WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Gubernur Jatim 1998-2008

Gubernur Jatim 1998-2008
Imam Utomo | TICOM | rpr

Mayor Jenderal TNI (Purn) Imam Utomo, dua periode menjabat Gubernur Jawa Timur, yakni periode 1998-2003 dan 2003-2008. Pria kelahiran Jombang, 14 Mei 1943, ini sebelumnya menjabat Panglima Kodam V Brawijaya 1995-1997, Asisten Personel KSAD 1993-1995, Kepala Staf Kodam V Brawijaya 1990-1993 dan Komandan Korem 084/Suranaya 1990.

Gubernur Jawa Timur (1998-2003 dan 2003-2008)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Imam Utomo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Imam Utomo

Kemudian ia digantikan Soekarwo, yang terpilih berpasangan dengan Syaifullah Yusuf (Wakil Gubernur) melalui Pilkada yang amat kontroversial.

Pada periode kedua (2003-2008) Imam Utomo terpilih berpasangan dengan Soenarjo (Wakil Gubernur) yang dicalonkan F-PDIP dan F-Gabungan dengan meraih 63 dari 100 suara. Sementara pesaingnya pasangan Abdul Kahfi-Ridwan Hisjam yang dicalonkan F-PKB dan F-PG hanya memperoleh 34 suara. Sementara satu suara abstein dan dua suara tidak sah.

Pemilihan Gubernur Jawa Timur itu berlangsung tertib dan lancar dalam Sidang Paripurna DPRD Jawa Timur, Kamis 17 Juli 2003. Perolehan suara mutlak Imam Utomo ini menghantarkannya memimpin Jawa Timur untuk kedua kali, dan merupakakan sejarah baru kepemimpinan Jatim karena belum ada gubernur yang memimpin 2 periode bertururt-turut di Jawa Timur.

Sebelum pemilihan, kubu Imam Utomo yang dikarantina di Hotel JW Marriott sudah yakin meraih minimal 64 suara. Perinciannya, Suara FPDIP utuh 31, FGab utuh 15 suara, dan FTNI-Polri utuh 10 suara. Kemudian ditambah 6 suara yang berhasil diambil dari Fraksi Partai Golkar (FPG), dan 2 suara dari FKB. "Setelah dihitung-hitung, suara yang akan kita peroleh ya 64 itu," kata Wakil Ketua FGab Farid Al Fauzi.

Sementara kubu Abdul Kahfi mengklaim akan memperoleh 50 suara, masing-masing, 33 suara utuh dari FKB, 11 suara utuh dari FPG, mengambil 3 suara dari FGab, dan 3 suara dari FPDIP. Tapi perkiraan ini jauh meleset. Ketua Dewan Suryo PKB Abdurrahman Wahid yang memonitor jalannya pemilihan di salah satu hotel di Surabaya tampak sangat kecewa dengan tidak solidnya suara koalisi strategis PKB, Golkar dan PAN yang baru saja mereka bangun. Dengan nada sangat kecewa ia mengatakan bahwa gagasan koalisi strategis itu gombal.

Gus Dur yakin F-PKB solid. Sebab pada malam sebelumnya, Gus Dur telah membaiat semua anggota F-PKB DPRD Jatim di depan sejumlah kiai dengan ancaman dilaknat dan dicabut nyawanya. Sehingga Gus Dur menyatakan bingung sekali dengan sikap anggota F-PG, F-PAN, F-TNI/Polri dan F-Gab. Pihak PKB merasa dikadali. Sebaliknya, Ketua DPD Partai Golkar Jatim Ridwan Hisjam membantah anggota fraksinya membelot. Ridwan yakin suara F-PG solid.

Kekecewaan juga tidak dapat terhindari Abdul Kahfi. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan sangat tidak menduga sama sekali kecilnya perolehan suara yang memilihnya. Jika dilihat dari jumlah F-KB dan F-PG yang mendukungnya saja sekurangnya ia harus mengantongi 44 suara.

Kendati saat berlangsungnya penghitungan suara, Kahfi mencoba sportif. Saat penghitungan suara mencapai suara ke 52 untuk Imam Utomo dan 28 suara untuk Abdul Kahfi, ia dan pasangannya Ridwan Hisjam langsung menghampiri dan memberi ucapan selamat kepada Imam Utomo-Soenarjo sambil berangkulan.

Kemenangan mutlak pasangan Imam Utomo-Soenarjo diperkirakan ditentukan 10 suara F-TNI/Polri. Pada Rabu malam sebelumnya (16/7/03), Pangdam V/Brawijaya Mayjen AD Sikky memberikan briefing kepada fraksi tersebut dalam sebuah tempat di kawasan Juanda. Sedangkan tujuh suara lainnya diperkirakan dari F-KB dan Fraksi Partai Golkar (FP-G), yang dari awal pencalonan sudah kurang solid untuk mendukung duet Abdul Kahfi-Soenarjo.

Dengan kemenangan Imam Utomo-Soenarjo sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2003-2008 maka proses selanjutnya adalah tahapan uji publik calon terpilih dengan masyarakat, yang tahapannya selama tiga hari terhitung mulai pemilihan.

Menurut Ketua DPRD Jatim Bisjrie Abdul Djalil, di Surabaya, Kamis (17/7), tahapan uji publik adalah sesuai tata tertib pemilihan gubernur, yang memberikan kesempatan pada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kalau ada masalah.Dia mengatakan, kalau nama-nama yang telah terpilih tidak ada masalah maka langsung dikirimkan ke Mendagri di Jakarta untuk diproses lebih lanjut.

Sementara, Imam Utomo yang menyambut syukur dan gembira kemenangannya menyatakan akan merangkul semua partai dan masyarakat untuk secara bersama-sama membangun Jawa Timur. Mantan Panglima Kodam V Brawijaya itu menyatakan akan melakukan pendekatan kepada partai lain yang secara politik tidak mendukungnya dalam pemilihan itu. e-ti

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 18 Jul 2003  -  Pembaharuan terakhir 28 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ilustrasi dan foto tentang berbagai spesies kupu-kupu di indonesia dan tanaman/pohon buah habitatnya.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: