buya menjabat sebagai penasihat Taman Iskandar Muda (komunitas masyarakat Aceh) di Jabotabek.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini pernah menjadi dosen di universitas itu dan beberapa perguruan tinggi. Juga pernah menjadi Penasihat Khusus Delegasi Indonesia pada Sidang Umum PBB di New York, AS (1978). tsl

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh sira  -  Dibuat 02 Apr 2005  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Pedoman tentang wine dalam bahasa Indonesia yang komprehensif. Buku yang mudah dibaca disertai ilustrasi-ilustrasi yang dapat memperkaya pengetahuan mengenai wine.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: