WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Mencegah Disintegrasi Bangsa

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Mencegah Disintegrasi Bangsa
Hari Sabarno | TokohIndonesia.com | bpkp

Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno ditunjuk Presiden Megawati Soekarnoputri sebagai Menko Polkam ad interim, Jumat 12 Maret 2003, menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono yang sehari sebelumnya mengajukan permohonan undurkan diri. Presiden mengangkat Hari Sabarno karena yang bersangkutan dinilai cakap dan memahami tugas Menko Polkam.

Menteri Dalam Negeri KGR (2001-2004)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Hari Sabarno

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Hari Sabarno

QR Code Halaman Biografi Hari Sabarno
Bio Lain
Click to view full article
Danudirja Setiabudhi
Click to view full article
Ibu Soed
Click to view full article
Hilman Sulaiman
Click to view full article
Rahmaniar
Click to view full article
Ace Suryadi
Click to view full article
Megawati Soekarnoputri
Click to view full article
Djaduk Ferianto

"Beliau pejabat di lingkungan polkam yang paling senior. Dan, dari penilaian presiden, beliau cakap untuk tugas itu," kata Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Sekretaris Negara Bambang Kesowo dalam jumpa pers di Sekretariat Negara, Jumat malam. Penunjukan itu ditetapkan dalam surat Sekretaris Negara kepada Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno tertanggal 12 Maret 2004. "Keputusan itu telah diberitahukan kepada Mendagri," paparnya.

Sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Dalam Negeri, ia melihat tantangan ke depan adalah adanya gejala disintegrasi melalui gerakan yang halus sampai terbuka. Harus dipelajari kedalamannya apakah murni kepingin merdeka sendiri atau hanya sebagai satu move karena rasa keadilan politik, ekonomi, kesejahteraan yang kurang diperhatikan.

Mendengar namanya disebut dalam pengumuman pembentukan Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Kabinet Gotong Royong
, ia merenung. Tetapi karena itu satu amanah, satu permintaan dari negara melalui presiden, ia sebagai individu yang berlatar belakang militer tidak pernah menawar sesuatu perintah atau tugas, sebab tugas dan perintahan itu adalah kehormatan. Bahwa menjadi menteri itu tidak untuk enak-enakkan, tetapi mengemban tugas berat dan mulya. Kepercayaan besar yang diberikan kepadanya merupakan satu kehormatan dan pengakuan atas integritas diri dan kemampuan untuk memimpin suatu departemen yang strategis.

Jenderal bintang tiga, ayah dua orang anak, Vina S Priamsari dan Fery Indrayudha, ini mengatakan bahwa sebagai orang yang berlatar belakang prajurit, kalau diberi suatu kepercayaan maka semua itu harus dilakukan seoptimal mungkin.

Bagi pria kelahiran Solo, 12 Agustus 1944 ini, pengangkatannya menjadi Menteri Dalam Negeri, selain amanah juga merupakan "kado" istimewa hari ulang tahunnya yang ke-57. Sebelum pengumuman itu, sebenarnya malam harinya pukul 01.00 ia telah ditelepon Ibu Presiden. Saat ditelepon itu, ia menyatakan ini satu kehormatan, amanah dari Allah SWT.

Tentang pengangkatannya, suami RA Dewi Margawati, ini yakin bahwa presiden bersama para stafnya tentunya sudah melakukan penilaian mendalam kepada dirinya.

Pengalamannya di Majelis menjadi modal yang sangat berharga baginya masuk ke dunia eksekutif. Karena ia dari legislatif, ia paham bagaimana harus berhadapan dengan legislatif. Waktu jadi Ketua Komisi II ia bertanya kepada Mendagri, tentu gilirannya yang akan ditanya oleh Ketua Komisi II.

Sebelum menjabat Mendagri, ia masih menjabat Wakil Ketua MPR dari Fraksi TNI/Polri. Perjalanan kariernya berawal pada tahun 1967, setlah lulus dari pendidikan militer dengan pangkat Letnan Dua. Ia mendapat promosi pertama sebagai Komandan Peleton dan Kasi-2 Brigade Infantri di Kodam Brawijaya antara tahun 1968-1975.

Kemudian jabatan Komandan Batalyon (Danyon) dan Komandan Korem (Danrem) di Kodam Siliwangi diembannya dari pangkat Letkol hingga Kolonel dalam kurun waktu 11 tahun (1982-1993). Karier militernya makin menanjak setelah ia dipromosikan menjabat Wakasospol dan Asospol Kasospol ABRI di Mabes ABRI, pada 1994-1995.

Setelah itu, ia dipercayakan mewakili ABRI di lembaga legislatif sejak 1995. Langsung menjadi Ketua Fraksi ABRI. Kemudian terpilih menjadi Wakil Ketua MPR/DPR dari Fraksi TNI/Polri hingga 2001 dengan pangkat terakhir Letjen TNI. Kiprahnya di lembaga legislatif itu sangat berhasil. Terbukti, masa aktifnya diperpanjang selama dua tahun agar ia bisa tetap mejabat unsur pimpinan MPR/DPR mewakili TINI/Polri.

Jenderal yang murah senyum ini mendapat penghargaan "The Best Executive Award" Reformasi 1999. Ia juga menggenggam sejumlah bintang jasa seperti Bintang Kartika Eka Paksi Nararya dan Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya dan Pratama serta Bintang Mahaputra Adhipradana. tsl, dari berbagai sumber

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 12 Mar 2004  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Si Mutiara Yang Jumpa Lagi Buku Hidup Si Anak Desa

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Dinosaurus!: Utahraptor dan Dinosaurus Serta Reptil lainnya Dari Cretaceous Awal

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: