WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Petinju Indonesia Pertama Juara Dunia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Petinju Indonesia Pertama Juara Dunia
Ellyas Pical | e-ti | wikipedia

Ellyas Pical adalah petinju Indonesia pertama meraih gelar juara dunia tinju profesional. Petinju kelahiran Saparua, Ambon, 24 Maret 1960, ini merebut gelar juara IBF kelas bantam yunior (kelas super terbang) dari petinju Korea Chun Ju-do di Jakarta pada 3 Mei 1985. Rekor karir profesionalnya, adalah 20 kemenangan (11 KO), 1 seri dan 5 kekalahan.

Juara IBF Kelas Bantam Yunior 1985, 1986, 1987
Lihat Curriculum Vitae (CV) Ellyas Pical

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Ellyas Pical

QR Code Halaman Biografi Ellyas Pical
Bio Lain
Click to view full article
Tumpak Hatorangan
Click to view full article
Djoko Santoso
Click to view full article
Jimly Asshiddiqie
Click to view full article
Vina Panduwinata
Click to view full article
Andar Lumban Tobing
Click to view full article
Benny Likumahuwa
Click to view full article
Irwandi Yusuf

Elly memiliki pukulan hook dan uppercut kiri yang terkenal cepat dan keras. Sehingga pukulannya dijuluki oleh pers sebagai "The Exocet", merujuk pada nama rudal milik Perancis yang digunakan oleh Inggris dalam Perang Malvinas saat itu.

Kemudian, Elly mempertahankan gelar melawan petinju Australia, Wayne Mulholland, 25 Agustus 1985. Lalu dikalahkan petinju Republik Dominika, Cesar Polanco dengan angka di Jakarta. Kekalahan ini memacu Elly lebih giat berlatih sehingga ia bangkit dan membalas kekalahannya dengan memukul KO Cesar Polanco pada pertandingan kedua di Jakarta, 5 Juli 1986.

Setelah itu, Elly mempertahankan gelar melawan petinju Korea Selatan, Dong-chun Lee. Namun, ia dikalahkan petinju Thailand, Khaosai Galaxy dengan KO pada ronde 14, pada tahun 1987. Elly sempat merasa terpukul akibat kekalahannya. Namun setelah beberapa bulan, semangatnya bangkit kembali dan mampu merebut kembali gelar IBF kelas bantam yunior dari sang juara bertahan Tae-ill Chang, dari Korea Selatan.

Setelah dua tahun mempertahankan gelar tersebut, Elly harus melepas gelar juara itu setelah dikalahkan Juan Polo Perez dari Kolombia, pada 4 Oktober 1989 di Ronoake, Virginia, AS. Setelah kekalahan dari Perez, Elly masih sempat bertanding non gelar sebanyak 3 kali, namun prestasinya sudah semakin menurun. Sejak itu, namanya tidak lagi berkibar di dunia tinju.

Belakangan suami dari Rina Siahaya Pical, dan ayah dari dua orang putra (Lorinly dan Matthew) yang tidak sempat lulus SD ini bekerja sebagai petugas keamanan (satpam) di sebuah diskotik di Jakarta. Hal ini terpublikasi, setelah ia ditangkap Kapolri (1968-1971)
Kapolri (1968-1971)
polisi
pada 13 Juli 2005 karena melakukan transaksi narkoba di sebuah diskotik. Penangkapannya cukup mengundang keprihatinan dari berbagai pihak dengan menyoroti tiadanya jaminan hidup yang diberikan pemerintah kepada atlet yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara.

Elly divonis hukuman penjara selama 7 bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Setelah bebas dari penjara, Elly sempat ditampung bekerja di KONI pusat, sebagai asisten ketua KONI kala itu, Agum Gumelar. Kini ia dan keluarganya tinggal di perumahan Duta Bintaro, Kabupaten Tangerang.

Sejak Kecil Gemar Tinju
Elly sudah gemar olahraga tinju sejak kecil. Elly yang pada masa kecil sering menghabiskan waktu sebagai pencari mutiara alami dengan menyelam sampai ke dasar laut hingga berakibat pendengarannya kurang peka, itu sangat senang menonton pertandingan-pertandingan tinju di TVRI, terutama pertandingan Muhammad Ali kala itu.

Pada usia 13 tahun, ia sudah ikut berlatih secara sembunyi-sembunyi karena dilarang oleh kedua orangtuanya. Ia pun memulai karirnya sebagai petinju amatir di kelas terbang. Ia pun beberapa kali menjadi juara mulai dari tingkat kabupaten hingga kejuaraan Piala Presiden.

Karir profesionalnya dimulai tahun 1983 dalam kelas bantam junior. Elly pun meraih juara OPBF setelah mengalahkan Hi-yung Chung asal Korea Selatan dengan kemenangan angka pada 19 Mei 1984 di Seoul, Korea Selatan. Atas kemenangan ini, Elly menjadi petinju profesional pertama Indonesia yang berhasil meraih gelar internasional di luar negeri. Kemudian, Elly berkesempatan menantang juara IBF kelas bantam yunior (atau kelas super terbang) dari petinju Korea Chun Ju-do. Pertandingan itu diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 3 Mei 1985 yang berhasil dimenangkan Ellyas Pical. ti/tsl

Refrensi:
- www.id.wikipedia.org/wiki/Ellyas_Pical

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 24 Mar 2009  -  Pembaharuan terakhir 25 Feb 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: