WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Jujur, Bersih dan Bersahaja

Gubernur Sumut 1978-1983

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Gubernur Sumut 1978-1983
EWP Tambunan | Ensikonesia.com | Seskoad

Gubernur Sumatera Utara periode 1978-1983 ini terkenal sangat jujur, bersih dan berpenampilan bersahaja. Dia gubernur kebanggaan Sumut dengan keteladanannya membangun good governance. Dia gubernur yang reformis, anti KKN, saat Orde Baru masih berkuasa.

Gubernur Sumut 1978-1983
Lihat Curriculum Vitae (CV) EWP Tambunan

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) EWP Tambunan

QR Code Halaman Biografi EWP Tambunan
Bio Lain
Click to view full article
Saykoji
Click to view full article
Raden Pandji Soejono
Click to view full article
Lily Chodidjah Wahid
Click to view full article
Go Tik Swan
Click to view full article
Andi Rabiah
Click to view full article
Gesang Martohartono
Click to view full article
Maia Estianty

Saking jujurnya, seluruh anggaran siap pakai yang dijatahkan untuk gubernur dikembalikan. Namun karena kejujurannya, dia hanya diberi kesempatan satu periode memimpin Sumut. EWP Tambunan yang terkenal selalu memakai peci berwarna merah, khas melayu.

Dia seorang kristiani yang menanamkan dengan baik semangat tolerasi antarumat beragama di Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
. Dia lebih mengutamakan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan budaya serta karakter yang kuat daripada pembangunan fisik yang bersifat mercusuar. Dialah yang menggalakkan Pesta Danau Toba dan memopulerkan salam horas, majua-jua, penjua-jua, ahoi, yang terkenal dengan lima subsuku besar di Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
.

EWP Tambunan sangat berpihak kepada ekonomi kerakyatan. Dia menggagas Pola Inti Rakyat (PIR) Perkebunan dan mengharuskan perkebunan besar mengembangkannya. Bagi dia perkebunan besar hanya bisa dikembangkan sebagai perkebunan inti dari plasma (rakyat yang masing-masing mengelola dua hektar) perkebunan. Pola ini sempat berkembang di Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
selama periodenya menjadi Gubernur.

Bahkan dia sempat meresmikan penerapan pola PIR Hotel di Ajibata, Parapat, Danau Toba. Tapi setelah dia digantikan Kaharuddin Nasution, pola PIR ini tidak lagi dilanjutkan. Menurut Tambunan, pola PIR merupakan pola pemberdayaan masyarakat yang paling baik. Dia tidak ingin rakyat hanya menjadi kuli di perkebunan. Melainkan, rakyat harus menjadi pemilik sebagai plasma yang dibina perusahaan inti.

Tambunan juga terkenal sangat rajin berkunjung ke semua pelosok Sumut. Dalam setiap kunjungannya, dia selalu menolak jika dilakukan acara penyambutan seperti menyambut raja. Dia sering berhenti di persawahan, menyapa petani dan memberi dorongan agar bekerja lebih giat.

Dia sangat kecewa, ketika tidak lagi bisa melanjutkan pengabdiannya untuk periode kedua. Dia harus diganti karena kejujurannya. Maklum, para pejabat dari pusat tak pernah dilayaninya dengan berbagai fasilitas bahkan pemberian yang lazim dilakukan kala itu. "Mereka datang ke daerah ini dengan SPJ dari instansinya," katanya dengan tegas.

Mantan Gubernur Sumatera Utara EWP Tambunan meninggal dunia sebagai kesatria pada Selasa malam 17 Januari 2006 di kediamannya, Jalan Kayu Putih Tengah, Jakarta Pusat. Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
datang melayat. e-ti

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 18 Jun 2007  -  Pembaharuan terakhir 25 Apr 2013
Keterbukaan Jorga Ibrahim Pewarta The Golden Ways

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik organism manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: