WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Cendekiawan Ilmu Politik

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Cendekiawan Ilmu Politik
e-ti | rpr-pdat

Cendekiawan ilmu politik yang kritis Prof Dr Deliar Noer MA meninggal dunia dalam usia 82 tahun Rabu 18 Juni 2008 pukul 10.30 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Mantan Rektor IKIP Jakarta kelahiran Medan 9 Februari 1926, itu meninggalkan istri tercinta, Zahara (76), dan seorang anak, Dian, dan tiga cucu.

Mantan Rektor IKIP Jakarta
Lihat Curriculum Vitae (CV) Deliar Noer

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Deliar Noer

QR Code Halaman Biografi Deliar Noer
Bio Lain
Click to view full article
Emirsyah Satar
Click to view full article
Jeffrie Geovanie
Click to view full article
Arief Budiman
Click to view full article
Soeparno Prawiroadiredjo
Click to view full article
Kamir Raziudin Brata
Click to view full article
Ratna Sarumpaet
Click to view full article
Jajang C Noer

Jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Swadaya Raya 7-9, Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur. Dimakamkan Kamis 19 Juni 2008 di tempat pemakaman umum (TPU) Karet sekitar pukul 09.00.

Dia sempat dirawat di rumah sakit selama sehari, setelah Selasa siang 17 Juni 2008 sekitar pukul 11.00 penyakit jantungnya kambuh.

Sejumlah tokoh dan kerabat dekat melayat ke rumah duka. Banyak juga yang mengirimkan karangan bunga.

Putra Minang kelahiran Medan, ini menamatkan program magister dan doktoral di Cornel University, Ithaca, Amerika Serikat.

Dia seorang cendekiawan yang berani bicara terus terang dan apa adanya. Dia seorang pakar ilmu politik yang produktif menulis. Sangat menyukai karya sastra, walaupun belum pernah menulis sastra. Dia seorang pemikir dan penulis andal. Pendapat dan tulisannya bernas dan cerdas, bahkan terkesan keras. Dia memang tipe cendekiawan yang berterus terang, kritis.

Pada tahun 1974, ia dilarang membacakan pidato pengukuhannya sebagai guru besar. Naskah pidato dinilai pemerintah terlalu keras sehingga dilarang. Naskah itu akhirnya diterbitkan Anwar Ibrahim, yang ketika itu menjabat Ketua Angkatan Belia Islam Malaysia, menjadi buku (dalam ejaan Melayu) dengan judul Partisipasi dalam Pembangunan (1978).

Akibat naskah pidato pengukuhan maha guru itu, bahkan dia juga diberhentikan sebagai Rektor Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta), yang telah dijabatnya sejak 1967.

Walau diberhentikan sebagai rektor dan mengajar di universitas dibatasi, dia tidak berhenti berkarya. Dia pemikir dan penulis yang amat produktif. Termasuk menulis otobiografinya sendiri "Aku bagian ummat, Aku Bagian Bangsa (1996). Karya tulisnya yang mnomental adalah Gerakan Modern Islam di Indonesia, dan Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Mohammad Hatta
: Biografi Politik. Buku Gerakan Modern Islam, diterbitkan dari disertasi Deliar di Universitas Cornell, dan telah menjadi kutipan klasik bagi studi-studi politik Indonesia. Sedangkan biografi politik Hatta adalah studi paling komprehensif tentang Hatta, terbukti pada 1992 buku ini terpilih sebagai buku terbaik Yayasan Buku Utama.

Beberapa karya tulisnya: Islam & masyarakat (2003); Islam & politik (2003); Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Mohammad Hatta
, hati nurani bangsa 1902-1980 (2002); Membincangkan tokoh-tokoh bangsa (2001); Mencari Presiden (1999); Aku bagian ummat, aku bagian bangsa : otobiografi Deliar Noer (1996); Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Proklamator, Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1956)
Mohammad Hatta
: biografi politik (1990); Culture, philosophy, and the future : essays in honor of Sutan Takdir Alisjahbana on his 80th birthday (1988);

Perubahan, pembaruan, dan kesadaran menghadapi abad ke-21 (1988); Partai Islam di pentas nasional 1945-1965 (1987); Administrasi Islam di Indonesia (1983); Islam, Pancasila dan asas tunggal (1983); Mengenang Arief Rahman Hakim (1983).

Bunga rampai dari Negeri Kanguru (1981); Administration of Islam in Indonesia (1978); Sekali lagi, masalah ulama-intelektuil atau intelektuil-ulama: suatu tesis buat generasi muda Islam (1974); Guru sebagai benteng terakhir nilai-nilai ideal; tuntutan : bekerja tertib (1973); The modernist Muslim movement in Indonesia, 1900-1942 (1973); Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942 (terjemahan) (1990); Beberapa masalah politik (1972);

IKIP D Sewindu : pidato/laporan Rektor pada Dies Natalis ke VIII IKIP D, diutjapkan pada tanggal 20 Mei 1972 (1972); Kitab tuntunan untuk membuat karangan ilmiah, termasuk skripsi, (1964); The rise and development of the modernist Muslim movement in Indonesia during the Dutch colonial period 1900-1942 (1963); Partisipasi dalam Pembangunan (1977); Pengantar ke Pemikiran Politik (1965) e-ti

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 18 Jun 2008  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Mahaguru Sejarah Indonesia Mendorong Pertanian Jadi Lokomotif Kesejahteraan

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Apakah kamu pencinta wisata kuliner yang rindu akan makanan khas daerah asal? Atau mungkin kamu ingin merasakan berbagai makanan khas daerah Nusantara?

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: