WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Gubernur Babel Pertama

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Gubernur Babel Pertama
Hudarni Rani | TokohIndonesia.com | wikipedia

HA Hudarni Rani gubernur pertama Provinsi Bangka-Belitung (Babel). Pria kelahiran Sungai Liat, 20 November 1950, ini berpasangan dengan Suryadi Saman sebagai Wakil Gubernur. Keduanya dinilai representatif mewakili dua kelompok besar masyarakat di provinsi itu, yaitu masyarakat Pulau Bangka dan masyarakat Pulau Belitung.

Gubernur Babel Pertama
Lihat Curriculum Vitae (CV) Hudarni Rani

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Hudarni Rani

QR Code Halaman Biografi Hudarni Rani
Bio Lain
Click to view full article
Darwis Triadi
Click to view full article
Butet Kartaredjasa
Click to view full article
Ari H Soemarno
Click to view full article
Muchtar Pakpahan
Click to view full article
Herman Prayitno
Click to view full article
Ribka Tjiptaning
Click to view full article
Kivlan Zen

HA Hudarni Rani yang menjalani pendidikan sejak SD sampai SMA di "ibu kota" Kabupaten Bangka itu. Baru ketika menempuh pendidikan tinggi, Hudarni mengembara ke Bandung, kuliah di jurusan Administrasi Niaga STIA LAN Bandung, dan kemudian mendapatkan gelar sarjana hukumnya di Universitas Nusantara Bandung.

Sedangkan Suryadi Saman merupakan putra kelahiran Tanjung Pandan, Belitung, 8 Desember 1965, yang menekuni pendidikan sampai Pascasarjana Program Biologi Minyak, Science Faculty, Texas AM University.

Dalam kapasitasnya masing-masing, Hudarni dan Suryadi merupakan tokoh-tokoh pejuang di Babel. Hudarni yang pernah menjadi Ketua DPRD Pangkal Pinang (1997-1999) kemudian menjadi Wakil Ketua DPRD Babel dari Partai Golongan Karya sebelum terpilih sebagai gubernur adalah salah satu tokoh yang menandatangani dokumen awal usulan ditetapkannya Babel sebagai provinsi tersendiri.

Oleh karena itulah, di mata Amung Tjandra, salah seorang tokoh pejuang berdirinya Provinsi Babel, Hudarni dinilai pas sebagai gubernur karena beliau memang ikut memperjuangkan berdirinya provinsi ini.

"Itulah bentuk penghargaan kita kepada mereka yang memang benar-benar berjuang untuk menjadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini," ungkapnya sambil menambahkan bahwa Hudarni adalah salah seorang wakil masyarakat yang ikut memperjuangkan Provinsi Babel ke Jakarta.

Sementara Suryadi Saman, juga merupakan Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
karena beliau adalah Ketua Yayasan Pusat Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Babel. Sebagai anak mantan karyawan timah, Suryadi yang dicalonkan Fraksi Pembaruan DPRD Babel, merasakan betul bagaimana suka duka hidup di Babel selama PT Timah masih berjaya dan saat sekarang ini.

Mutlak
Meskipun tidak tertulis hitam di atas putih, "kesetaraan" antara wakil masyarakat Bangka dan wakil masyarakat Pulau Belitung dalam organisasi pemerintahan di Provinsi Babel, merupakan sesuatu yang mutlak diperhatikan.

Amur, Amung, maupun anggota DPRD Babel Hasan Said, menyebutkan kesetaraan antara Bangka dan Belitung itu memang sudah menjadi kesepakatan bersama sejak awal, sehingga tidak terlalu mengherankan bila kemudian pasangan Hudarni dan Suryadi yang paling banyak mendapatkan suara di DPRD Babel.

"Itu aspirasi dan rakyat Bangka dan Belitung yang harus kami perhatikan. Dan sudah menjadi kesepakatan di partai-partai untuk menjadi perhatian kami," ungkap Hasan Said.

Dibandingkan calon-calon gubernur dan wagub Babel lainnya, pasangan Hudarni dan Suryadi selain mewakili dua kelompok besar masyarakat Babel, juga mempunyai nilai lebih sebagai tokoh-tokoh yang sudah terbukti mengabdikan dirinya untuk memperjuangkan kemajuan Babel.

Oleh karena itu, di pundak pasangan inilah nasib masyarakat Babel tergantung. Akan tetapi, dengan dukungan yang umumnya positif dari masyarakat Babel terhadap pasangan gubernur dan wagub barunya ini, Hudarni dan Suryadi paling tidak sudah mempunyai modal awal yang baik untuk memajukan Provinsi Babel. Sumber: Kompas, 23 April 2002 TI

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 28 Mar 2006  -  Pembaharuan terakhir 25 Feb 2012
Pilih Dua Duanya Penolong Tuna Rungu

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini bicara bagaimana membuat tulisan cerpen dengan cara yang mudah dan cepat dapat dilakukan, menarik dan ada pola yang jelas.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: