WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Bulan Bintang dari Bima

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Bulan Bintang dari Bima
Hamdan Zoelva | e-ti | vivanews

Pria kelahiran Bima, Nusa Tenggara Barat, 21 Juni 1962 ini terpilih Hakim Konstitusi pada Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia yang dijabatnya sejak tahun 2010. Sebelumnya, lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (1986) ini berprofesi pengacara. Kini ia menjabat Wakil Ketua Kemisi II DPR dari Partai Bulan Bintang, yang membidangi Hukum dan Dalam Negeri. Selain itu, ia juga pernah menjabat Ketua DPP PBB (2000-2005).

Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi 2013-2016
Lihat Curriculum Vitae (CV) Hamdan Zoelva

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Hamdan Zoelva

QR Code Halaman Biografi Hamdan Zoelva
Bio Lain
Click to view full article
Budi Hamidjaja
Click to view full article
Achmad Roestandi
Click to view full article
Jakob Tobing
Click to view full article
Sudi Silalahi
Click to view full article
Dahlan Iskan
Click to view full article
Adjie Massaid
Click to view full article
Andi Djemma
BERITA TERBARU

Suami dari R.A. Nina Damayanti, S.H. (pengacara) ini mengawali pendidikan di Madrasah Tsanawiyah, Bima, 1975-1977. Kemudian melanjut ke Madrasah Aliyah, Bima, 1977-1981 dan Fakultas Hukum Unhas, Makassar, 1981-1986. Kemudian, memperdalam pengetahun di Universitas Pelita Harapan Karawaci, Tangerang, 1999 serta mengikuti kursus Bahasa Inggris LPM, Jakarta, 1988 dan kursus Pasar Modal Depkeu, Jakarta, 1994.

Ayah dari tiga anak ini (Muhammad Faris Aufar, tanggal lahir 12-09-1992, SDN II, Jakarta; Ahmad Arya Hanafi, tanggal lahir 13-08-1994, SDN I, Jakarta; dan A. Adib Karamy, tanggal lahir 10-11-2001), menjadi anggota Fraksi PBB DPR dari Daerah Pemilihan Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kiprahnya sebagai anggota DPR cukup menonjol. Ia adalah anggota Bamus DPR RI, Wakil Ketua Komisi II DPR RI
Anggota BP MPR RI, Sekretaris Fraksi PBB DPR RI, dan Wakil Sekretaris Fraksi PBB MPR RI. Selain itu, ia juga aktif sebagai anggota Komisi A (Amandemen UUD) MPR RI, dan anggota Panitia Ad Hoc I (Amandemen UUD 1945) MPR RI.

Sebelum menjadi anggota DPR ia sempat berprofesi guru sebagai Asisten Dosen Fakultas Hukum Unhas, Makassar, 1986-1987 dan Asisten Dosen Fakultas Syari'ah IAIN, Makassar, 1986-1987. Kemudian, beralih menjadi asisten Pengacara OC. Kaligis and Association, Jakarta, 1987-1990 dan Rekan Pengacara Law Firm SPJH and J, Jakarta, 1990-1997, sampai akhirnya ia mendirikan HSJ, Jakarta, 1997-2000.

Ia seorang Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
yang religius. Hal ini tak terlepas dari pengasuhan orang tuanya. Ayahnya, H. Muhammad Hasan, BA adalah seorang pensiunan Guru Agama. Sementara, ibunya, Hajjah Siti Zaenab, seorang ibu rumah tangga yang sangat memperhatikan pendidikan agama anak-anaknya.

Pria yang hobi olahraga golf ini menguasai bahasa Inggris secara aktif dan bahasa Arba pasif. Ia juga berkecimpung dalam beberapa organisasi, antara lain anggota Ikham Jakarta, anggota Ikadin Jakarta, 1994-sekarang, Ketua Badko HMI Indonesia Timur, 1985-1987, Ketua PPMI, Jakarta, 1998-2000, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PBB, Jakarta, 1998-2000.

Ketua Umum PP Pemuda Bulan Bintang, Jakarta, 1998-sekarang, Ketua DPP PBB, Jakarta, 2000-2005, dan Deputy Chairman Asean Muslim Youth Secretariat (AMSEC) kedudukan di Kuala Lumpur.

Selain bekerja sebagai seorang profesional (konsultan, pengacara, dll), ia juga memiliki perusahaan. e-ti, sumber Komisi II DPR

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 28 Jan 2003  -  Pembaharuan terakhir 13 Sep 2013
Bekerja Kreatif Inovatif Dan Religius Berjuang Lewat Muhammadiyah

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Bersikaplah gembira, murah hati, bersuka-cita dan mampu memaafkan. Ya, Anda bisa memiliki semua sikap itu sekalipun Anda miskin harta sama sekali! Tersenyumlah senantiasa sekalipun orang memusuhi Anda. Sang Buddha Tertawa akan menunjukkannya kepada kita.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: